Wednesday, November 11, 2015

14 Alasan Mengapa Buah Apel Penting Buat Kesehatan

Apel memang bukanlah buah khas daerah tropis yang bisa ditemukan dengan mudah seperti pisang atau mangga karena pohon ini memerlukan suhu tertentu untuk bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Di Indonesia sendiri pohon apel hanya bisa tumbuh dan berkembang dengan baik di Kota Malang atau tepatnya Batu, Jawa Timur. Suhu yang cukup dingin di Kota Batu membuat pohon apel jenis tertentu dapat tumbuh.

Namun sekarang ini berbagai jenis buah apel lokal maupun impor sudah bisa ditemukan di supermaket atau bahkan di pasar-pasar tradisional. Tahukah Anda bahwa banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari mengkonsumsi buah yang satu ini. Selain enak ternyata buah apel sangat baik untuk kesehatan.

Berikut silahkan Anda simak mengapa buah apel sangat baik untuk kesehatan :

1. Satu buah apel hanya memiliki 50-80 kalori dan tidak memiliki lemak atau sodium.

2. Pektin apel membantu menurunkan kadar kolesterol dengan menurunkan sekresi insulin.

3. Apel kaya akan vitamin C, A, dan flavonoid, dan dengan jumlah yang lebih kecil dari fosfor, zat besi dan kalsium.

4. Menurut Pengobatan Cina: Apel memperkuat jantung, memuaskan rasa haus, melumasi paru-paru, mengurangi lendir dan peningkatan cairan tubuh.

5. Apel merupakan sumber kalium yang dapat meningkatkan kesehatan jantung.

6. Studi menunjukkan bahwa makan apel setiap hari dapat mengurangi penyakit kulit.

7. Apel dapat menurunkan berat badan. Menurut sebuah penelitian di Brazil, makan apel sebelum makan membantu wanita kehilangan 33 persen berat badan lebih dari mereka yang tidak.Sehingga buah apel baik sekali dikonsumsi untuk orang yang sedang diet. (baca juga : Beberapa Jenis Makanan ini Bisa Membantu Mengikis Lemak di Perut)

8. Buah apel adalah buah yang kaya serat. Serat ini telah terbukti mengurangi gangguan usus, termasuk diverticulitis, wasir dan mungkin beberapa jenis kanker. Ini membantu mengontrol kadar insulin dengan melepaskan gula perlahan-lahan ke dalam aliran darah. Itu membersihkan dan mendetoksifikasi, yang membantu menghilangkan logam berat, seperti timbal dan merkuri.

9. Dalam dua studi para peneliti menemukan bahwa makan lima apel seminggu menurunkan risiko untuk penyakit pernapasan seperti asma.

10. Cuka sari apel dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal.

11. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Apel merah mengandung antioksidan yang disebut quercetin. Studi terbaru menemukan quercetin yang dapat membantu meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, terutama bila Anda stres.

12. Mengkonsumsi apel dapat membantu mengurangi risiko diabetes. Wanita yang makan setidaknya satu apel sehari, 28 persen lebih kecil kemungkinannya untuk terkena diabetes tipe 2 dibandingkan mereka yang tidak makan apel.

13. Dapatkan membuat gigi lebih putih dan sehat. Sebuah apel tidak akan menggantikan sikat gigi Anda, namun menggigit dan mengunyah apel merangsang produksi air liur dalam mulut Anda yang mengurangi kerusakan gigi dan mengurangi bakteri.

14. Mengurangi kolesterol. Serat larut ditemukan dalam apel mengikat dengan lemak dalam usus, yang membantu menurunkan kadar kolesterol Anda.

Mudah-mudahan informasi diatas berguna untuk Anda.

No comments:

Post a Comment