Sunday, January 25, 2015

Kelebihan dan Kekurangan Android, Blackberry, iPhone dan Windows Phone

Sekarang ini berbagai macam hp Android, Blackberry, iPhone dan Windows Phone makin marak di pasaran Indonesia. Setiap produsen berlomba-lomba menciptakan gadget yang bisa memenuhi selera pasar. Fitur-fitur andalan yang bikin 'ngiler' menjadi nilai jual tersendiri. Namun semuanya kembali kepada konsumen yang tentunya mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda akan sebuah gadget. Baik Android, Blackberry, iPhone dan Windows Phone semua mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Maka dari itu sebelum Anda memutuskan untuk membelinya ada baiknya jika Anda mengetahui kelebihan dan kekurangannya masing-masing sehingga Anda dapat memilih gadget atau hp sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut silahkan Anda simak apa saja kekurangan dan kelebihannya :




ANDROID

Kelebihan Android :
1. System Operasi bersifat open source, jadi sangat memungkinkan penggunanya untuk membuat software sendiri.
2. Banyak aplikasi baik software maupun game yang bisa kita nikmati mulai dari yang berbayar sampai gratis.
3. Bersifat Multitasking yang artinya bisa menjalankan berbagai aplikasi sekaligus, artinya Anda bisa menjalankan browsing, Facebook, YM sambil mendengarkan lagu sekaligus, namun semua itu tergantung dari processor handphone tersebut. Jadi sebelum membeli handphone Android pastikan memiliki processor minimal 1Gz untuk kelancaran Multitasking.
4. Mudah dalam hal notifikasi : sistem operasi ini bisa memberitahukan Anda tentang adanya SMS, Email, atau bahkan artikel terbaru dari RSS Reader.
5. Mendukung semua layanan Google : sistem operasi Android mendukung semua layanan dari Google mulai dari Gmail sampai Google reader.
6. Tampilan (themes), Jika Anda bosan dengan tampilan yang disajikan oleh produsen, Anda bisa mengganti sesusai keinginan Anda, hanya dengan mendownload di market Android.
7. Widget, yang berfungsi untuk mempermudah penggunanya dalam melakukan setting
atau memilih aplikasi yang akan dijalankan.
8. Sinkronisasi, jika anda pengguna Gmail ataupun Ymail, Anda dapat disingkronkan dengan handphone Anda, sehingga akan memepermudah Anda mengecek atau mengirim email.
Kekurangan Android  :
1. Android sangat memerlukan koneksi internet yang aktif. Setidaknya harus ada koneksi internet GPRS, agar perangkat siap untuk online.
2. Kadang sering terdapat iklan : karena mudah dan gratis, kadang sering diboncengi iklan. Secara tampilan memang tidak mengganggu kinerja aplikasi itu sendiri, karena memang kadang berada di bagian atas atau bawah aplikasi.
3. Baterai yang cepat habis, tak dipungkiri lagi multitasking adalah alasannya kenapa handphone android ini sangat boros dalam penggunaan baterai,namun Anda tidak usah khawatir, ada banyak solusi untuk menghemat baterai, salah satunya dengan aplikasi Task Killer, yang berfungsi untuk menghentikan proses yang sedang berjalan.



