Friday, July 1, 2016

Tips Cantik : Manfaat Buah-Buahan Berdasarkan Tipe dan Jenis Kulit Wajah



Kulit wajah adalah salah satu faktor yang menunjang penampilan. Tidak hanya wanita para pria pun pasti menginginkan kulit wajah yang sehat. Karena apabila wajah kita kusam dan kotor sebaik apapun kita berpenampilan, tetap saja akan terlihat kurang menarik. Tapi perlu diingat kulit yang sehat itu tidak harus putih. Jangan pernah terbujuk rayu iklan yang mengaku bisa memutihkan kulit dalam seminggu. Okelah...mungkin kulit bisa lebih putih tapi sifatnya temporary alias sementara.. So, apapun warna kulitmu bukan masalah yang penting  kulit yang senantiasa terlihat segar dan sehat.
 
Masih ingatkah Anda dengan slogan 'back to nature' ? Orang-orang mulai mencari perawatan yang bersumber dari alam karena dianggap lebih aman dan minim efek samping. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan buah - buahan untuk menjaga kesehatan kulit terutama kulit wajah karena buah -buahan mengandung vitamin alami yang sangat baik untuk kulit.

Anda pasti sudah mengetahui bahwa beberapa jenis buah sering dimanfaatkan untuk menjaga

kesehatan kulit. Tapi kali ini kita akan membahas manfaat buah berdasarkan tipe kulit wajah kita. Tetapi, pertama-tama kenali dulu  tipe kulit wajah Anda.


- Kulit Wajah Berminyak :

Kulit wajah ini akan sering mengeluarkan minyak pada daerah T (dahi, hidung, dagu) dan dibagian bawah tulang pipi. Jerawat dan komedo pun mudah timbul pada kulit wajah tipe ini. Buah yang tepat untuk dikonsumsi adalah mentimun dan jeruk.

Mengapa mentimun? Karena mentimun ini berkhasiat menghaluskan dan melemaskan kulit, membantu meringankan pori-pori wajah, serta mengeluarkan kotoran dari kulit. Sedangkan jeruk dapat dijadikan masker dapat membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah dan membantu mengecilkan pori- pori. Caranya oleskan air perasan jeruk pada wajah yang sudah dibersihkan diamkan selama 15 menit kemudian basuh dengan air hangat. Lakukan hal diatas dengan rutin 2x seminggu.

- Kulit Wajah Kering :

Biasanya kulit terlihat bersisik, agak kasar, dan tidak mengkilap. Tipe kulit seperti ini rentan terhadap keriput yang membuat sesorang terlihat lebih tua dari umurnya. Buah yang baik untuk dikonsumsi bagi kulit wajah jenis ini dalah wortel dan mangga. Vitamin A dalam wortel diperlukan untuk pemeliharaan jaringan epitel (jaringan yang ada dipermukaan kulit). Wortel juga terdapat karoten yang berfungsi menjaga kelembapan kulit, memperlambat timbulnya

kerutan pada wajah, dan membuat wajah tampak selalu berseri. Sedangkan buah mangga mengandung beta-karoten yang dikonversi menjadi vitamin A oleh tubuh. “Vitamin A sangat diperlukan untuk menjaga kulit sehat dan memperbaiki jaringan kulit yang mencegah dari kulit kering,” kata Keri Gans, RD, juru bicara American Dietetic Association.

- Kulit Wajah Normal :

Bersyukurlah bila Anda dikaruniai jenis kulit yang normal. Karena berbeda dengan kedua jenis kulit sebelumnya, tipe kulit ini bisa dibilang ideal, tidak terlalu berminyak dan tidak juga kering dengan teksturnya kulit yang halus dan jika disentuh.

Buah yang baik untuk kulit wajah jenis ini adalah buah alpukat. Buah alpukat ini dapat dijadikan masker yang membantu merawat jenis kulit wajah normal. Sebab, kadar lemaknya yang tinggi dapat melembapkan kulit dan melindungi kulit dari pengaruh sinar matahari. Caranya pun sangat mudah, lumatkan alpukat sampai halus kemudian oleskan merata pada wajah Anda. Diamkan sampai mengering kemudian basuh dengan air hangat, kulit wajah terasa lembut dan lembab. Buah alpukat juga baik untuk dikonsumsi karena kandungan vitamin A dan E pada buah alpukat sangat baik untuk menghaluskan kulit, mengenyalkan kulit, menghilangkan kerutan dan membuat kulit tampak lebih cerah. 

Nah...bagaimana dengan Anda. Tertarik mencoba?

No comments:

Post a Comment