Monday, July 23, 2018

Tips Menghindari Dampak buruk Sinar Matahari

Mengapa sinar matahari tidak baik untuk kulit?
Tahukah Anda, sinar matahari yang aman untuk kulit dan mengandung vitamin D yaitu pukul 07.00 sampai 10.00. Selebihnya?
Sinar matahari disebut juga ultraviolet atau sinar ultraviolet dan bersifat merusak kulit. Paparan sinar ultraviolet tanpa menggunakan pelindung dalam durasi waktu yang pendek dapat menyebabkan kulit terbakar dan menjadi lebih kecoklatan. Sedangkan paparan dalam waktu yang lama tanpa pelindung kulit dapat menyebabkan kanker kulit.

Melindungi kulit dari sinar matahari perlu diperhatikan sejak dini. Bagaimana cara melakukannya? Berikut ini beberapa cara praktis untuk melindungi kulit Anda dari bahaya sinar matahari serta mengurangi risiko terkena kanker kulit.


1. Batasi waktu terkena sinar matahari secara langsung, terutama antara pukul
10.00 hingga 16.00. Karena pada saat itulah radiasi ultraviolet (UV) yang berbahaya
sedang pada puncaknya.

2. Sebelum Anda melakukan aktivitas di luar ruangan, gunakan tabir dengan tingkat SPF 15 atau lebih. Gunakan juga tabir surya yang mampu melindungi dari radiasi UVA dan UVB. Oleskan tabir surya ke permukaan kulit sekitar 20 menit sebelum Anda terkena sinar matahari, lalu oleskan kembali setelah 20 menit terkena sinar matahari langsung.

3. Bila Anda akan terkena sinar matahari dalam waktu yang lama, oleskan lagi tabir surya setiap dua jam sekali sewaktu berada di luar ruangan, khususnya jika sedang berenang atau berkeringat. Tabir surya mudah terhapus karena keringat dan handuk.

4. Kenakan pakaian yang melindungi kulit seperti topi lebar, kaca mata hitam dengan lensa pelindung anti UV, celana panjang dan pakaian lengan panjang.

5. SPF tabir surya. Pilih tingkat Sun Protection Factor (SPF) yang mengindikasikan jumlah waktuyang membuat Anda dapat tetap berada di bawah sinar matahari. Contohnya, SPF 15 artinya Anda bisa berada di bawah sinar matahari 15 kali lebih lama dari biasanya. Jadi bagi orang yang bisa merasakan kulitnya terbakar dalam 10 menit, maka SPF 15 bisa melindungi kulit Anda sementara selama 150 menit.

6. Memakai Payung
Memakai payung saat keluar rumah di siang hari yang panas juga dapat Anda lakukan untuk menghindari paparan sinar matahari.

Demikianlah beberapa pengetahuan agar Anda terhindar dari dampak buruk dari sinar matahari yang bisa menimbulkan berbagai penyakit. Mulailah dari sekarang agar Anda terlindung dari bahaya sinar matahari yang dapat merusak kulit.

1 comment: