Wednesday, August 29, 2018

Tips Buat Pemegang Kartu Kredit Pemula

Masih ingat dengan film Confessions of a Sopaholic yang dibintangi oleh Isla Fisher dan Hugh Dancy? Film komedi romantis yang menceritakan seorang cewek bernama Rebecca Bloomwood yang sangat 'gila’ belanja dan tidak bisa mengendalikan diri dalam berbelanja sehingga harus berurusan dan dikejar - kejar dengan debt collector karena tidak bisa membayar semua utang kartu kreditnya yang sudah jatuh tempo. Hal seperti ini bukan hanya terjadi di dalam film loh tetapi juga di dunia nyata.
Hmmm….buat Anda - anda yang lagi happy karena aplikasi kartu kredit Anda akhirnya disetujui, jangan keburu senang yaah, seharusnya Anda lebih waspada karena bila Anda kurang bijak dalam menggunakan Kartu ajaib ini bisa saja Anda terjebak utang kartu kredit seperti yang dialami oleh jeng Rebecca Bloomwood.
Berikut ini beberapa tips yang perlu Anda ketahui agar  terhindar dari utang kartu kredit :

- Miliki satu kartu kredit saja
Punya 2 kartu kredit atau lebih mungkin terlihat keren pada saat membuka dompet iya nggak? Tapi buat pemegang kartu kredit pemula cukup dengan mempunyai 1 kartu kredit karena akan lebih mudah dalam mengontrol pemakaiannya.

- Kartu kredit bukan pengganti uang cash
Ingat, kartu kredit bukan penganti uang cash. Apabila Anda mempunyai dana yang cukup untuk membayar cash sebaiknya jangan gunakan kartu kredit Anda.

- Membayar  Penuh Tagihan
Usahakan untuk melunasi  tagihan tiap bulan. Bila tidak, barang yang Anda beli akan lebih mahal dari harga pembelian karena terkena bunga.

- Hindari Belanja Impulsif
Apabila Anda sedang tidak punya uang untuk membeli sesuatu, bukan berarti  Anda harus membeli dengan kartu kredit yang Anda miliki. Tanyakan pada diri Anda barang yang ada beli want atau need?

- Hindari  Tarik Tunai
“Mencekik leher” adalah kata yang tepat untuk menggambarkan beban Anda apabila anda nekat untuk melakukan tarik tunai kartu kredit. Selain dikenakan biaya administrasi, uang tersebut akan menjadi utang berbunga.

- Hindari  Denda
Terlambat membayar  tagihan dan transaksi over limit adalah dua hal penyebab popular terkena denda. Jumlahnya  pun lumayan besar.

- Memeriksa Tagihan
Agar Anda lebih yakin tidak ada kesaalahan ada baiknya Anda rutin memeriksa tagihan Anda. Simpan semua bukti  transaksi yang sudah Anda lakukan.  

"Stores are never nice to people. They're nice to credit cards." - J.F. Lawton

"Chased by a cute boy sound sweet, but chased by a debt collector it's like a never ending nightmare." - Unique Daily Tips 

Well, mudah - mudahan tips diatas berguna buat Anda.

No comments:

Post a Comment