Friday, July 13, 2018

Tips Sehat : Manfaat Berenang



Tahukah Anda bahwa berenang adalah olah raga air yang menyenangkan dan sangat bermanfaat bagi kesehatan. Olah raga ini dapat meningkatkan kekuatan otot, menghilangkan stres, nyeri punggung, menambah tinggi badan dan baik dilakukan untuk penderita  obesitas. Berenang dengan cara tertentu juga baik untuk ibu hamil loh. Menurut sebuah studi yang dilakukan di University of Extremadura di Spanyol, berenang di air hangat bisa meringankan rasa sakit-sakit pada tubuh.

Berenang alah olahraga air ini memiliki banyak kelebihan yang memberi segudang manfaat bagi kesehatan Anda. Untuk lebih jelasnya berikut ini silahkan Anda simak apa saja manfaat berenang :

- Mencegah Obesitas :
Berenang adalah latihan yang sangat bermanfaat untuk mengurangi berat badan/obesitas. Olahraga ini membakar lebih banyak kalori dalam tubuh kita, karena lebih banyak bagian tubuh yang berbeda yang ikut dalam proses tersebut. Anda bahkan bisa membakar hingga 800 atau 900 kalori hanya dalam satu jam berenang. Bagi sebagian orang melakukan rutinitas berenang untuk menjaga agar badan tetap fit dan ramping.

- Menguatkan Otot -otot
Orang yang berenang secara teratur umumnya memiliki jantung yang kuat dan stamina otot yang lebih baik, selain itu olahraga ini dipercaya dapat membantu menyembuhkan otot yang terluka lebih cepat dan efektif. Satu studi menemukan, seseorang yang menyelesaikan program latihan renang selama 8 minggu mengalami peningkatan massa otot trisep sebesar 23.8%. Selain itu, berenang secara cepat dengan ritme yang teratur dapat meningkatkan tiga hal: Ketahanan kardio, kekuatan dan ketahanan otot.

- Meningkatkan Fleksibilitas, Postur, dan Keseimbangan
Berenang tak hanya bagus untuk otot, tapi juga meregangkan serat otot dan ligamen, membantu mempertahankan ketegangan di tendon yang mendukung gerakan tubuh. Berenang adalah satu-satunya latihan low impact yang bekerja untuk seluruh tubuh pada saat bersamaan. Dengan demikian, berenang memaksa tubuh menyesuaikan diri secara alami, sehingga inti tubuh dan punggung lebih kuat.

-Menghilangkan/Mengurangi Stres.
Benang adalah kegiatan yang dapat membuat Anda merasa rileks dan meningkatkan energi Anda. Banyak orang yang telah mendapatkan diri mereka terbebas dari stres dan kekhawatiran setelah berenang dengan cara yang baik. Centers for Disease Control and Prevention Amerika Serikat membuktikan bahwa olahraga air memiliki dampak positif untuk kesehatan mental.

- Baik Untuk Persendian
Jika khawatir dengan persendian di lutut, beralihlah ke air. Berenang merupakan latihan low impact yang bisa mendukung hingga 90 persen berat badan Anda. Minim risiko cedera. Saat di air, tubuh Anda terasa lebih ringan karena distribusi berat yang harus ditopang oleh tubuh berkurang hingga 50%. Otot dan persendian pun menerima tekanan yang lebih sedikit ketimbang saat melakukan aktivitas di darat. Dampaknya jika dilakukan dengan teknik yang benar  Anda menghadapi risiko cedera yang lebih sedikit dibandingkan olahraga lain yang dilakukan di atas air.

- Meredakan Sakit Punggung :
Semenjak berenang diketahui tidak meregangkan jaringan ikat tubuh, itu adalah olahraga yang baik terutama bagi orang-orang penyandang cacat. Berenang juga bisa membantu individu yang menderita nyeri kaki hingga punggung bagian bawah, arthritis dan osteoporosis.

- Menambah Tinggi Badan
Anak-anak dan remaja yang dalam masa pertumbuhan akan mendapat hasil yang luar biasa dengan berenang, karena olahraga ini akan membantu membangun otot dan membantu pertumbuhan tulang. Anak-anak yang berenang secara rutin telah diketahui tumbuh lebih tinggi daripada penambahan berat badan berlebih.

- Membantu Hidup Lebih Lama
Kedengarannya luar biasa, tapi berenang telah terbukti mengurangi risiko kematian hingga 50 persen. Sebuah penelitian di University of South Carolina diikuti 40.000 orang, mulai usia 20 tahun hingga 90 tahun menemukan, mereka yang berenang memiliki risiko kematian 50 persen lebih rendah dibanding pelari, pejalan kaki, atau mereka yang melakukan latihan. Penelitian menemukan bahwa orang yang biasa berenang, secara biologis lebih muda hingga 20 tahun dari umur mereka sebenarnya. Data penelitian yang dipresentasikan pada American College of Sports Medicine Conference pun menunjukkan bahwa tekanan darah, tingkat kolesterol, performa kardiovaskular, sistem saraf pusat, dan fungsi kognitif para perenang bisa bersaing dengan orang yang jauh lebih muda. Woww...!!


Baik untuk Anda ketahui :
Sangat penting untuk menerapkan tabir surya sebelum jika Anda berenang di luar ruangan, karena hal ini akan mengurangi panas matahari yang membakar kulit. Anda juga perlu untuk melindungi diri Anda dari berbagai macam bakteri, kuman air dan mikroorganisme lain yang ditemukan dalam air laut, danau, kolam renang, dan bahkan mata air.

No comments:

Post a Comment