Thursday, July 27, 2017

Tips Sehat : Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

Kopi yang merupakan salah satu minuman paling populer saat ini adalah penemuan tidak disengaja. (baca juga : Fakta Unik Tentang Kopi).  Tahukah Anda kandungan kafein pada kopi memiliki beberapa efek positif pada sistem saraf, antara lain dapat menyegarkan pikiran. Kopi dapat dinikmati  panas atau dengan es, dengan atau tanpa gula namun satu hal yang pasti: Kopi memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Apa saja manfaat dari minum kopi? Berikut ini silahkan Anda simak beberapa manfaat kopi untuk kesehatan :

1. Minum kopi dapat menyegarkan pikiran.
Untuk sebagian orang minum secangkir kopi dipagi hari dapat membantu mereka untuk lebih fokus karena pikiran menjadi lebih segar. Hal ini disebabkan karena kafein yang terkandung dalam kopi merupakan stimulan ringan yang memberi efek positif terhadap saraf.

2. Membantu menangkal depresi.
Kopi memiliki efek meningkatkan suasana hati. Sebuah studi dari Harvard School of Public Health, yang diterbitkan dalam Archivesof Internal Medicine, menemukan bahwa wanita yang secara teratur minum kopi berkafein  memiliki risiko terkena depresi  20% lebih rendah dibandingkan non-peminum kopi. Penelitian ini melibatkan sekelompok wanita selama 10 tahun, menemukan bahwa kopi yang dikonsumsi adalah satu sampai enam cangkir per hari

3. Membantu menjaga berat badan.
 "Ketika Anda minum kopi setelah makan, hal itu menyebabkan tubuh Anda untuk lebih lambat memproses makanan yang Anda makan," kata Chris Kilham, peneliti medis, pendiri Medicine Hunter,Inc dan penulis Psyche Delicacies.

4. Meningkatkan kesuburan pada pria.
Penelitian lain telah menunjukkan bahwa kafein memiliki efek positif pada motilitas sperma, kemampuan sperma untuk bergerak ke arah telur. "kata John Wilcox, MD, FACOG, managing partner dan endokrinologi reproduksi di HRC Fertilitas di California. Bahkan, sebuah penelitian yang dilakukan di University of Sao Paulo menemukan bahwa motilitas sperma itu nyata lebih tinggi pada peminum kopi dibandingkan non peminum kopi.

5. Mengurangi risiko kanker kulit.
Sebuah studi baru dari Brigham dan Rumah Sakit Wanita menemukan bahwa wanita yang minum lebih dari tiga cangkir kopi sehari memiliki risiko 20% lebih rendah terkena karsinoma sel basal, dan laki-laki memiliki 9% penurunan risiko. Namun, penelitian ini tidak menunjukkan bahwa konsumsi kopi mengurangi risiko karsinoma sel skuamosa atau melanoma yang merupakan bentuk kanker kulit paling mematikan.

6. Kopi tidak membuat ketergantungan
Banyak orang mengklaim bahwa mereka tidak bisa  melalui hari tanpa beberapa cangkir kopi, Liz Applegate, PhD, dosen dan direktur nutrisi olahraga di University of California di Davis, menjelaskan bahwa kafein tidak adiktif. "Kafein adalah stimulant ringan. Orang-orang dapat mengurangi atau menghilangkan kafein dari diet mereka tanpa masalah psikologis atau fisik yang serius yang akibat kecanduan.

"Coffee is a way of stealing time that should by rights belong to your older self." - Terry Pratchett

"Thinkin' of you just like drink a coffee...make me couldn't close my eyes." - Unique Daily Tips

No comments:

Post a Comment