Tuesday, May 3, 2016

Fakta Unik dan Menarik Tentang Singapura


Singapura adalah Negara tetangga kita yang bisa di tempuh 45 - 60 menit dari Batam, naik pesawat pun hanya satu setengah  jam dari Jakarta. Banyak sekali hal menarik dari Negara kecil ini sehingga menjadi pilihan tempat berlibur bagi ribuan orang. Bagi  yang tertarik dengan Singapura berikut ini silahkan disimak beberapa Fakta Unik dan Menarik mengenai Negara ini :

1. Singapura adalah satu dari 20 negara terkecil di dunia dengan total area hanya 682,7 kilometer persegi.
2. Negara ini hanya terdiri dari satu pulau utama dan 67 kepulauan berukuran kecil.  Hampir sebagian besar kepulauan kecil di Singapura tidak berpenghuni

3. Kepadatan penduduk Singapura mencapai 6.430 jiwa per kilometer persegi.

4. Di tahun 1824, Singapura hanya dihuni sekitar 10.000 penduduk.
5. Jumlah penduduk negara ini meningkat hampir 400 kali lipat. Berdasarkan sensus tahun 2000, Singapura dihuni oleh 4,2 juta penduduk.

6. Jumlah penduduk Singapura saat ini mencapai 5,3 juta jiwa, menduduki peringkat ke-166 di dunia.
7. Sembilan dari sepuluh warga Singapura tinggal di bangunan sewaan.

8. Singapura merupakan salah satu kota terpadat di dunia setelah Monako.
9. Merlion adalah lambang negara Singapura.  Merlion adalah sebuah hewan unik, berkepala singa dan bertubuh ikan

10. Bahasa resmi Singapura adalah Bahasa Inggris, digunakan oleh 90 persen penduduk negara ini. (Singapura memiliki empat bahasa resmi: Inggris, Tamil, Melayu, dan Mandarin).
11.  "Singlish" adalah istilah yang digunakan untuk menyebut Bahasa Inggris yang diucapkan dengan aksen Singapura.




12. Pendapatan perkapita Singapura merupakan yang ketiga tertinggi di dunia. Rata-rata penduduk Singapura berpenghasilan sekitar 600 juta Rupiah per tahun atau 50 juta Rupiah per bulan.

13. Di Singapura, tidak ada undang-undang yang mengatur standar gaji minimum.
14. Human Development Index Singapura termasuk kategori sangat tinggi, menduduki peringkat ke-19 di dunia. Sebagai perbandingan, Indonesia berada di peringkat ke-121.

15. Harga properti di Singapura merupakan salah satu yang tertinggi di dunia
16. Singapura merupakan negara dengan jumlah perbandingan jutawan tertinggi di dunia. Dalam setiap enam rumah tangga, ada setidaknya satu rumah tangga yang memiliki kekayaan di atas 1 juta US Dollar.

17. Individu dengan penghasilan sekitar 1.000 Dollar Singapura (sekitar 8 juta Rupiah) berhak mendapat berbagai tunjangan dari pemerintah, antara lain gratis pendidikan, fasilitas kesehatan, dan tunjangan tempat tinggal.
18. Singapura adalah tempat transit jutaan burung-burung liar yang terbang ke arah Asia Timur.

19. Air terjun buatan tertinggi di dunia terletak di Singapura, dengan tinggi 30 meter berlokasi di Jurong BirdPark.

20. The Night Safari, kebun binatang pertama di dunia, terletak di negara ini
21. Walaupun bernama Singapura, tidak pernah ada satu singa pun yang hidup di negara ini J

22. Negara ini mengganti zona waktunya sebanyak 6 kali sejak tahun 1905.
23. Singapura merupakan negara pengekspor ikan hias terbesar di dunia dan menjadi pemasok 25 persen ikan hias yang diperdagangkan di pasar internasional.

24. Bukit Timah merupakan titik tertinggi di Singapura, dengan ketinggian hanya 164 meter di atas permukaan laut.
25. Di Singapura, ada peraturan bahwa sebuah bangunan tingginya tidak boleh melebihi 280 meter. Saat ini, baru ada tiga bangunan yang mencapai batas ketinggian maksimal tersebut.

26. Nama keluarga Cina yang paling banyak digunakan di Singapura adalah Lim, Tan, dan Lee.
27. Singapura mendapatkan kemerdekaannya dari Inggris Raya pada tanggal 31 Agustus 1963.

28. Negara ini sempat bergabung dengan Malaysia di tanggal 16 September 1963, namun kembali memisahkan diri pada tanggal 9 Agustus 1965.
29. Walaupun kecil, Singapura memiliki miiliter dengan perlengkapan paling canggih di kawasan Asia Tenggara. Dana militer yang dialokasikan oleh pemerintah untuk militer sebesar 4.9 persen.

