Friday, September 30, 2016

Tips Sehat : Sayangi Punggung Anda

Sayangi punggung? Mungkin ada diantara Anda yang bertanya-tanya mengapa harus menyayangi punggung? (hmm..kalau judulnya menyayangi pacar pasti Anda langsung meng iyakan hehe..). Kali ini saya mau berbagi sedikit informasi mengenai pentingnya menjaga kesehatan, terutama punggung.

Tahukah Anda, membawa buku-buku dan barang berat kemana-mana bisa berakibat buruk bagi postur tubuh Anda, apalagi apabila hal ini berlangsung terus-menerus, lama kelamaan bisa menyebabkan cedera pada punggung dan bahu Anda. Dikalangan mahasiswa atau pekerja tidak sedikit yang setiap hari harus beraktifitas dengan menenteng ransel/tas punggung yang lumayan berat berisikan Laptop, buku-buku, laporan dan lain lain.

Sebuah penelitian dari Kanada ( Canadian Chiropraptic Association ) menganjurkan agar bobot ransel atau tas yang kita bawa sebaiknya memiliki berat kurang dari 15% bobot tubuh Pria dan  10% untuk wanita.
Sebagai contoh, apabila berat tubuh Anda 60 kg maka berat ransel maksimal yang Anda bawa adalah 9 kg untuk Pria dan 6 kg untuk wanita. Bagaimana dengan tas bawaan Anda sehari-hari?

Mudah-mudahan informasi diatas bisa bermanfaat untuk Anda.

No comments:

Post a Comment