BLACKBERRY


Kelebihan Blackberry
1. System full backup/recover sebagian maupun sepenuhnya mempermudah user dalam membackup data penting
2. Ketika mengganti dengan blackberry baru, Anda cukup menggunakan fungsi change device dan data-data penting beserta setting dan 3rd party software (jika compatible) tercopy dengan mudah ke blackberry baru.
3. Fungsi Autotext, Anda tinggal mendefine keyword lalu mengasosiasikan dengan isi pengganti yang biasanya berisi text/character yang panjang dan digunakan dengan mengetikan keyword, maka isi pengganti akan menggantikan keyword tersebut.
4. Fungsi search sangat powerfull.
5. Profile pada blackberry sangat fleksibel untuk setiap account email, sms,mms,phone,facebook dapat diatur ringtone/vibrate dan led signnya
6. Fungsi BBM (Blackberry Messenger) yang mampu membuat chatting kita nyaman
7. Customize theme yang mudah dalam membuat dan mendesign theme sesuai kebutuhan.
8. Fungsi geotag pada blackberry ber-GPS memberi informasi lokasi dari foto-foto yang diambil.
9. Tampilan akses multimedia ke video, audio, gambar dan rekaman terintegrasi dan sangat
sederhana, sehingga cepat diakses dan nyaman digunakan.
10. Feature firewallnya sangat efektif dalam memblock sms/mms/phone call yang tidak kita
inginkan.
Kekurangan Blackberry
1. Blackberry ini sifatnya tertutup untuk pengembang
2. Beberapa tipe Blackberry mempunyai kualitas kamera yang biasa-biasa saja.
3. Kekurangan utama dari sistem operasi bawaan BlackBerry adalah saat digunakan untuk browsing atau menjelajah di dunia maya, akan terasa sangat lambat, jika dibandingkan dengan perangkat menggunakan sistem operasi lain.
4. Fungsi voice recorder terbilang kurang baik dan hanya mampu merekam 10 menit dan dalam format yang tidak umum (seperti mp3,wav dlsb), software pengganti belum banyak dan hanya VR+ dari shapeservice yang dijual cukup mahal.
5. Besar file yang bisa dikirim dan diterima maximal 2.9Mb.



iPhone (iOS)


Kelebihan iPhone
1. Desain elegan, keren, layar touchscreen, layar relatif besar.
2. Kapasitas penyimpanan internalnya yang besar, 16, 32 atau 64 GB
3. Kameranya 8 MP tapi bisa autofocus dan geotag. Dan dengan fitur fokus pada kamera iPhone ini kita bisa mengfokuskan hasil jepretannya pada suatu object tertentu dengan menyentuhnya (tap-to-focus).
4. Kualitas video recordnya juga lumayan, 30 fps (frame per second) atau kira-kira setara dengan frame rate film DVD. Apple bahkan menyediakan sebuah fungsi untuk menyunting video, yaitu trimming untuk memotong bagian klip video yang akan “dibuang”. Tampilan penyuntingan video ini agak mirip dengan iMovie, dengan fungsi yang jauh lebih sedikit tentunya.
5. GPS, Kompas Digital, dan Kontrol Suara, iPhone juga menyediakan fitur untuk mengakses layanan berbasis lokasi melalui GPS dan Maps. Melalui aplikasi Maps ini, kamu bisa melihat peta sekitar anda dan “meminta” petunjuk arah dari satu tempat ke tempat lain.
6. Multimedia dan Hiburan yang nyaris sempurna. Banyak yang bilang tuh kalo iPhone = iPod + Fungsi Telepon. Manajemen lagu dan video yang kita lakukan melalui iTunes bisa dengan mudah disinkronisasikan ke iPhone.
7. App Store, Namanya juga store pasti bayar J tapi kita bisa mencari berbagai macam aplikasi yang sangat banyak rupanya dari anti virus sampai permainan. Tapi tetap ada juga aplikasi yang gratisnya. Beberapa aplikasi berbayar juga menyediakan versi lite buat mencoba aplikasi tersebut.

Kekurangan iPhone

1. Baterai cepat habis alias boros.
2. Bluetooth pada iPhone sangat- sangat memprihatinkan. Bluetooth pada iPhone tersebut hanya dapat mendeteksi perangkat audio, seperti headset, handsfree atau speaker bluetooth. Kita tidak bisa mengirim dan menerima file dari/ke perangkat lain melalui Bluetooth. Semoga fitur Bluetooth ini diperbaiki lagi pada update firmware mendatang.



WINDOWS PHONE


Kelebihan Windows Phone

- Live Tiles: Microsoft mengklaim bahwa fitur yang bisa menghadirkan segala informasi di halaman awal membuatnya menjadi satu- satunya ponsel yang punya fitur ini. Penting? Tergantung, tetapi memang kita bisa melihat semua informasi mulai dari SMS/ email masuk, Facebook update dan lainnya tanpa perlu klik ke menu lainnya.

- Office Hub. Seperti kita tahu, kelebihan dari OS Mobile dari Microsoft adalah punya aplikasi Office seperti Word, Excel dan lainnya dan sejauh ini memang hanya OS Windows Phone 7 yang memberikan kenyamanan dalam hal untuk kerja dengan aplikasi Office.