30. Agama paling populer di Singapura adalah Buddha, dianut oleh 34% penduduknya.
31. Jumlah penduduk atheis (tidak beragama) di Singapura juga cukup tinggi, mencapai 16% dari populasi negara ini.

32. Dianggap ilegal bagi yang membawa Bibel atau bericara kepada seseorang tentang Yesus Kristus.
33. Cina merupakan etnis mayoritas di Singapura, mencapai jumlah 75% dari total penduduk negara tersebut. Etnis lainnya adalah  Melayu dan India.

34. Bunga nasional negara Singapura bernama Vanda Miss Joaquim. ditemukan oleh Agnes Joaquim, seorang peneliti asal Armenia pada tahun 1893
35. Salah satu satwa unik Singapura bernama "Flying Fox," seekor kelelawar raksasa dengan bentangan sayap mencapai 1,5 meter. Flying Fox tinggal di salah satu pulau tak berpenghuni di Singapura yang bernama Pulau Ubin.



36. Airport Singapura, Changi, merupakan salah satu airport terbaik di dunia yang beberapa kali menerima penghargaan dari berbagai media internasional

37. Ada tempat lain di dunia yang bernama "Singapore". Letaknya di Amerika Serikat, dan dikenal sebagai salah satu kota hantu paling terkenal di dunia.
38. Total, jalan di Singapura membentang sepanjang 3.000 kilometer, jarak yang sama antara Singapura-Hongkong.

39. Delapan dari sepuluh orang di Singapura memiliki telepon genggam, tercatat setiap bulannya, terjual antara 30 ribu hingga 40 ribu nomor perdana di Singapura.
40. Lirik lagu kebangsaan Singapura ditulis dalam uang 1.000 Dollar Singapura.

41. Dari sekitar lima juta penduduk Singapura, dua juta di antaranya lahir di luar negeri.

42. Singapura dulunya merupakan bagian dari kerajaan Sriwijaya (berpusat di Palembang, Indonesia) dan memiliki nama Temasek. Di abad ke-11, Singapura menjadi bagian dari kerajaan Chola yang mengambil alih wilayah tersebut dari kerajaan Sriwijaya.
43. Singapura adalah salah satu negara tercepat yang mampu beralih dari negara dunia ketiga menjadi salah satu negara paling maju di dunia.

44. Singapura sangat memperhatikan masalah penghijauan kota. Walaupun metropolis, negara ini sangat peduli dengan masalah kelestarian alam.
45. Di Singapura, ada denda yang cukup tinggi, mencapai jutaan rupiah ketika membuang sampah sembarangan atau mengunyah  permen karet.

46. Singapura menganggap pernikahan sesama jenis dan berbagai tindakan homoseksual sebagai sesuatu yang ilegal.
47. Untuk membeli mobil di Singapura, Anda harus memiliki sertifikat khusus. Sertifikat tersebut harganya minimal 50.000 Dollar Singapura (sekitar 400 juta rupiah). Sertifikat tersebut hanya berlaku selama sepuluh tahun dan tidak bisa digunakan untuk membeli mobil lain.

48. Kebun anggrek tropis terbesar di dunia dapat ditemukan di Singapura.
49. Pariwisata merupakan salah satu sumber pemasukan terbesar Singapura.

50. Sebagian besar keluarga di Singapura mempekerjakan pembantu rumah tangga. Biasanya tenaga kerja jenis ini berasal dari negara tetangga seperti Indonesia dan Filipina.
51. Singapura adalah negara eksportir terbesar ke-14 di dunia.

52. Ada lebih dari 7.000 perusahaan multinasional yang saat ini beroperasi di Singapura.
53. Negara ini merupakan pusat finansial terbesar keempat di dunia.

54. Sebagian besar penduduk Singapura bekerja di sektor penyediaan jasa.
55. 8 dari 10 orang Singapura adalah memiliki  handphone. Perusahaan telepon mencatat  30.000 - 40.000 nomor baru laku setiap bulannya

56. Air mancur terbesar di dunia berlokasi di Sungapura yaitu di Suntec City. Terbuat dari cetakan perunggu yang menghabiskan dana sebesar US$6 juta yang dibangun pada tahun 1997.
57. Berdasarkan survey tahun 2006, ada lebih dari 80.000 pelajar asing yang belajar di berbagai universitas Singapura

58. Dua Universitas terbaik di negara ini adalah National University of Singapore dan Nanyang Technological University


59. Angka kelahiran di Singapura merupakan salah satu yang terendah di dunia. Data tahun 2013 menunjukkan bahwa hanya ada 0.79 kelahiran per wanita di negara ini.
 
 
60. Rokok dilarang di ruang publik. Dianggap melanggar peraturan kalau kamu memasuki Singapura dengan membawa rokok. perbuatan melanggar hukum bagi seseorang yang tidak menyiram toilet setelah menggunakannya


Demikianlah sedikit  informasi  unik dan menarik tentang Singapura. Thanks for reading.







 
 

No comments:

Post a Comment