Tuesday, January 5, 2016

Kebiasaan-Kebiasaan Buruk yang Tanpa Sadar Sering dilakukan didepan Umum



Tanpa disadari kadang-kadang kita melakukan hal-hal yang kurang pantas dilakukan didepan umum karena dianggap kurang sopan atau tidak sesuai etika.
Berhubung hal itu sudah menjadi kebiasaan, jadi kita melakukannya pun dengan tanpa dosa hehe.....

Berikut silahkan Anda simak kebiasaan 'buruk' apa saja sih yang dimaksud.
- Ngupil
Banyak yang bilang kalau kebiasaan yang satu ini memang susah dihilangkan. Tapi sebisa mungkin jangan dilakukan didepan umum yah. Bisa-bisa cowo atau cewe yang tadinya naksir jadi ilfil karena kebiasaan unik ini.



- Berbicara di telepon dengan suara keras.
Apakah Anda ingin pembicaraan anda di telepon menjadi konsumsi publik?
Kebiasaan ini sudah tentu amat sangat mengganggu orang disekitar. Berusahalah berbicara dengan suara yang wajar, sekalipun yang menelpon itu Farhat Abbas atau Ayu Ting Ting.
- Menggigit Kuku
Sesorang menggigit kukunya biasanya karena gugup atau cemas. Tapi kalau sudah jadi kebiasaan, dalam keadaan apapun tetap saja menggigit kuku.
Stop kebiasaan menggigit kuku, potong kuku secara teratur untuk mengurangi kebiasaan buruk ini.
- Bersin tanpa Menutup Mulut
Kalau memang lagi flu dan sering bersin, ada baiknya membawa saputangan yang digunakan untuk menutup mulut saat bersin, sehingga ketika bersin tidak mengganggu orang sekitar.
- Menguap dengan mengeluarkan suara
Bayangkan, Anda menguap dengan mulut terbuka lebaaaar disertai suara dan parahnya hal ini dilakukan didepan umum pula. Bisa-bisa mata tertuju pada Anda hehe.
- Tertawa Terbahak-bahak
Saat seorang teman menceritakan hal lucu, tertawa adalah respon yang amat wajar. Tetapi tertawa keras terbahak-bahak kayaknya kurang enak didengar deh. Apalagi kalau yang tertawa seperti itu cewe. Jadi sebaiknya tertawa dalam batasan yang wajar yah.
- Mengunyah makanan sambil bersuara
Masih ingat lirik lagu anak-anak ''banyak-banyak makan jangan ada sisa, makan jangan bersuara''. Hmm anak kecil saja tau kalau makan sambil bersuara itu kurang sopan apalagi kita yang sudah dewasa.
- Menyerobot Antrian
Seringkali saya ngedumel dalam hati kalau melihat orang yang dengan santainya menyerobot antrian entah di restoran fast food, bank dll. Yang terlintas dipikiran saya orang ini punya perasaan ga siih? Yang lain sabar antri ini malah menyerobot. Walaupun pada akhirnya saya tahu dia berani nyerobot karena kenal dengan petugasnya. Tapi biar gimana pun, nyerobot antrian itu sama sekali ga kereeen.
- Membuang Sampah Sembarangan
Ini mungkin  hal yang paling umum yang paling sering kita jumpai disekitar kita. Membuang sampah pada tempatnya bukan hal yang sulit kok. Dimulai dari diri sendiri saja dulu. Cantik-cantik masak suka buang sampah sembarangan..ya nggak?
- Nada Dering Hp dengan High Volume.
Kebiasaan ini juga nggak banget deh. Sesuaikan dengan situasi dan kondisi, menyetting nada dering dengan volume agak tinggi ketika berada ditengah Mall yang hiruk pikuk mungkin ga masalah. Tetapi jangan sampai hal yang sama dilakukan di tempat-tempat seperti perpustakaan, di ruang meeting, di bioskop atau di ruang kuliah yah...

Well, sekian dulu tips dari saya. Bagi Anda yang punya pengalaman atau mungkin pernah mengalami kejadian seperti diatas bisa dishare disini.


No comments:

Post a Comment