Sunday, February 21, 2016

Mengkonsumsi Makanan Sehat Kaya Serat Agar Hidup Lebih Sehat

Makanan yang mengandung serat adalah bagian makanan yang tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan. Makanan kaya serat ini banyak mengandung selulosa, hemiselulosa, pelitin, gum dan lignin. Meskipun makanan yang berserat itu tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan, namun bakteri flora yang ada dalam saluran pencernaan terutama yang berada dalam kolon, dapat merombak serat tersebut menjadi lebih bermanfaat .

Serat sangat penting bagi kesehatan anda karena serat berfungsi sebagai perangsang aktivitas saluran usus dalam mengeluarkan kotoran yang ada dalam tubuh kita.
Coba Anda bayangkan bila tidak ada serat yang masuk dalam tubuh anda, maka kotoran yang ada dalam tubuh anda akan susah dikeluarkan, malah berbalik dan menjadi racun dalam tubuh.

Berikut beberapa jenis makanan kaya serat yang baik untuk kesehatan pencernaan :

1. Oatmeal
Oatmeal mengandung beta glucan, yang merupakan tipe khusus serat yang memiliki efek menurunkan kolesterol dan dapat juga meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

2. Buah Kiwi
Buah kiwi ini mengandung serat paling tinggi di antara buah lainnya. Kandungan serat yang terdapat didalamnya adalah 3,0 gram/ 100 gram serat.

3. Brokoli
Brokoli adalah sayuran kaya serat dan direkomendasikan, brokoli dapat dibuat jus. Satu cangkir brokoli rebus memiliki kandungan lebih kurang 5, 1 gram serat.

4. Kacang Merah
Selain mengandung serat, kacang merah juga mengandung protein dan zat besi yang baik sekali untuk kesehatan.

5. Alpukat
Alpukat juga merupakan salah satu buah yang mengadung serat paling tinggi, disamping itu kandungan lemak tak jenuhnya dapat membantu anda menurunkan kolesterol dan mengurangi resiko penyakit jantung.

6. Seledri
Seledri berguna untuk memperlambat sistem penuaan, turunkan tekanan darah, membantu menetralkan asam tubuh, menstabilkan gula darah, sebagai antikanker, serta turunkan kandungan kolesterol darah. Seledri memiliki kandungan  serat dengan kandungan 1, 5 gram per 100 gram.

7. Jagung
Selain karbohidrat yang terkadung didalamnya, jagung juga mengandung serat yang cukup tinggi. Jagung juga bisa dibuat popcorn sehingga lebih enak mengkonsumsinya.

8. Buncis
Selain kaya akan serat, buncis juga mengandung antioksidan yang berfungsi melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Buncis mangandung serat sejumlah 1, 2 gram per 100 gram bahan.

9. Kacang Polong
Kacang polong sumber serat yang lezat, Satu cangkir kacang polong mengandung sekitar 16,3 gram serat, dan secangkir kacang polong beku mengandung sekitar 8,8 gram setelah dimasak.

10. Sawi hijau
Kandungan serat didalam sawi hijau lebih kurang 1, 8 gram per 100 gram bahan. Tak hanya serat, sawi hijau juga memiliki kandungan vit.A,B dan C, kalium, fosfor, serta zat besi. Sawi hijau bermanfaat untuk menghindar kanker, dan baik untuk pencernaan,

11. Paprika
Kandungan serat didalam paprika, lebih kurang 1, 3 gram per 100 gram bahan. Tak hanya serat, paprika juga memiliki kandungan vit. c, kalsium dan magnesium yang bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah dan mengurangi resiko infeksi saluran pencernaan.

12. Labu kuning
Labu kuning memiliki kandungan serat yaitu 2, 4 gram per 100 gram bahan. Zat gizi lain yang ada didalam labu kuning diantaranya vit.C,  kalium, kalsium, magnesium, serta betakaroten. Labu kuning berguna untuk  menghindari kanker usus,

Semoga informasi yang saya berikan bermanfaat buat Anda semua.

No comments:

Post a Comment