Thursday, June 23, 2016

Tips Merawat dan Mengatasi Kulit Berminyak

Kulit berminyak merupakan jenis kulit yang paling rentan terserang jerawat sehingga perlu perawatan yang benar. Selain jerawat, komedo dan kulit kusam dan berminyak juga merupakan masalah yang harus dihadapi oleh pemilik kulit berminyak. (Baca juga : Tips Sederhana Merawat Kulit Agar Tetap Sehat)
Berikut beberapa tips mengenai cara mengatasi dan merawat kulit berminyak .

- Pelembab Wajah
Kulit berminyak juga membutuhkan pelembab. Jika kulit berminyak menjadi kering, hal ini memicu produksi minyak tambahan. Pilih pelembab yang bebas minyak dan ringan.


- Memakai tabir surya
Lindungi kulit wajah Anda dari sinar UV yang berbahaya, pilih tabir surya dengan SPF 30 atau lebih. Gunakan tabir surya secukupnya agar wajah tidak tambah berminyak.

- Hindari Menggunakan Foundation
Gunakan riasan seminimum mungkin, hindari penggunaan foundation. Gunakan concealer sebagai pengganti foundation.

- Bedak
Pilihlah bedak yang mengandung bahan penyerap minyak agar wajah kelihatan segar .

- Membersihkan Wajah
Bersihkan wajah dua kali sehari untuk menyingkirkan kelebihan minyak dan membersihkan pori-pori dari kotoran dengan menggunakan air hangat.

- Menyentuh Wajah
Jangan terlalu sering menyentuh wajah Anda, pastikan Anda mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh wajah. Tangan membawa banyak bakteri yang menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat.

- Masker Wajah
Gunakan masker untuk kulit berminyak secara teratur. Masker bisa membantu mengecilkan pori-pori dan mengurangi minyak.

- Jangan Memencet Jerawat
Memencet akan menyebabkan jerawat semakin parah. Lebih baik pakai obat jerawat yang fungsinya mengeringkan saja, sehingga jerawat tidak meninggalkan bekas luka, serta kulit

- Konsumsi Makanan Yang Tepat
Makanan juga sangat mempengaruhi keadaan kulit berminyak. Konsumsilah makanan yang kaya protein, vitamin B5 dan B2, sayuran berdaun hijau, dan buah segar. Selain itu minum air putih yang cukup juga baik untuk kulit.

Dengan wajah yang sehat dan tidak berminyak, Anda bisa tampil segar dan percaya diri dalam segala aktivitas.

No comments:

Post a Comment