Saturday, August 11, 2018

Menikmati Indahnya Wisata Alam Rammang-Rammang




Ternyata, selain terkenal dengan permandian alam Bantimurung, Maros juga menyimpan obyek wisata alam lainya yaitu Rammang-Rammang dengan gugusan Pegunungan Kapur (karst). Rammang-Rammang ini tepatnya berada di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros yang kurang lebih sekitar 40 km arah utara Kota Makassar. Buat Anda yang ingin mengisi liburan bersama teman atau keluarga mungkin mengunjungi Objek wisata Rammang-Rammang bisa menjadi salah satu pilihan. Selain tempatnya yang tidak terlalu jauh dari Makassar, tidak ada salahnya untuk beberapa waktu mengalihkan pandangan dari hiruk pikuknya kota Makassar.

Rammang-Rammang menurut Bahasa Makassar, artinya adalah awan atau kabut. Menurut cerita penduduk setempat, tempat ini diberi nama Rammang-Rammang dikarenakan awan atau kabut yang selalu turun terutama di pagi hari atau ketika hujan.

Lalu objek wisata apa saja yang bisa Anda kunjungi di Rammang-Rammang? Ada beberapa pilihan objek wisata alam yang bisa ditemukan di tempat ini, yaitu Taman Hutan Batu Kapur yang hanya ada satu di Indonesia dan merupakan Hutan Batu Kapur terbesar/terluas ketiga di dunia, setelah Taman Hutan Batu Tsingy di Madagaskar dan Taman Hutan Batu Shilin yang ada di Tiongkok.  Kemudian ada Telaga Bidadari yang berada tepat di tengah-tengah bukit kapur dengan sebuah telaga ditegahnya. Bagi Anda yang suka dengan Sejarah ada 3 obyek  wisata pilihan yaitu, Gua Bulu' Barakka , Gua Telapak Tangan dan Gua Pasaung tempat situs prasejarah berupa cap tangan manusia purba dan gambar hasil karya manusia purba, berupa gambar hewan seperti kerbau, ikan, rusa, dangambar kegiatan manusia purba pada zaman dahulu pada dinding gua.  Untuk melengkapi wisala alam Rammang-Rammang  Anda juga wajib mengunjungi wisata Sungai  Pute beserta Kampung Berua, Anda dapat menyewa perahu katinting ini dengan biaya Rp. 150.000 - Rp. 250.000,  untuk satu kali perjalanan pulang-pergi dari dan ke Dermaga Ramang-Ramang. Total jarak perjalanan menyusuri Sungai Pute ini pulang pergi dari Dermaga Rammang-Rammang ke Dermaga Kampung Berua, lalu kembali lagi ke Dermaga Rammang-Rammang yaitu sekitar 3 km. Selama perjalanan Anda akan disuguhkan  pemandangan indah lainnya, karena di sepanjang tepian  sungai ditumbuhi pepohon nipah dan bakau, serta dihiasi pula oleh gugusan Taman Hutan Batu Kapur beserta gugusan pegunungan kapur yang berdiri tegak di tepi sungai. Bahkan pada beberapa lokasi Anda akan menemukan bebatuan yang berada di tengah sungai yang akan dilintasi oleh perahu, juga bebatuan kapur yang berada di tepi sungai dengan bentuknya yang unik.


Bagaimana,  Anda tertarik untuk menikmati keindahan alam Rammang-Rammang?

No comments:

Post a Comment