- Xbox Live. Bagi anda yang suka main game di ponsel karena di Windows Phone 7 Anda bisa memainkan beberapa game Xbox Live yang pastinya tidak dimiliki oleh ponsel lain

- MarketPlace Hub. Sama seperti Apple Store dan Android Market, melalui MarketPlace kita bisa menginstall banyak aplikasi lain. Pertanyaannya, apakah aplikasi ini gratis atau harus bayar?

- Search & Maps featuring Bing. Windows Phone 7 ini memanfaatkan Bing.

- Email featuring Outlook Mobile. Jika anda sering menggunakan Microsoft Outlook maka di Windows Phone 7 ini menjanjikan fitur yang hampir sama seperti di Outlook dimana banyak hal yang terintegrasi di dalamnya, mulai dari email, kalender dan lainnya.

- Internet Explorer Mobile. Apa sih yang dibutuhkan oleh seuah browser? Hanya 3 kata yaitu “cepat,cepat dan cepat”. Nah, apakah mobile browser ini akan sama bagusnya dengan Internet Explorer 9 yang cukup cepat?

- Find My Phone. Ini fitur yang membuat anda sedikit tenang karena bila ponsel anda hilang, maka melalui “Find My Phone” kita bisa menemukannya. Cukup log-in ke Windows Live dari PC kemudian melalui web ini kita bisa melakukan beberapa hal mulai dari mengunci ponsel,

menghapus data di ponsel atau mencari lokasi secara nirkabel.

kekurangan Windows Phone

– Tidak ada bluetooth. Ini artinya kita tidak bisa kirim file dari atau ke ponsel Windows Phone 7 dan sepertinya harus menggunakan aplikasi terpisah

- No USB mass storage mode. Kita tidak bisa melihat isi file di komputer melalui Windows Explorer secara langsung dan harus menggunakan aplikasi bawaan dari ponsel

- No Flash or Silverlight support in the browser. Kemungkinan besar Anda tidak bisa melihat video seperti YouTube dan lainnya melalui browser yang ada

- Tidak bisa melakukan video call.

- Ringtones terbatas. Penting atau tidak penting, sepertinya cukup membosankan bila bertahun-tahun harus mendengarkan ringtone yang sama.

- Tidak bisa multitasking. Ini yang paling aneh, kenapa juga tidak bisa multitasking mengingat ini sangat penting bagi anda yang suka menjalankan beberapa aplikasi sekaligus di saat bersamaan. Masalahnya di Windows Mobile seri 6, Multitasking-lah yang membuat Windows Mobile OS lebih baik dibanding yang lain.

- Tidak ada fitur copy/paste.

- Tidak ada DivX/XviD video support. Agak repot memang mengingat sekarang format video banyak yang menggunakan format diatas tetapi ini bisa diakalin dengan mengkonversi format video tersebut melalui aplikasi Zune

- Tidak ada fitur Internet tethering. Fitur ini penting bagi Anda yang suka menggunakan ponsel untuk koneksi internet ke gadget lain 


"Look at the world and think about a catastrophic disaster where the cell phone towers went dead. How would you ever be able to 'TEXT" your next door neighbor to see if they were okay." - Stanley Victor Paskavich



"Let's make technology as our best friend without forgetting the true meaning of  friendship." -Unique Daily Tips

Demikian sedikit informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Android, Blackberry, iPhone dan Windows Phone. Mudah-mudahan berguna buat Anda.



25 comments:

  1. Kalau di smartphone tidak ada copy paste lumayan jadi PR juga ya. Kalau terburu-buru harus copy chat misalnya, harus diketik ulang. Tapi kalau secara design, UI dan kamera saya suka windows phone lumia. Kesannya lebih eksklusif. Aneka warnanya juga lucu.

    ReplyDelete
  2. Selain itu, iPhone juga susah buat dipakai sebagai alat penyimpan data. Android lebih mudah dipake.

    ReplyDelete
  3. Yg WP 8 ato 8.1 dong gan yg di bahas, biar ane tau klebihan dan kekurangannya. Masak WP 7 yg kayaknya lebih banyak kekurangannya ?

    ReplyDelete