Sunday, June 11, 2017

Buah Untuk Meringankan Hipertensi



Di artikel sebelumnya saya sudah pernah membahas masalah Hipertensi dan Penyebabnya. Hipertensi kalau tidak dideteksi sejak dini dapat menyebabkan organ yang rusak, serta beberapa penyakit, seperti gagal ginjal, aneurisma, gagal jantung, stroke, serangan jantung dan dapat meningkatkan risiko penurunan kognitif di kemudian hari. Selain memperbaiki pola hidup, mengkonsumsi obat menurun tekanan darah ternyata ada cara lain yang dapat dilakukan oleh penderita hipertensi yaitu mengkonsumsi buah-buahan.


National Institutes of Health (NIH) menganjurkan Dietary Approaches to Stop Hypertension yaitu menurunkan tekanan darah tinggi dengan mengkonsumsi buah-buahan, sayuran dan produk susu rendah lemak. Karena buah mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin dan kalium. Kandungan potasium, kalsium dan magnesium berguna dalam mengontrol tekanan darah.

Mengapa Kalium Dapat Menurunkan Tekanan Darah?
Kalium/Potassium, Natrium, Kalsium dan Magnesium membantu mempertahankan keseimbangan elektrolit di dalam tubuh. Kelebihan garam atau natrium akan mengakibatkan retensi natrium sehingga meningkatkan volume darah yang menyebabkan tekanan pada dinding arteri yang mengakibatkan terjadinya tekanan darah tinggi. Maka dari itu penting sekali untuk menjaga keseimbangan natrium-kalium dalam tubuh.

Berikut silahkan Anda simak beberapa buah-buahan yang tinggi kandungan kalium dan yang
dapat membantu menurunkan tekanan darah atau hipertensi :


-Pisang
Pisang adalah buah yang mudah didapat. Makan pisang sebagai camilan atau menambahkan irisan pisang untuk sereal pagi Anda atau membuat salad buah dengan pisang sebagai salah satu bahan. Pisang berukuran sedang akan menyediakan 422 mg potasium dan 17 persen dari nilai harian yang direkomendasikan untuk memenuhi asupan vitamin C. (baca juga: 7 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh)


-Apricot
Apricot merupakan sumber  kalium dan vitamin A. Aprikot kering merupakan salah satu makanan terbaik dengan kandungan kalium di dalamnya, sangat rendah natrium, lemak jenuh dan kolesterol.


-Alpukat
Alpukat kaya akan berbagai macam vitamin, lemak tak jenuh dan potasium serta mengandung lemak yang unik, yang disebut avocadene. Satu cangkir alpukat mengandung 727mg potasium sekitar 21% dari nilai harian yang direkomendasikan untuk kebutuhan kalium. Alpukat sangat rendah kolesterol dan merupakan sumber makanan yang kaya serat


-Melon
Melon merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin A, vitamin C, thiamin dan kalium. Satu cangkir  melon beku 173g mengandung 84mg potasium dan memberikan asupan14% dari nilai harian yang direkomendasikan untuk kebutuhan kalium.


-Jeruk dan Lemon
Buah jeruk terkenal karena kaya akan vitamin C, tinggi nutrisi dan rendah kalori. Selain itu jeruk juga mengandung kalium, sehingga baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Limau merupakan sumber potasium yang baik, kalsium, fosfor, vitamin A dan folat.


-Grapefruit
Buah ini memiliki rasa yang tajam dan khas. Kandungan Bioflavonoidnya tidak hanya membantu menurunkan tekanan darah tetapi juga membantu menurunkan kolesterol. Setengah buah grapefruit mengandung 166mg potasium dan memberi asupan 5% dari nilai harian yang direkomendasikan untuk kebutuhan kalium.


-Cantaloupe (Blewah)

Cantaloupe atau blewah adalah buah yang menyerupai melon yang mengandung vitamin A dan vitamin C. Secangkir melon yang dipotong dadu atau sekitar 160g mengandung 494,5 mg kalium, 14.1% nilai harian yang direkomendasikan untuk kebutuhan kalium.



Selain buah-buahan diatas, The National Institutes of Health (NIH) juga merekomendasikan buah-buahan kering seperti kismis, kurma dan buah ara yang juga mengandung kalium.



"The fruits of your labors may be reaped two generations from now. Trust, even when you don't see the results." - Henri Nouwen


"Banana is magic fruits because you can eat it fresh, fried when it unriped or riped, boiled but unfortunatelly banana trees bear fruit only once." - Wahyuni


No comments:

Post a Comment