Friday, March 13, 2015

Zat-zat Berbahaya yang Terkandung pada Rokok


Anda pasti sudah mengetahui bahwa hampir disemua kemasan rokok kita akan menemukan kalimat peringatan berupa “MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI, GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN”. Serem yah...bahkan di tahun 2014 peringatan tersebut diganti dengan kalimat yang lebih frontal: “ROKOK MEMBUNUHMU” dengan gambar menakutkan dan tulisan 18+ yang dilingkari.

Tapi walaupun hal ini sudah diketahui oleh si perokok, tetep saja tidak membuat mereka gentar dan berpikir akan berhenti merokok. Yah, mungkin memang tidak mudah menghilangkan rasa candu dari rokok itu sendiri.

Tahukan Anda  ada sekitar 600 zat kimia yang terkandung di dalam rokok, dan ketika dibakar zat-zat tersebut berkembang menjadi 4.000 bahan kimia. Menurut penelitian setidaknya 50 bahan kimia diantaranya diketahui dapat menyebabkan kanker.
Berikut adalah beberapa bahan kimia berbahaya yang terdapat dalam asap tembakau:


Aseton - ditemukan dalam cat kuku
Acetic Acid - bahan dalam pewarna rambut
Amonia - pembersih rumah tangga biasa
Arsenik - digunakan dalam racun tikus
Benzene - ditemukan dalam semen karet
Butana - digunakan dalam cairan ringan
Cadmium - aktif komponen dalam asam baterai
Karbon Monoksida - dirilis pada asap knalpot mobil
Formaldehida - cairan pembalsem
Hexamine - ditemukan dalam cairan barbekyu ringan
Timbal - digunakan dalam baterai
Naftalena - bahan dalam kapur barus
Methanol - komponen utama dalam bahan bakar roket
Nikotin - digunakan sebagai insektisida
Tar - bahan untuk paving jalan
Toluene - digunakan untuk pembuatan cat

Bagi para perokok mudah-mudahan artikel ini bisa menjadi bahan renungan bahwa dari 1 batang rokok yang Anda isap setiap harinya sama halnya Anda telah meracuni diri sendiri. Bagi Anda yang baru-baru mulai mengenal rokok, mending mikir-mikir lagi deh...

Menjadi perokok atau bukan sepenuhnya merupakan keputusan Anda, disini saya hanya berbagi sedikit mengenai kandungan berbahaya yang ada disetiap batang rokok. Sayangilah paru-paru Anda, jangan sampai menyesal belakangan..

No comments:

Post a Comment