Tuesday, June 5, 2018

Tips Sehat : 12 Manfaat Mengkonsumsi Teh Hijau

Siapa sih yang tidak kenal teh? Pagi hari nonton berita ditemani secangkir teh hangat dan cemilan favorit...hmm perfect hehehe. Well, kali ini saya akan berbagi sedikit informasi mengenai teh hijau. Teh hijau adalah minuman super yang luar biasa. Berkat kandungan nutrisi ampuh dari tanaman yang disebut epigallocatechin gallate atau EGCG dari teh hijau membuktikan bahwa minuman ini menjadi salah satu obat terbaik dan sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut adalah 12 alasan mengapa mengkonsumsi teh hijau baik untuk kesehatan :

1. Kandungan EGCG dalam teh hijau seperti katekin membantu mengaktifkan pembakaran lemak dalam perut sehingga mampu mempercepat penurunan berat badan sebesar 77 persen. (penelitian di Tufts University)

2. Teh hijau dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh karena EGCG membantu mencegah penumpukan lemak di arteri dan mencegah penyakit kardiovaskular. (Journal of Biological Chemistry)

3. Teh hijau kaya akan antioksidan.

4. Mencegah terjadinya kerusakan kulit. EGCG pada teh hijau mengandung vitamin E 200 kali lebih kuat sehingga mampu melawan radikal bebas yang merusak kulit.

5. Minum teh hijau secara rutin dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

6. Teh hijau dapat mencegah diabetes. Polifenol teh hijau menghambat amilase, dan sehingga dapat membantu menurunkan tingkat gula darah.

7. Menghambat pertumbuhan kanker payudara yang lambat. Menurut penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal Experimental Cell Research menemukan bahwa
EGCG menghambat metabolisme sel kanker pada tumor payudara.

8. Teh hijau membantu melindungi kulit terhadap kerusakan akibat terpapar sinar UV.

9. Teh hijau  membantu tubuh menghasilkan energi yang stabil dengan menyeimbangkan kadar gula darah.

10. Penelitian menunjukkan bahwa zat-zat yang kerkandung dalam teh hijau mampu melawan pertumbuhan sel kanker paru-paru. (Cancer Prevention Research).

11. Teh hijau dapat mencegah bau mulut. Minum teh hijau dapat membantu membunuh bakteri mulut yang menyebabkan gigi berlubang dan bau mulut.

12. Membantu mengurangi stress. Teanine dalam teh hijau telah terbukti untuk menghasilkan efek menenangkan. Minumlah beberapa cangkir teh hijau untuk menbantu meredakan stress.

''A cup of green tea is a good way to start your day''. Semoga artikel diatas bisa berguna buat Anda.

No comments:

Post a Comment