Friday, June 23, 2017

7 Sumber Makanan yang Mengandung Antioksidan Alami

Antioksidan  merupakan zat yang bermanfaat untuk tubuh karena mampu menghambat /memperlambat proses oksidasi, yaitu reaksi kimia yang berupa pengikatan oksigen dan pelepasan hidrogen. Proses ini bisa terjadi di mana saja termasuk di dalam tubuh kita. Proses oksidasi sendiri sangat penting untuk metabolisme tubuh.  Zat Antioksidan merupakan penetralisir dari terbentuknya radikal bebas dalam tubuh untuk itu asupan antioksidan hendaknya aman dalam pemanfaatannnya dan tidak bersifat toksik.

Apa sajakah Sumber antioksidan alami?
Berikut ini 7 sumber makanan yang mengandung antioksidan alami :

Teh Hijau
Teh hijau merupakan sumber antioksidan kuat. Zat polifenol, yang terkandung dalam teh hijau berkhasiat mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung, serta menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Mahkota Dewa
Tanaman obat yang berasa dari Papua ini mengandung senyawa Alkaloid, Saponin, Flavonoid dan Polifenol. Senyawa-senyawa tersebut bermanfaat untuk melancarkan
peredaran darah, meningkatkan vitalitas, mengurangi kadar gula, detoksifikasi
dan juga sebagai anti-alergi.

Buah Tomat
Tomat menganudng  zat Lycopene yang sangat berguna untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Buah Anggur
Buah ini mengandung antioksidan alami dari golongan senyawa Resveratol, antosianin dan Flavonoid. Ketiga senyawa ini bermanfaat untuk meningkatkan kinerja sel endotelial yang berfungsi untuk melancarkan aliran darah dalam arteri sehingga baik untuk mencegah penyakit jantung.

Buah Manggis
Manggis adalah buah yang kaya antioksidan, buah. Senyawa aktif pada buah ini yang
Dikenal dengan sebutan Xamtone justru banyak terdapat dalam bagian kulit buahnya.

Susu
Susu yang kaya akan asam amino triptophan ternyata juga penting untuk dikonsumsi. Jika kita mengonsumsi susu secara teratur, tubuh akan lebih rajin memproduksi hormon melatonin yang bersifat antioksidan.

Taoge
Taoge memiliki kandungan senyawa aktif yang sangat bermanfaat untuk tubuh, antara lain,folat, protein, fitoestrogen dan vitamin C. Secara keseluruhan sumber makanan
ini bermanfaat untuk memerangi kolesterol jahat dalam tubuh.
Sumber antioksidan alami yang disebutkan diatas hanya sebagian kecil saja. Masih banyak sumber alami lain yang bermanfaat bagi tubuh.
Mengkonsumsi makanan kaya antioksidan sangat bermanfaat untuk tubuh dalam untuk menangkal radikal bebas seperti polusi, asap rokok dan bahan-bahan kimia lain yang berbahaya.

No comments:

Post a Comment