Sunday, January 18, 2015

Tips Cantik : 8 Kebiasaan Penyebab Terjadinya Penuaan Dini

Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya penuaan dini pada kulit, salah satunya adalah gaya hidup atau kebiasaan yang Anda lakukan setiap hari. Menjadi tua adalah hal yang akan dialami oleh setiap orang namun dengan menjalani hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan penuaan prematur pada  kulit yang membuat Anda terlihat lebih tua sebelum waktunya. (baca juga : Tips Agar Awet Muda). Salah bagian penting dari setiap perawatan kulit anti-aging adalah meminimalisasi hal-hal yang  mungkin sering Anda lakukan yang mempercepat proses penuaan kulit Anda.

Berikut silahkan Anda simak kebiasaan-kebiasaan yang menjadi penyebab terhadap terjadinya penuaan dini yang membuat Anda terlihat lebih tua:

1. Alkohol
Alkohol memberikan kontribusi untuk penuaan kulit karena kebiasaan mengkomsumsi alkohol dapat menyebabkan terjadinya pelebaran pembuluh darah di kulit dan meningkatkan aliran darah dekat permukaan kulit. Seiring waktu, pembuluh darah ini dapat menjadi rusak secara permanen. Selain itu Alkohol juga menyebabkan kerusakan pada tekstur dan warna kulit serta mempengaruhi rongga mata yang akan mempengaruhi wajah.

2. Kurang olahraga
Olahraga membantu untuk memperkuat otot dan memperlancar peredaran darah. Maka dari itu latihan menjadi bagian penting dari setiap program perawatan kulit anti-aging. Selain manfaat fisik dari olahraga secara rutin dan teratur dapat terlihat pada wajah Anda dengan senyum cerah dan lebih banyak energi akan membantu Anda terlihat dan merasa lebih muda, pada usia berapa pun. (baca juga : Olahraga Untuk Memperkuat Jantung)

3. Stres dan Depresi
Mungkin Anda pernah mendengar ungkapan : "Jangan cemberut terus, ntar mukanya ga' bisa balik lagi lo." Stres, depresi dan khawatir berlebihan merupaka penyebab kita mengerutkan kening, tanpa disadari dari waktu ke waktu otot-otot di wajah menjadi terbiasa dengan gerakan itu. Perawatan kulit anti-aging yang baik harus mencakup meditasi, yoga, olahraga ringan atau teknik relaksasi lainnya. Stres dan depresi berkepanjangan  menyebabkan peningkatan sekresi hormon stres seperti kortisol dan adrenalin. Hormon ini mempercepat berbagai proses penuaan yang mencakup penekanan sintesis normal jaringan ikat, obesitas, karakteristik wajah dan osteoporosis yang merusak kepadatan tulang dan menyebabkan perubahan struktur tulang. (baca juga : Tips Mengatasi Rasa Khawatir)

4. Kurang tidur
Kurang tidur akan membuat Anda terlihat dan merasa lelah. Hal ini akan nampak jelas pada wajah Anda dengan munculnya lingkaran hitam dan kantong di bawah mata selain itu kulit menjadi kendur. Kurang tidur juga merupakan faktor utama berkurangnya daya ingat dan depresi. Penelitian telah menunjukkan bahwa tidur yang baik itu minimal 8 jam sehari. Untuk itu  mengurangi kafein, menghindari makan minimal 2 jam sebelum tidur dan tidur pada waktu yang sama setiap malam akan membantu Anda untuk tidur nyenyak. (baca juga : Insomnia dan Tips Untuk Mengatasinya).

5. Merokok
Apakah Anda merokok, atau Anda menghabiskan waktu dengan seorang perokok? Tahukah Anda bahwa asap rokok memberi andil dalam proses penuaan dini pada kulit Anda? Penelitian telah menunjukkan bahwa paparan asap rokok secara signifikan akan menyebabkan kulit menjadi lebih cepat keriput dan kekering. Hal ini disebabkan karena asap rokok menguras cairan tubuh Anda. (baca juga : Waspadai Bahaya Merokok Bagi Kesehatan)

6. Paparan sinar matahari.
Paparan sinar matahari sangat berperan dalam penuaan dini pada kulit. Kulit yang tidak terlindung yang terkena sinar matahari langsung akan menyebabkan kulit menjadi berbintik-bintik/freckles. Risiko kanker kulit meningkat secara signifikan oleh paparan sinar matahari.

7. Genetik
Tubuh memiliki kemampuan inheren untuk menghasilkan enzim yang berguna sebagai antioksidan yang mampu memperbaiki kerusakan dalam DNA. Enzim antioksidan yang diproduksi dalam tubuh kita bertanggung jawab untuk perbaikan yang efektif terhadap kerusakan genetik yang terjadi karena proses penuaan. Namun, kecenderungan untuk memperbaiki kerusakan genetik harus didukung dengan jumlah antioksidan alami yang dihasilkan tubuh kita dan bila perlu harus disupport dengan asupan antioksidan dari luar. (baca juga : 7 Sumber Makanan yang Mengandung Anti Oksidan Alami)

8. Kecenderungan mimik wajah
Kecenderungan untuk berbicara dengan gerakan wajah berlebihan. Biasanya anak-anak cenderung meniru orang tua mereka gerakan wajah selama berbicara. Ekspresi berlebihan pada wajah yang menyebabkan kita terlihat lebih tua dari kita. Misalnya, mengerutkan kening berulang-ulang menyebabkan munculnya garis kerutan di antara alis dan dapat menjadi permanen. Mengerutkan kening dan menaikkan alis menyebabkan munculnya keriput di dahi. Tertawa dan senyum adalah ekspresi yang paling baik untuk wajah. (baca juga: 14Fakta Menarik Tentang Tertawa)

"You are as young as your faith, as old as your doubt; as young as your self-confidence, as old as your fear; as young as your hope, as old as your despair." - Douglas MacArthur

"Some people said 'life begin at fourty', for me...new life begin everytime I wake up in the morning." - Unique Daily Tips

Demikianlah sedikit informasi mengenai kebiasaan penyebab penuaan dini. Mulai merawat diri sendiri adalah langkah yang paling penting dalam pecegahan anti-aging.

No comments:

Post a Comment