Wednesday, June 24, 2015

Tips Tetap Segar dan Fresh Saat Berpuasa


Selama satu bulan penuh umat Islam menjalankan ibadah puasa. Tahukah Anda, selama berpuasa tubuh tidak mendapatkan asupan makanan maupun cairan sekitar 14 jam. Oleh karena itu, penting sekali untuk memerhatikan pola makan dan pola tidur agar Anda bisa menjalani puasa dengan baik. Berikut ini silahkan Anda simak beberapa tips sehat selama berpuasa versi Unique Daily Tips :
(recomended : What is Ramadan?)


1. Agar bertahan lama, dianjurkan untuk sahur mendekati waktu imsyak.

2. Peran sahur saat berpuasa sangatlah penting. Jangan lupa selalu mengkonsumsi makanan bergizi baik pada saat sahur. Walau menu sederhana, yang penting mengandung lima unsur gizi lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. Mengkonsumsi buah juga sangat baik untuk menjaga stamina Anda selama puasa.

3. Perbanyak mengkonsumsi sayuran dan makanan-makanan kaya karbohidrat seprti kacang-kacangan yang bisa mengikat air yang dibutuhkan tubuh selama berpuasa.

4. Setelah makan sahur jangan langsung tidur. Tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan.

5. Untuk mencegah tubuh dari dehidrasi dengan minum air putih pada malam hari. Hal ini penting dilakukan, karena pada siang hari aktivitas kita cenderung banyak mengeluarkan keringat baik di luar ruangan atau ruang ber-AC.

6. Kurangi mengkonsumsi makanan berminyak. Makanan ini akan membuat sel darah merah menggumpal sehingga menyebabkan aliran oksigen menjadi berkurang hingga 20 persen. Akibatnya Anda akan mengantuk pada siang hari.

7. Bagi penderita sakit lambung sebaiknya menghindari makanan seperti ketan, mie, daging berlemak, ikan dan daging yang diawetkan, sayuran mentah, sayuran berserat, minuman yang mengandung soda, dan bumbu yang tajam (cuka, cabai, asam). Jenis makanan tersebut bisa menimbulkan gas yang berpengaruh meningkatkan produksi asam lambung.

8. Pada saat makan malam, sebaiknya tidak makan terlalu banyak untuk mencegah obesitas. Selain itu, hindari meminum kopi dan minuman yang mengandung soda karena bisa buat Anda sulit. Sebagai alternatif ganti kedua minuman tersebut dengan air mineral dan jus buah.

9. Ketika udara semakin panas dan terik, usahakan untuk beraktivitas di dalam ruangan yang dingin atau tempat teduh. Batasi pula aktivitas fisik agar Anda tidak mudah lelah.

10. Berbuka puasa dengan makan secukupnya. Langsung memakan banyak makanan hanya akan membuat perut terasa sesak. Para pakar kesehatan menganjurkan untuk makan secara bertahap, mulai dari air putih beberapa teguk, sedikit makanan manis, dan selang minimal setengah atau satu jam baru makan besar.

11. Kurangi yang manis-manis. Makanan manis akan membuat tubuh melepaskan insulin dengan cepat sehingga memicu rasa cepat lapar.

12. Selain memerhatikan asupan makanan, pengaturan pola tidur juga merupakan hal yang penting. Mengantuk selama puasa bukanlah disebabkan karena tak makan dan minum seharian, melainkan karena tak memiliki waktu tidur yang cukup. Jika memungkinkan untuk tidur siang yang singkat tapi berkualitas akan membantu memulihkan energi Anda.

13. Mengkonsumsi Vitamin jika dianggap perlu ( vitamin yang penting dikonsumsi setiap hari adalah vitamin A, B, dan C).

14. Jangan lupa niatkan ikhlas karena Allah, karena keikhlasan karena Allah akan memberikan semangat yang sangat berlebih dalam seluruh aktivitas Anda. Untuk niat puasa silahkan Anda baca Niat Puasa dan Do'a Saat Berbuka Puasa.


Demikianlah tips yang dapat Anda lakukan agar tetap segar dan fresh saat menjalankan ibadah puasa. Semoga bermanfaat.

2 comments: