Tuesday, June 19, 2018

Fakta Unik Tentang Kopi

Kopi, minuman panas yang paling populer saat ini adalah penemuan tidak disengaja. Kopi mengandung kafein yang memiliki beberapa efek positif pada sistem saraf, antara lain dapat menyegarkan pikiran. Sekitar delapan puluh tiga persen orang dewasa di Amerika adalah peminum kopi. Kopi menjadi komoditas kedua yang paling diperdagangkan di dunia. Di Indonesia sendiri kopi menempati peringkat keempat terbesar di dunia dari segi hasil produksi dengan berbagai jenis kopi Indonesia dari ujung Sumatera hingga Papua.

Namun, ada beberapa fakta menakjubkan mengenai minuman ini yang mungkin tidak Anda ketahui. Berikut mari kita simak beberapa fakta unik dan menarik tentang kopi :

  1. Menurut sejarawan, kopi pertama kali ditemukan oleh kawanan kambing gembala di Ethiopia yang menemukan kacang yang kemudian disebut sebagai biji kopi.
  2. Kopi merupakan komoditas ekspor tertinggi kedua di dunia setelah  minyak bumi.
  3. Ada sekitar lima puluh spesies yang berbeda dari kopi. Di berbagai belahan dunia, biji kopi ini tumbuh secara alami.
  4. Kopi dapat membunuh Anda jika jumlahnya melebihi batas aman. Dosis mematikan kopi untuk orang dewasa adalah 100 cangkir perhari.
  5. Tanaman kopi dapat tumbuh setinggi 30 kaki tetapi dipangkas sampai 10 kaki saja untuk mempermudah pada saat panen.
  6. Seorang kopi-lover membuat rekor dunia mengkonsumsi kopi. Dia minum 82 cangkir kopi dalam 7 jam berturut-turut.
  7. Penduduk New York mengkonsumsi kopi 7 kali lebih banyak daripada orang-orang dari kota-kota Amerika Serikat lainnya.
  8. Afrika, Brazil, dan Kolombia menghasilkan lebih dari 40 persen dari kopi di dunia.
  9. Hawaii adalah satu-satunya negara bagian Amerika Serikat yang menghasilkankopi secara komersial.
  10. Finlandia, Swedia, Norwegia dan Denmark adalah 4 negara konsumen kopi terbesar di dunia.
  11. Ekspor kopi Indonesia pertama dilakukan pada tahun 1711 oleh VOC, dan menjadkan Kopi Jawa terkenal di Eropa. Sampai pertengahan abad ke 19 Kopi Jawamenjadi salah satu kopi terbaik di dunia.
  12. Kopi Luwak diekskresikan oleh spesies  kucing liar di Sumatera, Indonesia adalah kopi termahal di dunia dengan harga $3,000 perkilo.
  13. Baru-baru ini, para ilmuwan sedang meneliti tentang penggunaan lainnya dari biji kopi. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa biji kopi dapat menggantikanbahan bakar fosil dan bekerja di mesin motor pada abad berikutnya.
  14. Di Turki dan Yunani, kopi merupakan bagian dari budaya kuno mereka. Mereka selalu menyambut tamu mereka dengan kopi sebagai minuman selamat datang.
  15. George C Washington, seorang ahli kimia Inggris menemukan kopi instan di Guatemala pada tahun 1906 dan dipasarkan secara komersial pada tahun 1909.


"As long as there was coffee in the world, how bad could things be?" - Cassandra Clare

"If you tell me what kind of coffee you like... I will tell what kind of person you are." - Wahyuni

No comments:

Post a Comment