Saturday, June 3, 2017

Makanan Pencegah Anemia Untuk Ibu Hamil

Ibu yang  yang sedang hamil sangat rentan terkena Anemia, karena pada saat hamil  janin yang dikandungnya juga membutuhkan asupan zat besi yang sangat berguna untuk perkembangan janin itu sendiri. Jika sang ibu tidak memperhatikan akan kebutuhan zat besi ini bisa saja mempengaruhi kesehatan janin dan ibunya. (baca juga:  Anemia dan Penyebabnya). Anemia pada ibu hamil bisa saja dicegah dengan membiasakan diri hidup sehat  dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi diantaranya :

1. Buah Kurma
Satu lagi buah yang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil yakni buah kurma. Dimana buah kurma mampu meningkatkan produksi hemoglobin pada tubuh yang berguna untuk mengalirkan oksigen ke janin. Untuk itu sangat disarankan para ibu hamil untuk mengkonsumsi dua butir kurma saat sarapan dan makan siang.

2. Madu
Apabila Anda mengalami berbagai gejala Anemia selama kehamilan ada baiknya sesegera mungkin mengkonsumsi madu. Karena madu merupakan sumber makanan yang kaya zat besi.

3. Kuning Telur
Dengan mengkonsumsi kuning telur, maka berarti Anda telah memenuhi asupan zat besi untuk tubuh, begitu juga saat kehamilan, dengan mengkonsumsi sebutir telur akan membantu Anda

4. Susu
Susu adalah pasangan yang cocok untuk sereal dan mengandung banyak protein dan vitamin. Susu juga mengandung banyak vitamin B kompleks, potassium, dan kalsium yang baik untuk kesehatan tubuh. Semua nutrisi pada susu berguna untuk meningkatkan fungsi darah.

5. Buah Pisang
Seperti kita tahu bahwa pisang merupakan salah satu buah yang kaya zat besi dan mineral. Dengan ini maka konsumsi pisang selama kehamilan akan mengobati atau mencegah anemia.

6. Daging Merah
Daging merah merupakan salah satu makanan yang di rekomendasikan untuk memerangi anemia selama kehamilan. Hal ini dikarenakan daging merah merupakan sumber zat besi yang paling baik dan dapat diserap dengan baik serta efisien untuk tubuh. Zat besinya pada daging merah lebih mudah diserap tubuh dari pada dari zat besi dari sumber nabati sayuran.

7. Roti gandum
Roti gandum mengandung banyak zat besi dan vitamin B kompleks. Roti ini mampu mempertahankan nutrisi alami yang terkandung di dalamnya daripada roti jenis lain. Kandungan zat besi dan vitamin B pada roti gandum sangat baik untuk
menambah darah.

8. Kacang-kacangan
Makanan ini mengandung banyak protein dan rendah lemak. Kandungan zat besi dan vitamin B pada kacang yang baik untuk menambah darah dan menjaga hemoglobin tetap normal.

9. Bayam
Bayam merupakan sayuran yang kaya akan zat besi dan juga folat . Kedua zat tersebut baik untuk memerangi anemia selama kehamilan. Maka dari itu jadikan bayam sebagai makanan wajib ibu hamil

10. Kerang
Salah satu jenis makanan laut yakni kerang merupakan makanan dengan daftar teratas makanan yang banyak mengandung zat besi. Nah, jika Anda memang penikmat makanan laut atau seafood, ada baiknya saat kehamilan Anda lebih banyak mengkonsumsi kerang. Karena akan sangat baik untuk menghindari anemia selama kehamilan

11. Brokoli
Brokoli merupakan sayuran berdaun hijau yang kaya akan vitamin, zat besi dan folat. Maka dari itu masukan brokoli sebagai menu harian Anda

12. Hati
Di Indonesia, hati merupakan makanan kita sehari-hari. Hati memiliki banyak kandungan zat besi dan vitamin B yangampuh untuk menambah darah dan mencegah terkena anemia.

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang ampuh untuk mengatasi dan mencegah terkena anemia selama kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment