Monday, August 13, 2018

88 Fakta Unik dan Menarik Tentang Indonesia





















15. Sebelum digunakan oleh pemerintah Indonesia, Istana Kepresidenan Bogor digunakan sbg rumah peristirahatan Gubernur Jenderal Belanda. Tercatat 44 orang Gubernur Jenderal Belanda pernah menjadi penghuni istana yang pada masa penjajahan bernama Istana Buitenzorg.

16. Istana Kepresidenan Tampaksiring merupakan satu-satunya Istana RI yang dibangun setelah Indonesia Merdeka, tepatnya pada tahun 1957.

17. Mobil dinas Kepresidenan RI yang pertama adalah mobil Buick keluaran tahun 1939 yang digunakan Alm. Bung Karno. Sedangkan Alm. Bung Hatta menggunakan mobil dinas De Soto.

18. 21 Jumlah dentuman meriam yang dibunyikan untuk menyambut tamu negara yang merupakan kepala negara. Sedangkan untuk menyambut tamu negara yang merupakan kepala pemerintahan di bunyikan 19 kali dentuman meriam.

19. Wikipedia bahasa Indonesia yang menduduki peringkat ke 26 di dunia dan Terbesar Ketiga di Asia.

20. Bahasa Indonesia bahasa ketiga yang paling banyak digunakan pada wordpress.

21. Jamrud  Khatulistiwa Julukan ini diberikan dunia kepada Indonesia karena letak geografis Indonesia yang dilintasi oleh garis khatulistiwa dengan penampakan alam yang sangat hijau seperti jamrud.

22. Nusantara adalah julukan yang di sematkan oleh kerajaan majapahit terhadap wilayah Indonesia dari Sumatra sampai Papua dalam literature bahasa Jawa. Selain itu, Thailand juga menyebut Indonesia dengan julukan Nusantara merunut pada sejarah kerajaan Majapahit dulu.

23. Negara Agraris julukan ini mengacu pada kenyataan bahwa lahan pertanian Indonesia sangat luas dengan sebagian besar mata pencaharian penduduk kita sebagai petani Negara Maritim Julukan ini mengacu pada kenyataan perairan Indonesia yang luas.

24. Negara Nyiur. Julukan ini disematkan karena Indonesia adalah Negara maritim yang otomatis ditumbuhi oleh pohon-pohon kelapa.

25. Heaven Earth. Julukan ini diberikan kepada Indonesia karena banyak Negara dunia iri dengan kekayaan alam Indonesia yang subur dengan hasil bumi yang melimpah dan pemandangan yang memanjakan mata.

26. The Big Mouslem Population. Ini julukan yang diberikan orang musim dunia kepada Indonesia atas kekaguman mereka terhadap kuantitas pemeluk agama Islam di Indonesia.

27. Our Large Neighbour to North and Our Nearest Asian Neighbour. Ini julukan yang diberikan pemerintah Australia melihat Indonesia adalah Negara asia tetangga terbesar dan terdekat secara letak geografis dengan Australia.

28. Balinesia. Julukan Ini diberikan oleh para tourist yang mengagumi penampakan alam saat berkunjung ke bali. Dengan catatan sebenarnya para tourist itu tidak tahu jika bali adalah bagian dari indonesia

29. Macan Asia yang Tertidur. Julukan aslinya adalah Macan Asia. tapi julukan ini berubah menjadi Macan Asia yang tertidur pada era modern. Ini julukan yang diberikan oleh Negara-negara asia terhadap Indonesia karena Indonesia diakui memiliki potensi menjadi sebuah negeri adidaya.

30. Mafia Asia. Julukan ini diberikan karena indonesia menjadi penggerak pembahasan masalah-masalah di Asia.

31. Negara Seribu Candi. Julukan negeri seribu candi diberikan dunia kepada Indonesia berawal dari dipilihnya candi Borobudur sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia.

32. Negara Seribu Pulau. Julukan ini diberikan melihat Indonesia terdiri dari ribuan pulau sekaligus menegaskan bahwa Indonesia adalah Negara kepulauan dengan jumlah pulau terbanyak di dunia.

33. Negara Megabiodiversitas. Julukan ini diberikan kepada Indonesia karena para peneliti dunia kagum akan keanekaragaman Flora dan Fauna yang ada termasuk spesies purba dan spesies langka di Indonesia seperti Komodo, Anggrek Hitam dan Raflessia Arnoldi.

34. Indonesia merupakan negara pertama di Asia yang berhasil tembus ke Piala Dunia, tepatnya pada tahun 1930 yang ketika itu Indonesia masih bernama Hindia Belanda.

35. Suporter Indonesia termasuk dalam 10 Suporter Terbesar & Terfanatik di Dunia di posisi 3. Franz Beckenbauer mengatakan bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang mempunyai supporter terloyal. Dan hal itu dibuktikan dengan tingginya angka rata-rata kepadatan stadion di Indonesia yang bisa mencapai 96%.

36. Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) termasuk dalam 10 stadion terbaik di Asia dan 10  terbesar dunia.

37. Sepakbola mulai berkembang di Indonesia pada akhir tahun 1920-an dan awalnya dikenal dengan istilah voetbal dari Bahasa Belanda.















































No comments:

Post a Comment