Friday, February 28, 2014

Tips Sederhana Merawat Kulit Agar Tetap Sehat



Hampir semua wanita pasti ingin memiliki kulit bersih dan sehat supaya selalu terlihat cantik dan menawan. Kulit yang bersih juga dapat memberikan rasa percaya diri bagi wanita saat melakukan aktifitas. Bahkan dibeberapa kalangan terutama remaja sering kali ingin mendapatkan kulit mulus yang cepat, mereka berusaha mencari obat atau produk perawatan kulit terbaik supaya meraih hasil maksimal agar selalu terlihat menarik.

Sebenarnya merawat kulit  tidak harus menggunakan obat-obat atau produk khusus yang beberapa diantaranya bisa menguras isi kantong karena harganya yang mahal belum lagi kandungan unsur kimia didalamnya yang menimbulkan efek samping yang buruk bagi kulit.
Ada beberapa cara praktis dan sederhana yang bisa dilakukan wanita untuk tetap menjaga kulitnya tampak cerah, sehat dan tidak kusam.


Beberapa tips sederhana merawat kulit diantaranya:
- Mencuci muka secara rutin agar kulit wajah selalu terlihat bersih.
Sebaiknya gunakan sabun pencuci muka yang sesuai dengan jenis kulit. Mencuci muka dapat mengembalikan kesegaran kulit dan mengurangi minyak berlebih pada wajah yang menyebabkan wajah tampak kusam. Jangan pernah tidur dengan make up yang masih menempel diwajah karena hal tersebut dapat meyumbat pori-pori penyebab timbulnya jerawat. So, biasakan mencuci wajah sebelum tidur yaah, kulit juga perlu bernafas kan
- Sebaiknya menggunakan handuk khusus untuk membersihkan wajah. Penggunaan handuk dipisahkan antara pembersih wajah dan tubuh dikarenakan wajah memiliki kulit yang sensitive sehingga lebih mudah terkena bakteri-bakteri jahat. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar kulit wajah anda tetap steril.
- Bila hendak beraktifitas dibawah sinar matahari sebaiknya gunakan tabir surya yang mengandung spf 15. Tidak ada salahnya membatasi waktu terkena sinar matahari secara langsung, terutama antara pukul 10.00 hingga 16.00. Karena pada saat itu radiasi ultraviolet (UV) yang berbahaya sedang pada puncaknya.
- Perbanyak mengkonsumsi buah-buahan segar yang kaya akan nutrisi dan vitamin. Cobalah mengkonsumsi buah-buahan secara teratur selama seminggu kemudian rasakan sendiri hasilnya pada kulit anda.
- Menghindari Stress
Kerutan pada wajah terjadi karena suatu alasan. Gejolak emosional dapat membuat kulit Anda terlihat 5 tahun lebih tua dari usia sebenarnya menurug psikiater Amy Wechsler, MD, penulis buku The Mind-Beauty Connection. Rasa cemas terus menerus dapat meningkatkan hormon stres kortisol, yang menyebabkan peradangan yang mempengaruhi kolagen pada kulit. Hal ini menyebabkan kemerahan wajah dan timbulnya jerawat.
Untuk mengatasi hal ini, disarankan untuk mengkonsumsi makanan kaya antioksidan seperti strobery, jeruk, dan asparagus. Ketika Anda merasa tegang, Amy Wechsler
merekomendasikan praktek pernafasan dengan cara menarik napas melalui hidung, tahan selama 3 hitungan, dan lepaskan melalui mulut.

- Cara terakhir ini adalah yang paling sederhana namun terbukti ampuh untuk
memperoleh kulit yang sehat. Perbanyak meminum air putih minimal delapan gelas atau setara dengan 2 liter sehari.
Selain membuat kulit tetap sehat dan menjaga kelembaban kulit, kebiasaan meminum air putih secara rutin juga dapat membuat tubuh tetap bugar.

Itulah beberapa tips sehana untuk merawat kulit agar lebih sehat. Sayangi kulitmu...
And tidak pernah ada kata terlambat untuk sesuatu yang baik ^^

No comments:

Post a Comment