Tuesday, July 3, 2018

14 Fakta Menarik Tentang Tertawa

Tertawa adalah perilaku naluriah manusia dan diakui oleh orang-orang dari semua budaya. Seperti halnya menangis, tertawa juga memiliki dampak yang sangat positif bagi tubuh. Seperti kata pepatah,"tertawa adalah obat terbaik" dan ternyata itu bukan sekadar omong kosong.
Saat kita tertawa, tubuh menghasilkan gerak wajah dan suara yang dapat 'memijat' dan merelaksasi tubuh. Selain itu, banyak anggota tubuh lain yang juga ikut berperan aktif, seperti abdomen, rongga diafragma, pernapasan, kaki, dan otot-otot belakang.

Banyak sekali data menarik tentang tertawa, berikut ini silahkan Anda simak 14 fakta menarik dan menyenangkan tentang tertawa :


  1. Vanderbilt University, melakukan penelitian kecil di mana ia mengukur jumlah kalori yang dikeluarkan dalam tertawa.  Ternyata 10-15 menit tawa membakar 50 kalori
  2. Terapi tertawa dapat mengurangi depresi pada manusia usia lanjut.
  3. Dalam kelompok, wanita tertawa lebih daripada pria. Perempuan juga tertawa lebih pada laki-laki lebih banyak dibanding pria menertawakan wanita
  4. Tertawa itu sifatnya menular. Artinya cukup dengan melihat seseorang tertawa, kita bisa ikut tertawa. - Tertawa itu menular. Suara tawa sering memicu tawa.
  5. Tertawa bersama-sama dapat meningkatkan rasa keterikatan satu sama lain antara sahabat/teman.
  6. Tertawa secara teratur dapat memperlancar aliran darah dan meningkatkan kesehatan sistem kardio vaskuler
  7. Tertawa dapat meningkatkan daya ingat dan fokus belajar pada pelajar/ mahasiswa.
  8. Tertawa dapat meningkatkan kreatifitas, kemampuan mengingat sesuatu dan konsentrasi.
  9. Tertawa dapat mengurangi insomnia dan meningkatkan kualitas tidur.
  10. Tertawa ternyata dapat mengurangi produksi hormon kortisol yang sering menyebabkan stress.
  11. Tertawa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga jarang terkena infeksi.
  12. Tertawa dapat melatih otot-otot di diafragma, dinding perut, pernafasan, wajah, kaki dan punggung. Kalori pun ternyata terbakar ketika kita tertawa minimal 1 jam.
  13. Studi di Spanyol menyebutkan bahwa tertawa dapat mengurangi rasa sakit/nyeri selama 45 menit. Tertawa juga mengurangi keluhan nyeri pada sendi otot kronis.
  14. Tertawa membuat Anda lebih rileks dan bahagia.

"I love people who make me laugh. I honestly think it's the thing I like most, to laugh. It cures a multitude of ills. It's probably the most important thing in a person." - Audrey Hepburn

"Even in worst time I always try to laugh, because it give me more energy." - Unique

No comments:

Post a Comment