Sunday, October 7, 2018

Info Menarik : Mengapa Warna Paspor di Dunia Hanya ada 4 Warna Saja?




Pernahkah Anda bertanya dalam hati mengapa warna buku paspor di seluruh dunia terdiri dari empat warna saja? Apakah ada aturan resmi tentang penentuan warna tersebut?
Jawabannya ternyata tidak, melainkan sebatas konsensus internasional berdasarkan preferensi tertentu dari masing-masing negara.  (Baca juga : Tips Membuat Paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Makassar)


Di bawah ini, kami telah merangkum berbagai alasan di balik eksistensi empat warna buku paspor.  


1. Hijau
Buku paspor berwarna hijau cenderung dipilih oleh negara-negara Muslim karena berkaitan dengan kepercayaan bahwa Nabi Muhammad SAW sangat menyukai warna tersebut. Indonesia, meskipun mengusung Pancasila sebagai dasar negara, turut memilih paspor warna hijau mengingat posisinya sebagai negara dengan jumlah penduduk Muslim terbanyak di dunia.
Menariknya, selain negara Muslim, negara-negara di kawasan Afrika Barat juga menggunakan paspor warna hijau dengan alasan sebagai representasi kawasan hutan hujan tropis yang menaunginya.  


2. Merah
Publik umumnya mengetahui bahwa paspor berwarna merah biasanya digunakan oleh negara-negara bekas penganut paham komunis, seperti Polandia dan Republik Rakyat Tiongkok. Namun berbeda halnya dengan paspor merah milik negara-negara di kawasan Nordik, di mana alasannya merujuk pada warna kebanggaan bangsa Viking di masa lampau.
Menariknya, sentuhan warna merah juga dipilih oleh negara-negara Uni Eropa, lebih tepatnya warna burgundy (merah bercorak gelap). Beberapa negara yang ingin terafiliasi dengan Uni Eropa, seperti Turki dan Albania, juga memilih sentuhan warna merah pada cover buku paspornya.  


3. Biru
Paspor biru identik dengan Amerika Serikat (AS), di mana sebenarnya merupakan warna yang baru dipilih pada 1976 silam setelah sebelumnya mengenakan warna hijau. Selain AS, paspor biru juga digunakan oleh mayoritas negara di kawasan Karibia dan Amerika Selatan.
Untuk negara-negara di kawasan Karibia, warna biru merupakan perlambang identitas maritim. Sedangkan untuk negara-negara di Amerika Selatan, paspor biru merujuk pada warna federasi regional setempat, Mercosur.   


4. Hitam
Warna hitam paling jarang dipilih sebagai pembungkus paspor, kecuali beberapa negara di benua Afrika dan Selandia Baru. Khsuus untuk Selandia Baru, warna hitam merupakan warna nasional yang merujuk pada warna kebanggaan suku asli setempat, suku Maori.
Namun, jika Anda menemukan paspor hitam dibawa oleh orang-orang di luar pemilih warna terkait, berarti mereka memiliki status imunitas diplomatik yang tinggi, dan dapat melewati antrian imigrasi dengan cepat. Siapa saja mereka? Biasanya para pe mimpin negara atau petinggi organisasi internasional.  


Thanks for reading ^^

No comments:

Post a Comment