Thursday, December 17, 2015

Tips Menghemat Baterai Hp dan Tablet


Memiliki Handphone, Phablet atau Tablet sekarang ini sepertinya sudah menjadi salah satu kebutuhan wajib. Bukan hal aneh lagi kalau dari anak sekolah, karyawan, pebisnis sampai tukang becak kesana sini sambil menenteng handphone atau tablet, di tempat tinggal saya Sorowako yang terbilang cuma kota kecil tukang ojeknya pada pake tablet sebagai alat komunikasi atau supaya bisa eksis di sosmed sambil ngojek ^^. Memiliki 2 atau 3 handphone sekaligus adalah hal yang biasa. Yup, selain sebagai alat komunikasi ternyata handphone juga bisa jadi simbol status sosial loh.
Buat saya pribadi sih, cukup menggunakan 2 handphone untuk pribadi dan kerjaan. HPnya pun tidak perlu yang mahal, selain itu bisa jadi cadangan kalau salah satu hp low batt trus mati. Terus terang saya bangga dengan hp jadul saya yang batrenya awet, tahan banting dan anti maling, soalnya saking jadulnya maling pun ogah ngeliatnya.


Tahukah Anda bahwa sekarang ini banyak applikasi yang menguras baterai tanpa kita sadari. Bayangin saja Anda lagi diperjalanan tanpa disadari baterai hp anda tinggal setengah bar padahal perjalanan masih jauh, powerbank tidak punya, charger gak bawa...mau dimatiin ntar ada telpon atau sms penting. Nah pusing kan. Alternatif lain yah..nekad minjam HP orang hehe.

Well berikut ini saya mau membagi beberapa tips sederhana yang dapat Anda lakukan apabila baterai hp/tablet Anda mulai menipis disaat genting ^^ :

  • Untuk nada dering atau panggilan masuk aktifkan suara saja karena mode getar lebih banyak menghabiskan baterai.
  • Non aktifkan wifii apabila tidak dibutuhkan.
  • Bila memang tidak dibutuhkan sebaiknya layanan paket data di offkan saja.
  • Cek kembali aplikasi-aplikasi yang Anda download di HP atau Tablet, apakah Anda benar-benar membutuhkan aplikasi tersebut? Kalau memang jarang atau tidak pernah digunakan sebaiknya dihapus saja.
  • Pilih 2G untuk mobile network.
  • Non aktifkan fitur GPS.
  • Kurangi kecerahan layar HP.
  • Untuk berkomunikasi gunakan text message (SMS) ketimbang menelpon.
  • Install app task killer atau app sejenisnya di HP Android anda. Applikasi ini sangat membantu menghemat baterai HP.

Sekian dulu tips dari saya, mudah-mudahan bermanfaat.

No comments:

Post a Comment