Wednesday, September 23, 2015

Fakta Unik dan Menarik Tentang Benua Antartika


Benua Antartika adalah benua paling jauh, tertinggi dan terdingin di muka bumi. Tetapi Benua Antartika sendiri sebenarnya masih menyimpan berbagai fakta menarik yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang. Untuk itu Unique Daily Tips akan bebagi fakta keren apa saja yang menyelimuti Benua Antartika ini :

1. Diperkirakan 53 juta tahun yang lalu, Benua Antartika memiliki iklim yang hangat hingga pohon palem bisa tumbuh di pinggiran pantainya. Temperatur wilayah ini konon di atas 20 derajat celcius.
2. Antartika merupakan benua terbesar kelima dengan luas wilayah 14 juta kilometer persegi.

3. Sekitar 99 persen wilayah Antartika diselimuti oleh es. Rata-rata ketebalan es di Antartika adalah 1,6 kilometer. Ini membuat Antartika memiliki 70 persen air segar di bumi

4. Meski memiliki temperatur yang ekstrem, tetapi terdapat sekitar 1150 spesies lumut dan tanaman berbunga yang tumbuh di Antartika. Lumut ini bisa beradaptasi dengan temperatur yang rendah

 5. Tak ada beruang kutub yang tinggal di Antartika. Tapi beruang kutub bisa ditemui di Kanada atau Kutub Utara.

 6. Suhu paling ekstrem yang pernah tercatat di Antartika, juga dunia, adalah minus 89,2 derajat celsius. Ini terjadi pada 21 Juli 2083 di Vostok Station of Antarctica.

7. Di Antartika terdapat satu lokasi yang merupakan tempat paling kering di bumi, yaitu Dry Valleys.

8. Antartika juga memiliki domain negaranya sendiri. Misalkan seperti .au untuk Australia dan .de untuk Jerman. Antartika menggunakan domain .aq.

 9. Penjelajah Norwegia, Roald Amundsen, adalah manusia pertama yang mencapai Kutub Selatan. Dia meninggalkan seorang penjelajah asal Inggris bernama Robert Falcon Scott. Amundsend sampai di kutub pada 14 Desember 1911 dan menancapkan bendera negaranya.

10. Dulu pernah terdapat stasiun generator nuklir di Antartika bernama McMurdo station yang merupakan komunitas terbesar di Antartika. Stasiun ini dioperasikan oleh Amerika Serikat sejak tahun 1962.

11. Antartika juga memiliki departemen pemadam kebakaran yang dimiliki oleh stasiun McMurdo pada nomor sebelumnya. Mereka juga memiliki tenaga pemadam kebakaran yang profesional.

12. Terdapat sebuah bar di Antartika, dan ini merupakan bar terjauh di dunia. Bar ini terdapat di Vernadsky Research Station.

13. Emilio Marco Palma adalah bayi pertama yang lahir di Antartika pada Januari 1979. Kelahiran bayi ini diperkirakan merupakan rencana yang sudah disiapkan oleh Argentina untuk bisa melakukan klaim atas wilayah Antartika. Mereka mengirimkan wanita hamil ke Antartika dengan tujuan tersebut.

Itulah berbagai fakta menarik seputar Benua Antartika. Thanks for reading…

 

No comments:

Post a Comment