Monday, July 10, 2017

Marshmallow....Permen Unik

Habis makan marshmallow iseng-iseng nyari info buat nulis artikel tentang permen unik ini. Unik karena marshmallow ini sangat ringan seperti busa tetapi ketika dibakar atau dipanggang teksturnya berubah menjadi kenyal. Sebelumnya saya berpikir kalau marsmallow ini berasal dari Eropa atau Amerika. Tapi ternyata marshmallow adalah permen yang berasal dari Mesir kuno.  Marshmallow berasal dari getah tanaman Marsh-Mallow yang tumbuh di rawa-rawa di Mesir. Dahulu di Mesir Marshmallow termasuk makanan langka sehingga hanya Firaun yang bisa menikmatinya. 

Pada tahun 1800, pembuat permen di Perancis menggabungkan getah marshmallow dengan putih telur dan gula untuk menciptakan marshmallow seperti yang kita tahu sekarang. Permen ini pun menjadi popular dengan cepat. Para dokter juga menggunakan getah marshmallow yang dicampur dengan putih telur dan gula untuk membentuk meringue keras yang dijual sebagai permen obat untuk menenangkan sakit tenggorokan, menekan batuk dan menyembuhkan luka.

Kemudian tahun 1927, buku The Girl Scout Handbook dipublikasikan untuk pertama kalinya, buku ini berisi resep untuk marshmallow panggang dikombinasikan dengan cokelat dan biskuit.

Tahun 1948,  Alex Doumakes (Doumak, Inc,) mematenkan proses ekstrusi permen marshmallow, merevolusi produksi marshmallow dengan membuatnya cepat dan efisien. Dalam ekstrusi, campuran marshmallow ditekan melalui tabung, kemudian potong dengan ukuran yang sama, didinginkan dan dikemas. Proses baru ini memungkinkan untuk membuat permen marshmallow dalam jumlah banyak untuk dipasarkan. Tentunya sekarang ini permen marsmallow sudah mendunia dan jenis serta rasa yang ditawarkan sudah lebih beraneka ragam.

"Sarcastic people tend to be marshmallows underneath the armor." - Stephen King

"When life is easy, it just like a fresh marshmallow but when life getting hard it's taste like bake marshmallow." - Wahyuni

No comments:

Post a Comment