Thursday, January 19, 2017

Penemu-Penemu Terkenal yang Telah Merubah Dunia

Televisi, Radio, Pesawat terbang, mobil, listrik, telephone dll adalah benda-benda yang sudah akrab sekali dengan kita. Telepon membantu berkomunikasi dengan orang yang jauh, kita bisa melihat perkembangan dunia melalui televisi, listrik membuat rumah tetap terang pada malam hari, pesawat terbang dan mobil mempermudah kita dalam melakukan perjalanan jarak jauh dan masih banyak lagi. Pernahkah Anda merenung apa yang terjadi apabila tidak ada yang menemukan dan menciptakan benda-benda tersebut? Tidak bisa dipungkiri bahwa penemuan-penemuan inovatif yang brilian telah merubah dunia menjadi lebih baik. Sehingga sudah sepatutnya kita berterima kasih kepada para penemu tersebut.

Berikut mari kita simak bersama nama-nama penemu terkenal yang karena jasanya telah merubah dunia :

Archimedes
Archimedes adalah seorang ahli matematika Yunani, fisikawan, insinyur, astronom dan penemu, menghasilkan karya terbaiknya di abad ke-3 SM. Archimedes juga terkenal karena anekdot dari penemuan Prinsip Archimedes (berat jenis) saat memasuki bak mandi dan bergegas keluar telanjang dalam kegembiraan setelah menemukan solusi.

Albert Einstein
Albert Einstein adalah penemu yang berasal dari jerman yang menemukan Jerman Teori Relativitas.

Alfred Nobel
Alfred Bernhard Nobel berasal dari Stockholm, Swedia. Ia adalah seorang kimiawan , insinyur , dan pebisnis yang menemukan dinamit. Dalam surat wasiatnya, dia mewakafkan hartanya untuk membuat Penghargaan Nobel .

Edwin H. Armstrong
Seorang peneliti dan penemu terobosan di bidang radio, Edwin Howard Armstrong menemukan transmisi FM.

Alexander Graham Bell
Telepon adalah perangkat komunikasi yang cukup penting di zaman modern diciptakan oleh Alexander Graham Bell.

Louis Braille
Louis Braille adalah penemu naskah Braille eponymous. Braille, mengembangkan draft pertamanya pada tahun 1824 dan disempurnakan tahun 1940. Huruf Braille telah terbukti menjadi sarana komunikasi yang sangat berguna untuk orang buta.

Rudolf Diesel
Rudolf Christian Karl Diesel adalah seorang penemu yang berasal dari Jerman yang dikenal untuk penemuan mesin diesel. Bahan bakar yang jauh lebih efisien daripada bensin.

Thomas Alva Edison
Thomas Alva Edison adalah penemu bola lampu dan proyektor film. Edison adalah penemu paling produktif keempat dalam sejarah dan memegang lebih dari 2300 paten di seluruh dunia, hampir 1.100 di antaranya Amerika.

Charles Babbage
"Mesin komputasi" pertama diciptakan oleh Charles Babbage asal Inggris pada tahun 1822. Idenya adalah tidak benar-benar untuk membuat komputer seperti yang kita tahu hari ini, tetapi sebaliknya, untuk menciptakan mesin yang akan menghitung matematika.

Willem Einthoven
Willem Einthoven adalah seorang dokter Belanda dan fisiologi yang menemukan elektrokardiogram praktis pertama yang dikenal sebagai ECG.

John Walker
John Walker adalah Penemu Korek api. Ia adalah kimiawan Inggris yang pada tahun 1826 secara tidak sengaja menemukan korek api gesek dengan mencampur potas dan antimon

Cornelius van Drebbel berasal dari Negara Belanda adalah Penemu Kapal selam. Pada awalnya yang telah membuat sketsa kapal selam adalah Leonardo da Vinci pada tahun 1452 sampai 1519, namun yang berhasil membangun kapal selam tersebut adalah Cornelius Van Drebbel pada tahun 1620. Sebelum kapal selam itu di buat Drebbel, seorang temannya bernama William Bourne merancang rencana untuk membuat kapal tersebut pada tahun 1578, namun tidak berhasil dan dapat diwujudkan oleh Drebbel.

Louis Jacques Monde da Guerre & Joseph Nicéphore Niépce
berasal dari Prancis adalah orang pertama yang membuat kamera pada tahun 1827.

Michael Faraday
Faraday berasal dari Inggris dikenal sebagai penemu dinamo. Faraday juga menemukan hukum elektrolisis (anoda, katoda, elektroda, dan ion).

Alexander Fleming
Alexander Fleming populer untuk penemuan antibiotik penisilin dari jamur Penicillium rubens (jamur tertentu juga dianggap P. notatum atau P. chrysogenum) pada tahun 1928. Dia juga menemukan lysozymes pada tahun 1922.

