Tuesday, May 31, 2016

Menjadi Pribadi yang Ramah Lingkungan

Apakah Anda termasuk orang yang menyukai gaya hidup hidup ramah lingkungan? Seperti apa sih gaya hidup ramah lingkungan itu?
Para pendukung gaya hidup ramah lingkungan biasanya menjalani kehidupan mereka dengan cara yang konsisten dan berkelanjutan, selalu berusaha menjaga keseimbangan alam dan menghargai hubungan simbiosis antara manusia dengan ekologi dan siklus alam.

Berikut ini hal-hal sederhana yang bisa Anda lakukan sehari-hari sebagai usaha kalau Anda juga perduli terhadap lingkungan sekitar :



- Buang sampah pada tempatnya.
Anda pasti sudah paham banyaknya permasalahan yang timbul akibat kurangnya kesadaran individu untuk membuang sampah pada tempatnya. Mulai dari lingkungan yang kotor karena sampah bertebaran dimana-mana, tumpukan sampah menjadi sumber penyakit dan bencana yang lagi ngetrend sekarang ini banjir.

- Pisahkan sampah organik dan non organik.
Memisahkan sampah yang bisa didaur ulang dan tidak adalah salah satu upaya menghindari pencemaran tanah. Tanah yang tercemar akan mempengaruhi sumber air disekitarnya. 

- Meminimalisasi penggunaan kantong plastik belanjaan.
Sampah plastik adalah sampah yang tidak bisa dihancurkan, daur ulang sampah plastik adalah salah satu cara meminimalisasi tumpukan sampah plastik. Anda bisa menggunakan tas belanjaan berbahan kain atau ketas.

- Menyiapkan botol minuman sendiri untuk mengurangi penggunaan plastik.
Ketimbang membeli air minum kemasan tidak ada salahnya Anda membawa botol air minum sendiri selain lebih irit Anda juga sudah menjadi orang yang lebih ramah terhadap lingkungan loh.

- Mengunakan kertas daur ulang.
Ratusan bahkan ribuan pohon ditebang setiap harinya untuk memproduksi kertas loh. Hal ini akan terus berlangsung karena kertas merupakan kebutuhan. Serba salah juga sih..gimana yah kalau tidak ada kertas? Menggunakan produk kertas daur ulang bisa jadi pilihan kok, sekarang ini sudah banyak pilihan kertas hasil daur ulang yang unik yang dapat diperoleh di toko. 

- Memilih jalan kaki atau naik sepeda untuk jarak dekat.
Dengan memilih berjalan kaki Anda sudah membantu mengurangi polusi udara akibat asap knalpot kendaraan bermotor Anda. Yah itung-itung sekalian berolah raga dan hemat bahan bakar hehe... Tetapi sesuaikan juga dengan situasi kondisi yah misalnya jaraknya memang tidak terlalu jauh dan cuaca yang bersahabat.

Hal diatas mungkin hanya hal kecil yang bisa kita lakukan untuk ikut menjaga bumi kita.
Tetapi semua hal besar itu berawal dari hal kecil ^^. Sikap untuk  peduli dan lebih ramah terhadap lingkungan itu juga sebagai perwujudan rasa terimakasih kita terhadap alam...

No comments:

Post a Comment