Thursday, May 19, 2016

Jenis-Jenis Kamera Digital

-Pocket/Point and Shoot, Prossumer/Superzoom, Mirrorles dan DSLR-


Berfoto atau difoto adalah aktivitas yang menyenangkan. Mengabadikan momen-momen tertentu dalam suatu kegiatan sudah menjadi hal wajib. Entah itu sekedar buat seru-seruan, selfie, narsis dll, tentunya semuanya membutuhkan kamera. Kamera adalah alat paling populer dalam aktivitas fotografi. Perkembangan kamera ditandai dengan munculnya kamera-kamera digital baru dengan berbagai keunggulan masing-masing. Kamera-kamera digital yang ada di pasaran saat ini pada dasarnya untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang berbeda-beda. Namun bagi sebagian orang hal tersebut justru menjadi malapetaka tersendiri, karena membuat bingung menentukan pilihan kamera yang akan dibeli. Karena itu ada baiknya Anda mengetahui jenis-jenis kamera digital sebelum memutuskan untuk membeli  kamera yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.
(Baca juga : 10 Foto Termahal di Dunia)

Secara umum, kamera digital yang ada di pasaran saat ini dapat dikelompokkan menjadi 4 macam, berikut silahkan Anda simak apa saja kamera digital tersebut :


1. Kamera Pocket / Point and Shoot
Sesuai dengan namanya kamera jenis ini mempunyai ukuran yang kecil dan dapat dikantongi. Kamera ini dibuat untuk memenuhi hasrat kebanyakan orang pada fotografi dengan pertimbangan lebih ekonomis, praktis dan mudah digunakan. Intinya tinggal pencet langsung jepret.
Dengan harga yang ekonomis, tentu banyak hal yang dikorbankan di kamera jenis ini. Salah satunya setting kamera yang serba otomatis dan Zoom yang terbatas dengan lensa yang sudah tertanam di body kamera dengan optical zoom yang terbatas, biasanya antara 5x sampai 10x namun sekarang ada beberapa kamera pocket terbaru yang optical zoomnya sampai 21x . Tetapi tetap saja tidak ada opsi untuk menganti lensa yang sesuai dengan kebutuhan.Terdapat jeda saat fokus dan saat kita menekan tombol shutter, sehingga apabila kita memotret untuk mengejar momen tertentu seringkali terlewat. Sedangkan untuk kualitas foto itu sih tergantung pemakai,  karena sensor kamera saku yang kecil maka cahaya yang terekam pun terbatas sehingga detail dari warna obyek tidak tertangkap, dalam kondisi minim cahaya hasil foto cenderung akan kabur dan banyak noise atau bintik-bintik. Walaupun banyak keterbatasan, namun kamera jenis ini sangat digemari banyak orang. 


2. Kamera Superzoom / Prosumer Camera
Sekilas kamera ini mempunyai bentuk yang mirip DSLR dengan ukuran yang lebih kecil, tapi sebenarnya kamera ini sama dengan Kamera Saku /Pocket. Keunggulan kamera ini dibanding kamera pocket adalah kemampuan zoom lebih jauh pada lensanya, kamera pocket biasanya mempunyai optical zoomnya antara 5x sampai 10x dan pada kamera jenis ini kemampuan zoom nya ada yang 20x, 30x, 42x bahkan 52x. Selain itu kamera jenis ini mempunyai view vinder yang biasanya terdapat pada kamera DSLR dan tidak ada di kamera pocket , hal ini akan sangat berguna saat kita memotret outdoor dengan situasi yang terang dimana biasanya dalam kondisi terang gambar di LCD justru tidak kelihatan jelas karena silau, tentu hal ini akan sangat menganggu saat kita membidik obyek.



3. Kamera Mirrorless

Kamera ini hampir sama dengan DSLR, perbedaanya terletak pada sistem cermin prisma yang dihilangkan pada kamera Mirrorless sehingga body kamera lebih ramping. Apabila Anda adalah salah seorang penggemar fotografi yang menginginkan kamera setara DSLR tapi praktis maka kamera ini adalah jawaban terhadap kebutuhan tersebut. Kamera Mirorrless mempunyai Live View yang menyatu dengan layar LCD, seperti yang ada di kamera saku. Dan dengan ukurannya yang kecil, ringan membuat kamera ini enak untuk digunakan. Masalah Kualitas? jangan ditanya Namanya juga teknologi baru, tentu saja sangat bagus untuk photografi. Fotografer profesional sekelas Arbain Rambey dan Darwis Triadi juga mengakui keunggulan kamera ini. Keuntungan yang paling menonjol adalah kamera ini lebih cepat mengambil gambar dibanding DSLR. Sebab pantulan gambar langsung mengenai sensor tanpa melalui cermin / pentaprisma terlebih dulu dan masalah fokus pun sangat cepat. Satu-satunya kendala perkembangan kamera Mirrorless adalah, saat ini belum tersedia banyak pilihan lensa dan aksessoris lainnya. Tentu bagi para profesional hal ini menjadi kendala tersendiri ketika mereka akan memotret dengan kondisi tertentu. Namun bagi fotografer pemula kamera ini dapat menjadi salah satu pilihan.



4. Kamera DSLR

DSLR adalah kependekan dari Digital Single lens Reflex yang memanfaatkan cermin untuk mengarahkan cahaya dari lensa ke viewfinder. Viewfinder adalah lobang kecil dibelakang kamera tempat kita mengintip obyek foto. Badan kamera DSLR secara umum relatif lebih besar, karena mereka harus memiliki ruang untuk cermin dan mekanisme shutter. Pada kamera DSLR kita bisa menggunakan program full manual. Bagi para penggemar fotografi yang ingin lebih mendalami fotografi, kamera ini adalah jawabannya. Dengan kemampuan sensor kamera yang menghasilkan kualitas foto tinggi, pilihan lensa dan aksessoris yang beragam untuk berbagai kondisi dan kontrol penuh atas kinerja kamera. Kamera ini disebut kamera professional.

Nah, bagi Anda yang sekedar ingin memotret untuk mengabadikan moment-moment tertentu untuk arsip pribadi dengan pertimbangan harga yang ekonomis dan praktis maka kamera pocket dan superzoom dapat menjadi pilihan. Namun bila Anda ingin lebih serius mendalami fotografi maka pilihan jatuh pada kamera mirrorles dan DSLR.



"Photography, as a powerful medium of expression and communications, offers an infinite variety of perception, interpretation and execution." - Ansel Adams

"In photography, the smallest thing can be a great subject. The little, human detail can become a Leitmotiv." - Henri Cartier-Bresson
"Expensive camera doesn't guarantee for a excellent picture, photography it's not magic. You'll need brain, creativity, sense, art and technology to make it happen." - Unique

No comments:

Post a Comment