Sunday, June 19, 2016

Tips Cantik : Kenali Penyebab Munculnya Jerawat

Kecil tapi nyebelin banget…itulah jerawat. Satu saja ngilanginnya susaaah banget. Gimana kalau jerawatnya lebih dari satu? Belum lagi kalau jerawatnya segede gaban trus nangkring dihidung, merah dan sakit pula kalau disentuh. Pengennya sih dipencet hehe, tapi gimana mau dipencet kalau di pegang aja sakit. Hadeeeehh…bener-bener bikin nda pede. Syukur-syukur kalau ga' ada acara yang mengharuskan kita ketemu orang banyak.

Well, itulah jerawat. Hampir semua orang pernah mengalami yang namanya jerawatan. Apalagi kalau Anda yang mempunyai tipe kulit berminyak seperti saya. Jerawatan sudah jadi hal biasa. Tapi dengan rajin membersihkan wajah secara rutin  jerawat bisa diminimalisir kok (baca : Tips Mengatasi Kulit Berminyak). Satu dua jerawat masih nongol sih, tapi  hanya kalau lagi datang bulan saja…yah wajarlah ketimbang nongol tiap hari hehe.


Berikut ini saya mau berbagi dengan  Anda tentang penyebab timbulnya jerawat : 

1.Faktor Genetik/Keturunan
Jerawat seseorang bisa timbul karena adanya faktor keturunan atau genetik, umumnya seseorang yang memiliki orang tua berjerawat maka anaknya akan  berjerawat pula saat sudah menginjak masa remaja.

2. Pori-pori Tersumbat
Por-pori tersumbat disebabkan karena wajah yang tidak dibersihkan secara sempurna.

3. Makanan
Makanan juga bisa menjasi penyebab timbulnya jerawat. Makanan dengan kandungan lemak dan kalori tinggi. Seperti, kacang-kacangan, telur ayam bagian kuningnya, gorengan, makanan pedas dan masih banyak makanan lainnya.

4. Hormon
Beberapa wanita mendapat jerawat ketika memasuki masa menstruasi. Sangat sulit untuk berurusan dengan faktor hormonal, karena itu berhubungan dengan kondisi tubuh seseorang.

5. Kosmetik
Memilih jenis kosmetik yang tidak cocok dengan jenis kulit anda, juga merupakan penyebab timbulnya jerawat. Oleh karena itu usahakan Anda memilih kosmetik secara bijak sebelum membelinya. Sebaiknya menbeli produk yang sudah memiliki ijin edar produksi dari BPOM.

6.  Stres
Ternyata Stres juga dapat memicu timbulnya jerawat diwajah, hal ini dikarenakan meningkatnya hormon androgen, yaitu hormon yang dapat memicu munculnya komedo nah seperti yang kita tahu bahwa komedo jika tidak diatasi juga bisa menyebabkan terjadinya jerawat.

7. Kebiasaan Menyentuh wajah
Apabila terlalu sering menyentuh wajah juga bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Terlebih lagi apabila menyentuh kulit wajah yang sensitive dengan tangan/jari tangan yang belum dibersihkan.

8. Jenis Kulit
Jenis kulit berminyak sangatlah rentan untuk berjerawat. Karena kulit berminyak umumnya berpori besar. Minyak dan kotoran seperti debu dll pada wajah dapat menyumbat pori-pori yang menyebabkan timbulnya jerawat.

No comments:

Post a Comment