Friday, September 28, 2018

Tips Merawat Barang Koleksi - Komik, Kaset dan Majalah

Setiap orang mempunyai hobi yang berbeda, menjadi kolektor adalah salah satunya. Puluhan ribu orang mengoleksi berbagai macam barang unik seperti kartu baseball, komik, buku, kaset, CD, majalah, koin antik, jam tangan dan lain lain. Bahkan para kolektor  ini beranggapan bahwa koleksi mereka adalah harta karun' yang tak ternilai harganya. Beberapa kolektor malah meluangkan waktu khusus untuk berburu barang koleksi mereka. Mempunyai hobi mengoleksi barang sebenarnya gampang-gampang susah karena perlu perhatian khusus terhadap barang koleksi agar tetap dalam kondisi yang baik dan terawat.

Berikut ini silahkan Anda simak beberapa tips untuk merawat dan menyimpan koleksi komik, kaset dan majalah :
 
Menyimpan koleksi di tempat yang kering
Komik, buku atau majalah terbuat dari kertas sehingga akan mudah rusak bila Anda menyimpannya di tempat yang lembab. Simpan koleksi ditempat yang kering sehingga terhindar dari rayap dan jamur.

Gunakan box penyimpanan dari bahan plastik atau kayu
Ketimbang box dari kardus, pilihlah tempat penyimpanan yang terbuat dari plastik atau kayu selain lebih tahan lama box penyimpanan berbahan dasar plastik atau kayu lebih mudah untuk dipindah tanpa mengganggu koleksi.

Pilih box penyimpanan berkualitas baik
Ingat, barang koleksi Anda adalah ‘harta karun' yang tak ternilai karena dibutuhkan usaha tersendiri untuk mengumpulkan barang koleksi tersebut. Sebaiknya Anda memilih box tempat penyimpanan dengan kualitas terbaik sehingga Anda tidak perlu terlalu sering menggantinya.

Hindari terkena sinar matahari langsung
Hindari menempatkan koleksi berupa komik, buku, kaset atau majalah dari sinar matahari langsung karena bila terlalu sering terkena cahaya matahari akan membuat warna majalah, komik atau kartu menjadi pudar.

"Waterproof" koleksi Anda.
Bila menginginkan koleksi komik, majalah atau kartu  Anda lebih terawat, tidak ada salahnya menyimpannya dalam sampul plastik transparan. Hal ini memang agak ribet tetapi koleksi Anda akan terhindar dari debu.

.Memeriksa koleksi dari waktu ke waktu.
Luangkan waktu Anda sesekali untuk memeriksa atau sekedar merapikan koleksi Anda dan memastikan bahwa koleksi Anda dalam kondisi baik.

Anti  Rayap
Berikan anti rayap di dalam box penyimpanan koleksi Anda terlebih lagi untuk koleksi yang berbahan kertas seperti komik, majalah atau kartu baseball.

Perlakuan khusus untuk koleksi spesial
Bila Anda mempunyai beberapa koleksi yang berharga atau langka, tidak ada salahnya jika  Anda memberikan perlakuan khusus. Anda bisa menyimpannya di kotak khusus tapi tidak terpisah dari koleksi yang lainnya.


"I don't have any expensive habits. I'm not a car collector or any of that nonsense. But I'd love to be incredibly wealthy for no reason at all." - John Lydon

"A real collector does not sell." - Eli Broad

"I'm not a collector,  but somehow I collecting so many beautiful memories in my head." -  Unique Daily Tips

Demikianlah sedikit tips untuk merawat koleksi. Semoga bermanfaat untuk Anda.

1 comment:

  1. Hidup lebih sehat jika tidak menggunakan plastik. Lingkunganpun menjadi lebih nyaman karena tidak ada limbah yang sulit dihancurkan.
    Jika Anda sedang mencari Dus Makanan yang dapat menambah nilai jual produk Anda. Maka Anda bisa mencoba menggunakan Greenpack.

    ReplyDelete