Friday, March 17, 2017

Kenali 4 Jenis Yogurt Sehat


Yogurt adalah makanan yang berbahan dasar susu yang difermentasikan. Kata yogurt berasal dari bahasa Turki yaitu yoğurt diambil dari kata sifat ‘yoğun’, yang berarti 'padat' dan 'tebal'.

Yoghurt atau yogurt dibuat melalui fermentasi bakteri dan dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk sari kacang kedelai. Produksi modern saat ini didominasi susu sapi. Sekarang ini yoghurt tersedia dalam beraneka macam rasa, rasa alami, rasa buah, rasa vanilla atau rasa cokelat. Kandungan bakteri probiotik dalam yoghurt membantu menjaga kesehatan pencernaan. Jika pencernaan sehat, maka sistem kesehatan tubuh secara keseluruhan tentunya juga sehat. Seperti dilansir dari indiatimes.com, inilah beberapa jenis yogurt sehat yang perlu Anda ketahui.

Yogurt whole-milk

Yogurt jenis ini terbuat dari 100% susu sapi. Karena terbuat dari susu sapi asli, maka yogurt ini tinggi akan kalsium dan vitamin D di dalamnya sehingga selain baik untuk kesehatan pencernaan juga baik untuk kesehatan tulang. Yogurt ini juga tidak mengandung bahan pengental atau aditif yang digunakan untuk mencapai konsistensi rasa yang tepat.



Yogurt bebas laktosa

Yogurt jenis ini cocok untuk dikonsumsi mereka yang alergi dengan produk olahan susu sebab yogurt bebas laktosa terbuat dari susu sapi yang sapinya sendiri telah dirawat sedemikian rupa untuk memecah laktosa di dalamnya. Yogurt ini sendiri juga tetap tinggi akan kalsium, protein, dan probiotik.



Yogurt soya

Sama seperti namanya, yogurt soya terbuat dari susu kedelai yang difermentasikan. Yogurt ini cocok untuk dikonsumsi mereka yang menjadi vegetarian. Kandungan bakteri di dalam yogurt soya sama dengan yogurt susu namun kandungan lemak jenuhnya lebih rendah daripada yogurt susu. Di sisi lain, para ahli kesehatan mengatakan bahwa yogurt ini cenderung mengandung tepung seperti tepung maizena.



Yogurt rendah lemak

Yogurt rendah lemak mengandung kalium dengan dosis yang sehat sehingga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dengan melawan efek dari sodium. Selain itu rendahnya kalium di dalam yogurt ini juga bermanfaat untuk menurunkan risiko batu ginjal serta pengeroposan tulang. Selain jenis yogurt sehat di atas, ada jenis yogurt lain yang sebaiknya tidak Anda konsumsi. Jenis yogurt tersebut adalah yogurt yang berperasa tambahan. Sebab yogurt ini mengandung rasa dan gula tambahan yang malah mampu merusak kebaikan dari yogurt itu sendiri.



"Healthy life is not a choice but it's a must for everyone who really love and care about theirself." - Unique

No comments:

Post a Comment