Wednesday, August 1, 2018

ASEAN (Association of Southeast Asian Nations)


47 tahun yang lalu tepatnya tanggal 8 Agustus 1967 merupakan hari bersejarah, karena pada hari itu terbentuklah perkumpulan negara-negara di Asia Tenggara yang diberi nama ASEAN atau Association of Southeast Asian Nations. ASEAN didirikan di Bangkok dan diprakarsai oleh 5 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand melalui Deklarasi Bangkok. Negara di kawasan Asia Tenggara. Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya, serta memajukan perdamaian di tingkat regionalnya. ASEAN
mendapat anggota baru pada tanggal 7 Januari 1984 yaitu Brunai Darussalam, disusul oleh Vietnam sebagai anggota baru ASEAN yang ketujuh pada tanggal 28 Juli 1995 dan hingga sampai saat ini, anggota ASEAN adalah semua Negara di Asia Tenggara, kecuali Timor Leste dan Papua Nugini.


Perkembangan terakhir mengindikasikan bahwa Timor-Leste sangat berminat untuk menjadi anggota ASEAN. Bahkan Pemerintah Timor-Leste melalui Kementerian Luar Negerinya telah menargetkan bahwa Timor-Leste akan menjadi anggota ASEAN pada tahun 2012, hal ini sangat di dukung oleh pemerintah Indonesia juga negara-negara anggota ASEAN lainnya seperti Filipina, Malaysia, Thailand, Singapura dan lain-lain. Hal ini dapat dilihat bahwa Pemerintah Timor-Leste juga telah membuka Sekretariat Nasional ASEAN di Dili pada awal bulan Februari 2009, dimana sekretariat ini akan berfungsi untukmempersiapkan tahapan-tahapan menjadi keanggotaan ASEAN. Namun kenyataannya sampai hari ini Timor Leste belum menjadi anggota ASEAN.



No comments:

Post a Comment