Saturday, June 11, 2016

10 Fakta Unik Tentang Menangis atau Air Mata


Menangis..mengeluarkan air mata adalah yang wajar dan manusiawi. Bukan Cuma anak kecil yang menangis, orang dewasa pun mengalami hal ini. Menangis sering disebut "katarsis," pelepasan terpendam emosi dan ketegangan. Hal yang menyebabkan seseorang menangis pun berbeda-beda, bisa menangis karena sedih, karena bahagia, menangis karena kesal ataupun menangis karena ada rangsangan dari luar. Beberapa orang lebih rentan menangis daripada yang lain. Orang yang sedang cemas akan menangis lebih sering dan lebih mudah daripada yang lain. 
Berikut ini silahkan Anda simak beberapa fakta menarik tentang menangis atau air mata yang mungkin belum Anda ketahui :
  1. Air mata membantu Anda melihat lebih baik. Bahkan ketika Anda tidak menangis, air mata mengalir dari kelenjar lakrimal Anda dengan setiap berkedip, membasahi mata Anda
  2. Menangis atau mengeluarkan air mata membuat awet muda karena pada saat menangis juga mengeluarkan racun memalui air mata tersebut.
  3. Air mata emosional memiliki komposisi kimia yang berbeda dari air mata yang disebabkan oleh iritasi, seperti bawang.
  4. Saluran Air mata laki - laki lebih kecil dari saluran air mata perempuan.
  5. Salah satu hormon stres utama dilepaskan dari tubuh melalui air mata, prolaktin, ditemukan dalam konsentrasi yang lebih tinggi dalam tubuh perempuan dibandingkan dengan laki-laki. (Ini masuk akal jika Anda mempertimbangkan bahwa hormon ini juga terlibat dalam sintesis ASI).
  6. Bayi menangis tetapi mereka tidak memproduksi air mata sampai satu sampai tiga bulan setelah lahir.
  7. Bayi menangis 1 sampai 3 jam setiap hari
  8. Bayi menangis untuk berkomunikasi. Ratapan dan pekikan mereka dapat mengingatkan orang tua mengenai lapar, haus, kelelahan, ketidaknyamanan, kebosanan, kesepian.
  9. Ketika seseorang menangis  air mata yang pertama berasal dari mata sebelah kanan.
  10. Orang Jepang mempunyai kepercayaan yang kuat bahwa menangis memberikan manfaat untuk kesehatan. Bahkan beberapa kota di Jepang kini telah membuat  "klub menangis" yang disebut 'rui katsu',  di mana orang datang bersama-sama untuk menangis dan berusaha mengeluarkan air mata.

 
"Cry...Forgive...Learn...Move on. Let your tears water the seeds of your future happiness."  - Steve Maraboli

"If you really care of me you wont make me cry..if you really love me, you'll never make my heart cry."- Wahyuni

Well, demikianlah beberapa fakta unik dan menarik mengenai air mata atau menangis. Jadi buat Anda para pria jangan malu buat menangis atau mengeluarkan air mata ^^. Apalagi kalau air mata bahagia....

1 comment: