Saturday, July 21, 2018

Uniknya Heterochromia : Memiliki Dua Warna Mata Yang Berbeda


Kali ini Unique Daily Tips akan membahas masalah Heterchromia. Anda ingin tahu apa itu Heterchromia? Silahkan disimak yah.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa umumnya orang-orang Asia memiliki iris mata yang berwarna hitam atau cokelat, sementara orang Eropa umumnya memiliki warna berwarna biru. Namun tahukah Anda sekalian bahwa di dunia ini ada orang yang lahir dengan dua warna mata yang berbeda? Unik!! Di jaman dulu saat dunia medis belum berkembang seperti sekarang ini orang yang memiliki warna mata yang berbeda bisa disebut sebagai penyihir, manusia jadi jadian dan lain lain hehe

Dalam dunia medis, memiliki dua warna mata yang berbeda disebut Heterochromia Iridium. Misalnya mata kiri berwarna abu abu sementara mata kanan berwarna biru atau mata kanan berwarna coklat dan mata kiri berwarna biru tua.Warna mata ditentukan oleh jumlah melanin, suatu pigmen coklat gelap, yang terdapat dalam bagian mata yang disebut "iris". Mata berwarna biru disebabkan oleh sedikitnya jumlah melanin, sementara mata berwarna coklat menunjukkan iris dengan kandungan melanin yang banyak. Umumnya orang-orang dengan warna rambut dan kulit yang lebih gelap memiliki lebih banyak melanin sehingga mereka memiliki mata yang berwarna coklat, sementara orang dengan warna rambut dan kulit yang lebih pucat memiliki jumlah melanin yang lebih sedikit sehingga biasanya memiliki warna mata yang lebih terang.

Setap individu memiliki jumlah melanin yang berbeda pada setiap iris di mata mereka, maka mata mereka pun akan memiliki warna yang berbeda. Hal ini disebut sebagai Heterochromia Iridium. Heterochromia Iridium ini secara relatif termasuk jarang untuk manusia, tetapi hal ini termasuk kejadian umum pada beberapa binatang seperti kuda, kucing dan beberapa spesies anjing.

Heterochromia Iridium diduga sebagai akibat dari perubahan pada satu dari beberapa gen yang mengatur warna mata. Heterochromia Iridium ini juga bisa merupakan keturunan, walaupun trauma dan beberapa jenis pengobatan dapat juga mengakibatkan peningkatan maupun penurunan pigmentasi pada salah satu iris. Beberapa jenis sindrom medis, misalnya Waardenburg Syndrome, juga dapat mengakibatkan seseorang untuk memiliki dua warna mata yang berbeda. Gen, tentu berperan dengan terjadinya ketidakseimbangan jumlah melamin pada kedua mata. Heterochromia Iridium juga bisa disebabkan karena keturunan.

Berikut ini beberara tokoh terkenal, aktris, aktor dan seniman yang mengalami heterchromia :

  • Kate Bosworth – Mata kanan separuh biru dan coklat, Mata kiri biru
  • Jane Seymour – Mata kanan separuh coklat dan hijau, Mata kiri hijau
  • Mila Kunis – Mata kanan hijau, Mata kiri Hazel
  • Demi Moore - Mata kanan hazel, Mata kiri hijau
  • Alice Eve – Mata kanan hijau, Mata kiri biru
  • Elizabeth Berkley –  Mata kanan separun coklat dan hijau, Mata kiri hijau
  • Jessica Cauffiel – Mata kanan hijau, Mata kiri separuh coklat dan hijau
  • Idina Menzel – sectoral heterochromia
  • Henry Cavill –  Mata kanan biru, Mata kiri separuh coklat dan biru
  • Jonathan Rhys Meyers – Mata kanan biru, Mata kiri separuh hazel dan biru
  • Josh Henderson –  Mata kanan biru, Mata kiri hijau
  • Keifer Sutherland – sectoral heterochromia

Jadi mereka yang mengalami fenomena Heterchromia bukanlah penyihir atau keturunan penyihir atau manusia jadi jadian atau terkena kutukan anu hehehe.... Hal ini murni masalah medis. Mudah-mudahan artikel ini berguna untuk Anda. Thanks ^^

2 comments:

  1. kereeenn, apa mata ini memiliki kelebihan seperti rinegan, saringgan, byakugan atau tenseigan?
    Inzanami

    ReplyDelete