Friday, September 1, 2017

Macam - Macam Diet




Banyak  orang yang salah kaprah mengenai diet, mereka berpikir bahwa diet adalah menahan lapar dan tidak makan seharian sehingga berat badan bisa turun. Padahal diet itu intinya mengatur pola makan, salah satunya dengan mengurangi porsi makan dari biasanya. Jadi Anda tetap bisa makan tetapi frekwensi dan porsinya dikurangi.  Anda jangan berpikir bahwa program diet dipenuhi dengan larangan makan nasi atau makanan-makanan yang Anda sukai setiap harinya. Sebenarnya tidak semua program diet seperti itu, baik-baiknya saja dalam memilih program diet yang sesuai dengan kemampuan dan juga seberapa jauh Anda ingin mendapatkan tubuh ideal sesuai keinginan Anda. (baca juga : 10 Makanan yang Cepat Menurunkan Berat Badan)

Berikut ini silahkan Anda simak beberapa cara diet yang perlu Anda ketahui :
1. The Fast Diet
The fast diet atau diet puasa atau juga disebut dengan 5:2 diet ini menganjurkan Anda hanya memakan 600 kalori selama dua hari lalu makan apapun makanan yang Anda sukai pada lima hari berikutnya seperti pizza, makanan cepat saji, dan lainnya. Tapi diet asal Inggris ini sangat tidak masuk akal dan mengandung pesan yang salah. Membatasi kalori yang masuk ke tubuh memang telah terbukti mampu memperpanjang umur dan membantu untuk membalikkan kerusahan tubuh yang disebabkan oleh gula dan makanan olahan. Tapi melakukan diet 5:2 bukanlah ide yang baik.

2. The Fast Metabolism Diet
The fast metabolism diet atau diet metabolisme cepat terfokus pada strategi sederhana untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Haylie Pomroy, penulis diet ini menyarankan orang-orang untuk tidak memakan makanan olahan, makanan cepat saji, gluten, susu, jagung, kafein dan alkohol. Diet ini fokus pada kualitas makanan dan tidak menghitung kalori tapj mengajarkan orang-orang tentang bagaimana tingkat metabolisme berpengaruh terhadap proses pembakaran lemak dan pembentukan otot. Tetapi perubahan pola makan yang dikonsumsi dari segi protein, lemak, dan karbohidrat akan sedikit susah diterapkan bagi beberapa orang.

3. The VB6 Diet
Diet VB6 atau Vegan Before 6pm sebenarnya bukan tentang diet, melainkan memikirkan kembali hubungan Anda dengan makanan. Mark Bittman, penulis program diet ini, menegaskan bahwa ide dasar diet ini adalah dengan menjadi vegan, tidak memakan makanan hewani sebelum jam 6 sore, tapi kemudian Anda dapat memakan apapun yang Anda inginkan sesudahnya. Mengurangi makanan yang berasal dari hewan sangat baik untuk berbagai alasan. Bittman menawarkan enam prinsip sederhana untuk meningkatkan kesehatan dan mencegah obesitas, yaitu :
1. Makan lebih banyak buah dan sayuran.
2. Mengurangi makanan produk hewani.
3. Tidak makan makanan cepat saji.
4. Memakan masakan rumah yang terbuat dari bahan-bahan segar.
5. Jangan berfokus pada berat badan, tapi kesehatan.

4. Diet Vegetarian
Hampir menyerupai  Diet VB6 atau Vegan Before 6pm tetapi tidak ada batasan jam makan. Diet vegetarian ini dilakukan dengan mengkonsumsi lebih banyak sayur-sayuran dan buah-buahan. Sehingga menjauhkan tubuh dari resiko terkena penyakit seperti kolesterol, diabetes dan obesitas. Karena sayur-sayuran cenderung memiliki kandungan seperti macam-macam vitamin, asam folat, magnesium serta sangat rendah kandungan lemak jenuhnya juga kolesterol yang tentunya bisa membantu menurunkan berat badan. Tetapi untuk beberapa orang pilihan menjadi vegetarian bukanlah hal yang mudah.

5. OCD
OCD atau Obsessive Corbuzier Diet adalah diet yang dipopulerkan oleh Deddy Corbuzier. Yang membedakan cara diet OCD dengan cara diet yang lainnya adalah dalam cara pengaplikasiannya, dulu diet ditentukan dengan pola makan yang terjaga, menghindari boleh makan makanan yang mengandung banyak karbohidrat, lemak dll. Namun dengan cara diet OCD ini Anda dibebaskan makan-makanan yang mengandung kolestrol dan karbohidrat tinggi tetapi ada batasan waktu tertentunya (rentan jendela waktu khusus). Maksudnya adalah selama jendela waktu makan yang dianjurkan oleh sang master maka anda dapat menyantap aneka macam makanan berkabohidrat tinggi, maupun makanan yang mengandung kolestrol. Dan pada rentang waktu selanjutnya anda diwajibkan untuk puasa penuh dari tetapi boleh mengkonsumsi air putih yang banyak, tujuannya agar tidak terjadi dehidrasi.

"Every weight loss program, no matter how positively it’s packaged, whispers to you that you’re not right. You’re not good enough. You’re unacceptable and you need to be fixed." - Kim Brittingham

"The devil has put a penalty on all things we enjoy in life. Either we suffer in health or we suffer in soul or we get fat." - Albert Einstein

"Why almost every woman so crazzy about diet...so desperate to be skinny? In fact, some of them look more amazing with their curve body..." - Unique Daily Tips

No comments:

Post a Comment