Friday, December 9, 2016

J.K. Rowling




Suka sama novel-novel Harry Potter? Artinya sudah sangat familiar dengan nama J.K. Rowling sang penulis dan pencipta Harry Potter. Buat yang kurang hobi membaca karena novel Harry Potter terbilang amat sangat tebal mungkin sudah menonton filmnya. Saya sendiri lebih suka membaca novelnya dulu, kemudian menonton filmya untuk membandingkan hehehe. Membaca dan menonton mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Di film kita bisa melihat secara visual namun banyak cerita yang 'hilang' karena tidak mungkin menceritakan sedetail seperti di novel. Buat saya pribadi, membaca novel-novel Harry Potter sangat menyenangkan. Sang penulis J.K. Rowling mampu menceritakan dan menggambarkan secara detail tokoh dan alur ceritanya sehingga saya bisa membayangkan sosok Harry Potter, Hermione, Ron, Professor Dumbledore, larut dalam suasana Hogwards...kelas sihir dan lain-lain tanpa harus menonton filmnya hehehe.... Salut buat J.K. Rowling deh, tidak heran kalau novel-novel Harry Potter menjadi bestseller dan ketika di filmkan, semua filmnya menjadi box office.


Joanne Kathleen Rowling atau lebih dikenal sebagai J.K. Rowling lahir di Yate, Gloucestershire Utara - Inggris tanggal 31 Juli 1965. Setelan lulus dari Universitas Exeter, Rowling pindah ke Portugal pada tahun 1990 untuk mengajar Bahasa Inggris. Di sanalah ia bertemu dan menikah dengan seorang wartawan Portugis. Dari pernikahannya ini Rowling mempunyai seorang anak yang diberi nama Jessica pada tahun 1993.

Setelah pernikahannya gagal Rowling memilih untuk tinggal di Edinburgh, Skotlandia, tinggal berdekatan dengan rumah adik perempuannya. Di Edinburgh, Rowling menghadapi masalah untuk menghidupi diri dan anaknya. Saat itulah Rowling mulai menulis sebuah buku. Hal paling unik menurut saya adalah Rowling mendapat ide menulis buku itu saat diperjalanan dengan kereta api dari Manchester ke London tahun 1990. Mungkin karena pemandangan yang sangat indah selama perjalanan itu sehingga muncul ide-ide brilian untuk sebuah novel. Hmmmm.. kira-kira bisa nggak yah hal yang sama terjadi kalau kita naik kereta api di Indonesia hehehe.
Perjuangan J.K Rowling tidaklah mudah karena novel hasil karyanya beberapa kali ditolak. Namun akhirnya Rowling berhasil menjual novel Harry Potter and the Sorcerer’s Stone untuk jumlah sebanyak $4000. Menjelang musim panas pada tahun 2000, tiga novel  Harry Potter: Harry Potter and the Sorcerer’s Stone; Harry Potter and Secret of Chamber;dan Harry Potter and prisoners from Azkaban menjadi novel terlaris dan paling dicari diseluruh dunia dengan keuntungan lebih kurang 480 juta dolar AS dalam masa tiga tahun dengan cetakan 35 juta naskah dalam 35 bahasa!! Hebat banget yah ^^. Pada Juli tahun 2000, novel berikutnya Harry Potter and Goblet of Fire telah dicetak buat pertama kalinya sebanyak 5,3 juta naskah dengan pesanan tambahan sebanyak 1,8 juta naskah. Novel Harry Potter and Goblet of Fire  ini menjadi novel favorit saya yang saya baca berulang kali. Tiga tahun kemudian novel kelima Harry Potter dan Order Phoenix dirilis pada jam 12 tengah malam tanggal 21 Juni 2003, serentak di seluruh dunia. Begitu juga dengan novel keenam, Harry Potter and the Half-Blood Prince juga telah diluncurkan secara resminya serentak seluruh pada jam 12.01 malam 16 Juli 2005. Untuk melancarkan buku itu, ia mengadakan acara di Edinburgh Castle. J.K Rowling juga meluangkan waktunya   dengan pembaca kanak-kanak yang menyukai bukunya. Menurut para pengamat peluncuran novel keenam ini lebih mendapat perhatian dari peluncuran buku Harry Potter yang lain. Setelah melewati kesuksesan dengan buku keenam, Rowling meluncurkan novel ketujuhnya yang berjudul Harry Potter and the Deathly Hallows pada tahun 2007. Tidak bisa dipungkiri kalau Harry Potter telah menjadikan Rowling sebagai salah seorang wanita terkaya di Inggris.

Seperti yang sudah kita ketahui Novel Harry Potter and the Sorcerer’s Stone telah diangkat ke layar lebar dan di minggu pembukaannya di Amerika Serikat film tersebut memecahkan rekor dengan memperoleh keuntungan sekitar $93,5 juta. Sekuel film seri ini, Harry Potter and the Chamber of Secrets dan seterusnya sampai Harry Potter and the Deathly Hallows sudah diangkat ke layar lebar dan seperti halnya film pertama film-film Harry Potter selalu menjadi box office. Film Harry Potter and the Deathly Hallows – Part 2 tahun 2011 berada di urutan ke 4 film dengan keuntungan terbanyak sepanjang masa yaitu sekitar $1.341.511.219, silahkan Anda hitung jika dirupiahkan.  Saya sendiri tidak melewatkan satu pun film Harry Potter ^^.  Sekali lagi salut buat J.K Rowling sebagai salah satu penulis wanita yang mampu menghasilkan karya yang kueeereeenn bangeets.


"Never be ashamed! There's some who'll hold it against you, but they're not worth bothering with." - J. K. Rowling

"Read a books will help you to explore your imagination, in the same time your eyes, your brain and your mind work to create it." - Unique



No comments:

Post a Comment