Benjamin Franklin
Benjamin Franklin adalah penemu penangkal petir dengan menerbangkan layang-layang saat badai untuk membuktikan hipotesisnya. Dia juga menemukan kacamata, kompor Franklin, odometer kereta, dan juga sebuah alat musik yang dikenal sebagai armonika kaca. Franklin adalah seorang polymath dan merupakan tokoh sentral dalam politik Amerika awal. Beliau adalah salah satu Bapak Pendiri Amerika Serikat.

Johann Gutenberg
Johann Gutenberg berasal Eropa yang menemukan mesin cetak mekanis tahun 1439.
Antonie van Leeuwenhoek
Antonie van Leeuwenhoek dikenal sebagai penemu mikroskop dan menciptakan lebih dari 400 jenis mikroskop, dan juga memelopori penelitian di lensa dan mendapat gelar 'bapak mikrobiologi'.

Guglielmo Marconi
Guglielmo Marconi adalah penemu berasal dari Italia yang sistem telegrafi radio tahun 1895. Heinrich Hertz tahun 1888 dan Jagadish Chandra Bose telah menunjukkan penggunaan praktis dari gelombang radio jauh sebelum penemuan Marconi.

Dmitri Mendeleev
Populer sebagai bapak tabel periodik unsur-unsur, Dmitri Mendeleev menciptakan versi pertama dari tabel periodik unsur.

Samuel Morse
Samuel Morse menemukan sistem telegraf kawat tunggal, dan menciptakan kode Morse, yang dinamai menurut namanya.

Nicéphore Niepce
Nicéphore Niepce adalah seorang penemu yang berasal Perancis. Ia dikenal sebagai penemu fotografi modern. Setelah menyadari bahwa ia tidak memiliki tangan yang stabil diperlukan untuk melacak gambar yang dibuat oleh kamera obscura (versi awal dasar dari kamera),

Wilhelm Rontgen C.
Wilhelm Conrad Rontgen memenangkan 1901 Penghargaan Nobel dalam Fisika untuk penemuan sinar-X, alat vital dalam diagnosa. Rontgen harus mendemonstrasikan teknologi pada dirinya sendiri - karena kurangnya relawan - pada berbagai kesempatan. Hal ini mengakibatkan kematian tragis, ia terkena kanker usus akibat dari overexposure sinar-X.

Levi Strauss
Levi Strauss. Strauss menerima paten untuk celana denim kerja pada tahun 1873, tahun yang sama ia mendirikan perusahaan tertua jins di dunia - Levi Strauss & Co

Edward Teller
Edward Teller adalah penemu bom hidrogen, meskipun sering dipanggil 'ayah dari bom hidrogen', Teller sendiri tidak menghargai julukan tersebut.

John Venn
Diagram Venn mungkin membosankan untuk dipelajari, tetapi sistem yang diberlakukan oleh John Venn sangat membantu dalam berbagai bidang, seperti logika dan menetapkan teori. Venn adalah seotang pendaki gunung dan ahli bahasa.

Leonardo da Vinci
Da Vinci populer karena karyanya Mona Lisa, dan The Da Vinci Code. Dia adalah seorang polymath yang menakjubkan dan seorang penemu produktif. Dia merancang beberapa perangkat militer dan sipil, termasuk mesin terbang mirip dengan hang glider dan helikopter, di abad ke-16, lebih dari 300 tahun sebelum penerbangan pertama oleh Wright bersaudara. Banyak dari desain yang telah dibangun oleh amatir yang antusias, termasuk fiksi Jacques Sauniere di The Da Vinci Code

Gottlieb Daimler yang berkebangsaan Jerman bersama Carl Freidrich Benz dikenal dunia sebagai pelopor atau penemu dari mobil.

Alessandro Volta
Alessandro Volta dikenal untuk penemuan sel listrik pertama pada tahun 1800. Meskipun sel ini sangat tidak efisien dan sedikit berbahaya (terutama jika diperlukan untuk transportasi) karena masuknya asam sulfat. Unit pengukuran potensi listrik, volt, diberi nama untuk menghormati Alessandro Volta.

James Watt
James Watt berasal dari Ingris adalah orang yang memperbaiki mesin uap dan menciptakan versi yang jauh lebih efisien.

Zacharias Janssen adalah ilmuan yang berasal dari Belanda tercatat. Penemuannya yang paling terkenal yaitu mikroskop pertama yang digunakan untuk melihat benda-benda yang sangat kecil ukurannya dan sulit dijangkau bila menggunakan mata telanjang

The Wright Brothers
The Wright Brothers (Orville dan Wilbur) merancang dan mengembangkan pesawat bekerjasama dengan seorang mekanik Charlie Taylor. Trio ini memasukkan banyak inovasi dalam mekanika mesin, seperti menggunakan casing aluminium untuk mengurangi berat dan versi dasar dari injeksi bahan bakar tanpa karburator atau pompa bahan bakar.

Selain penemu-penemu yang telah disebutkan di atas, masih banyak lagi orang yang telah membuat penemuan inovatif yang telah merubah kehidupan di dunia. Saat ini sebagian besar penemuan ini telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita.

No comments:

Post a Comment