Saturday, June 17, 2017

Tips Sehat : Olahraga Untuk Memperkuat Jantung

Menjaga kesehatan jantung sangatlah penting karena jantung merupakan pusat peredaran darah di tubuh. Selain dengan pola hidup sehat dengan mengatur pola makan, menghindari rokok dan alkhohol tentunya perlu juga diimbangi dengan latihan-latihan berupa olahraga ringan agar jantung tetap sehat. (Baca juga : Waspadai Bahaya Merokok Bagi Kesehatan). Memang kadang-kadang untuk mulai berolah raga itu susah banget. Harus nunggu mood dulu hehe. Tapi pelan-pelan Anda bisa mencoba untuk mulai berolahraga selama 30 menit minimal seminggu sekali secara rutin. Kemudian secara bertahap intensitasnya dapat ditambah menjadi 2 - 3 kali seminggu. Selain bertambah sehat tapi juga membantu memperkuat jantung Anda.

Berikut   beberapa olahraga ringan yang baik untuk jantung kita :

- Jalan cepat
Jalan cepat adalah cara alami untuk meningkatkan kebugaran.  Jalan cepat dapat Anda lakukan di luar ruangan atau dengan alat treadmill. Atur intensitas kecepatan dan lakukan olahraga ini minimal 30 menit 2-3 kali seminggu

- Jogging
Jogging ini lebih menantang daripada berjalan, dan salah satu cara terbaik untuk membakar kalori. Jogging baik untuk Anda yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

- Renang
Dengan berenagn tidak hanya akan meningkatkan denyut jantung dan meningkatkan kesehatan jantung Anda tetap  air juga memberikan resistensi multi-arah yang akan meningkatkan kekuatan otot Anda. Berenang adalah alternatif yang aman jika Anda memiliki sendi yang bermasalah karena berjalan atau berlari dapat memperburuk keadaan sendi  Anda.

- Bersepeda
Aktivitas kardiovaskular lain yang baik adalah  bersepeda.  Bersepeda dapat dilakukan diluar ruangan atau  di gym, di spin dan termasuk olah raga low impact sehingga bail juga buat orang yang mengalami masalah dengan persendian. Bersepeda secara teratur akan membantu memperkuat jantung.

- Senam Jantung Sehat
Latihan  aerobik berupa senam jantung sehat baik dilakukan secara berkelompok.  Senam jantung sehat ini dirancang dengan gerakan yang fokus pada jantung.
Jenis pelatihan tidak hanya akan membuat Anda termotivasi untuk latihan, itu akan meningkatkan kekuatan otot Anda kekuatan, ketahanan dan kesehatan jantung.

- Yoga
Yoga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung karena dengan latihan pernafasan Yoga dapat mengurangi stres dan tekanan. Dalam studi, penelitian di India terhadap orang-orang berpenyakit jantung terbukti bahwa  dengan latihan Yoga mampu mengurangi resiko terjadinya serangan jantung.

"She smiled, and there it was again, that aching pressure in his chest. Love, or a heart attack. Kind of the same thing." - Kristan Higgins

No comments:

Post a Comment