Saturday, June 21, 2014

10 Pelukis Terkenal di Dunia

Dalam dunia seni, pelukis adalah orang yang menciptakan karya seni dua dimensi berupa lukisan. Selain pelukis, istilah yang pernah populer sebagai padanan kata ini adalah ahli gambar. Sedangkan seni lukis meruoakan salah satu cabang dari seni rupa. Dengan dasar pengertian yang sama, seni lukis adalah sebuah pengembangan yang lebih utuh dari menggambar. Melukis adalah kegiatan mengolah medium dua dimensi atau permukaan dari objek tiga dimensi untuk mendapat kesan tertentu.

Berikut ini silahkan Anda simak 10 pelukis terkenal di dunia menurut versi Unique Daily Tips:

1.  Leonardo da Vinci
Leonardo da Vinci lahir di Vinci, propinsi Firenze, Italia, 15 April 1452  dan meninggal di Clos Lucé, Perancis, 2 Mei 1519 pada umur 67 tahun. Beliau adalah arsitek, musisi, penulis, pematung, dan pelukis Renaisans Italia. Ia digambarkan sebagai arketipe "manusia renaisans" dan sebagai jenius universal. Leonardo terkenal karena lukisannya yang piawai, seperti Jamuan Terakhir dan Mona Lisa. Selain itu, ia juga turut memajukan ilmu anatomi, astronomi, dan teknik sipil bahkan juga kuliner.

2. Vincent Van Gogh (1853 - 1890).
Pelukis dengan nama asli Vincent Willem van Gogh ini lahir 30 Maret 1853 di Zundert , Belanda dan meninggal  29 Juli 1890 pada usia 37 tahun. Pelukis yang menderita epilepsi ini adalah pelukis pasca-impresionis Belanda. Lukisan-lukisan dan gambar-gambarnya termasuk karya seni yang terbaik, paling terkenal, dan paling mahal di dunia.Van Gogh dianggap sebagai salah satu pelukis terbesar dalam sejarah seni Eropa. Lukisa terkenal karyanya antara lain: Sunflowers, The Starry night, Cafe Terrace at Night.

3. Rembrandt Harmenszoon van Rijn
Rembrandt Harmenszoon van Rijn, lahir 15 Juli 1606 dan  meninggal 4 Oktober 1669 pada usia 63 tahun adalah pelukis Belanda yang merupakan salah satu pelukis terbesar dalam sejarah seni Eropa . Rembrandt dikenal dengan keahliannya memanipulasi ekspos cahaya terhadap objek sehingga memberikan efek tertentu di dalam lukisan. Rembrandt juga sering membuat karya-karya grafis dan gambar. Kontribusinya yang besar terhadap seni rupa terjadi pada era keemasan Belanda (sekitar abad 17). Karya terkenalnya antara lain Danaë , 1636; Jacob de Gheyn III , 1632; Anatomy Lesson of Dr. Nicolaes Tulp , 1632; Belshazzar's Feast, 1635; Night Watch, 1642

4. Michaelangelo Buonarroti
Atau nama lengkapnya dalam bahasa Italia Michelangelo di Lodovico Buonarroti Simoni yang dalam bahasa Spanyol disebut Miguel Ángel; dalam bahasa Perancis disebut Michel-Ange, kurang lebih memiliki arti Malaikat Mikail. Lahir 6 Maret 1475 dan meninggal di Roma 18 Februari 1564 pada umur 88 tahun. Michaelangelo adalah seorang pelukis, pemahat, pujangga, dan arsitekzaman Renaissance. Ia terkenal untuk sumbangan studi anatomi di dalam Seni Rupa. Karyanya yang dianggap terbaik adalah Patung David, Pietà, dan Fresko di langit-langit Kapel Sistina.

5. Claude Monet
Claude Monet dikenal juga dengan nama Oscar-Claude Monet atau Claude Oscar Monet. Llahir di Paris , 14 November 1840 dan meninggal di Giverny , 5 Desember 1926 pada umur 86 tahun. Monet lahir dari pasangan Adolphe dan Louise-Justine Monet di 45 Rue Laffitte. 1851 Monet memasuki sekolah Le Havre. Ia segera terkenal dengan karikatur-karikatur carchoalnya, yang sering dipajang dan dijual seharga 10 hingga 12 francs. Monet adalah pelukis Perancis dengan aliran impresionisme . Lukisannya Impression, Sunrise adalah asal nama penamaan aliran impresionisme.

6. Pablo Ruiz Picasso
Lahir 25 Oktober 1881 dan meninggal 8 April 1973 pada umur 91 tahun. Pablo Ruiz adalah seorang seniman yang terkenal dalam aliran kubisme dan dikenal sebagai pelukis revolusioner pada abad ke-20. Jenius seni yang cakap membuat patung, grafis, keramik, kostum penari balet sampai tata panggung. Lahir di Malaga, Spanyol 25 Oktober 1881 dengan nama lengkap Pablo (atau El Pablito) Diego José Santiago Francisco de Paula Juan Nepomuceno Crispín Crispiniano de los Remedios Cipriano de la Santísima Trinidad Ruiz Blasco y Picasso López. Ayahnya bernama Josse Ruiz Blasco, seorang profesor seni dan ibunya bernama Maria Picasso Lopez.

7. Raphael
Raphael Sanzio atau Rafaello Sanzio lahir di Urbino, Italia  6 April 1483  dan meninggal di Roma , Italia, 6 April 1520 pada usia 37 tahun. Raphael adalah ahli lukis dan arsitektur terpelajar Italia dari kota Firenze pada masa High Renaissance. Ia juga dikenal dengan
panggilan Raffaello Santi, Raffaello da Urbino atau Rafael Sanzio da Urbino. Lukisan terkenal dari Raphael adalah Mond Crucifixion, The Wedding of the Virgin.

8. August Renoir
Pierre-Auguste Renoir lahir 25 Februari 1841 di Limoges dan dibesarkan di Paris, di mana ayahnya adalah seorang penjahit dengan keluarga besar, menetap sampai tahun 1845. Dari usia tiga belas ia bekerja sebagai seorang pelukis magang, lukisan bunga di piring porselen.1862 Renoir memasuki Gleyre Atelier dan  berteman dengan Monet, Sisley dan Bazille, kemudian ia bertemu Pissarro dan Cézanne.   Karyanya yang terkenal adalah Dance at Le Moulin de la Galette, On the Terrace.

9. J. M. W. Turner
Joseph Mallord William Turner RA (1775 -1851) adalah seorang pelukis pemandangan Romantis Inggris, watercolourist zaman Renaisans. Turner dianggap sebagai tokoh kontroversial pada zamannya, namun kini dianggap sebagai seniman yang tinggi lukisan pemandangan ke rivalling eminensia lukisan sejarah.Walaupun terkenal karena lukisan minyak, Turner juga merupakan salah satu guru terbesar cat air Inggris lanskap lukisan. Dia dikenal sebagai "pelukis cahaya"dan karya-karyanya dianggap sebagai pengantar Romantis impresionisme.
           
10. Paul Cezanne (1839-1906)
Paul Cézanne lahir di Aix-en-Provence, 19 Januari 1839 dan meninggal di Aix-en-Provence, 22 Oktober 1906 pada umur 67 tahun. Paul adalah pelukis Perancis yang hidup pada masa Post Impresionis. Karyanya merupakan peralihan dari konsep seni abad 19 menuju kebebasan mutlak seni pada abad 20. Karyanya merupakan pemberontakan terhadap pakem impresionisme yang saat itu sedang populer dan menjadi inspirasi seniman pembaharu seperti gaya kubisme Picasso , meskipun gayanya sendiri belum bisa disebut kubisme. Karyanya juga menginspirasi seniman fauvisme. Lukisan karyanya yang terkenal adalah  The Card Players dan Still life with a curtain.

"I dream my painting and I paint my dream." - Vincent van Gogh

"Every now and then one paints a picture that seems to have opened a door and serves as a stepping stone to other things." - Pablo Picasso

"Life is a painting without a frame." - Unique

Demikianlah sedikit informasi mengenai 10 pelukis terkenal di dunia. Hasil karya menakjubkan yang telah mereka ciptakan merupakan sebuah kecintaan terhadap keindahan yang dapat dinikmati semua orang.

2 comments:

  1. kalau boleh usul
    di sertain karyanya masing masing biar semakin paham....

    ReplyDelete
  2. Sekedar Saran
    dikasih gambar biar lebih menarik

    ReplyDelete