Friday, October 19, 2018

Mengenal Penyebab Sariawan

Saat sedang sariawan bener-bener siksaan buat saya. Mau senyum susah banget, bisanya cuma meringis. Belum lagi harus bisa menahan diri untuk tidak makan yang pedas-pedas termasuk sambel. Makanan seperti ayam goreng lalapan, bakso..coto...terpaksa ditahan dulu. Mau dipaksain makan bukan kenyang yang didapat tapi periihhnya minta ampun gara-gara kena sariawan. Belum lagi kalau sariawan yang di bibir atau di lidah tanpa sengaja tergigit...serasa pengen nangis hiks..hiks.

Menurut informasi yang saya baca, sariawan ini seringkali  muncul akibat kurangnya asupan vitamin C. Tapi...masa iya hanya itu penyebabnya? Meskipun sariawan sering dianggap biasa, namun sariawan juga bisa jadi masalah kesehatan yang sangat serius. Ternyata ada beberapa hal tak terduga yang juga bisa menyebabkan munculnya sariawan. Berikut silahkan Anda simak beberapa penyebab munculnya sariawan :

1. Tergigit
Sariawan karena tidak sengaja tergigit merupakan yang paling sering terjadi. Biasanya hal ini terjadi ketika Anda makan terburu-buru. Jadi, cobalah untuk makan perlahan.

2. Merokok
Tahukah Anda, merokok juga merupakan salah satu aktivitas yang bisa menyebabkan peradangan di dalam mulut. Jika Anda seorang perokok dan sering sariawan, sebaiknya konsultasi ke dokter karena bisa jadi itu merupakan gejala kanker mulut.

3. Makanan pedas
Makanan yang sangat pedas juga bisa menyebabkan sariawan. Sebab makan makanan pedas berlebihan dapat meningkatkan panas tubuh Anda. Akumulasi panas tubuh tersebut pada gilirannya nanti dapat menjadi penyebab sariawan.

4. Cedera saat menyikat gigi
Penyebab umum sariawan yang lain adalah menggunakan sikat gigi terlalu keras. Yang menyebabkan Anda bisa mengalami cedera saat sedang menyikat gigi. Hal ini juga dapat menimbulkan sariawan.

5. Genetik
Faktor ini dianggap mempunyai peranan sebagai penyebab sariawan. Apabila kedua orangtua sering menderita sariawan, besar kemungkinan hal yang sama terjadi pada anak-anaknya.

6. Stres
Stres merupakan respon tubuh dalam menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan  yang berpengaruh terhadap fisik dan emosi. Stres dinyatakan merupakan salah satu faktor yang berperan secara tidak langsung dapat menjadi salah satu penyebab sariawan.

7. Herpes
Waspada, herpes merupakan salah satu infeksi virus umum yang bisa juga menyebabkan sariawan atau luka di dalam mulut.

8. Defisiensi nutrisi
Sariawan dapat terjadi karena kekurangan nutrisi, antara lain defisiensi zat besi, defisiensi asam folat, defisiensi vitamin B12, defisiensi Zink. Faktor nutrisi lain yang berpengaruh pada timbulnya sariawan adalah vitamin B1, B2 dan B6.

9. Hormonal
Pada wanita, sering terjadi sariawan di masa pra-menstruasi. Bahkan banyak yang mengalaminya berulang kali, seperti saya, Keadaan ini diduga berhubungan dengan faktor hormonal. Hormon yang dianggap berperan penting adalah estrogen dan progesteron yang mengalami penurunan  secara mendadak sebelum menstruasi.

10. Alergi dan sensitivitas
Sariawan dapat terjadi karena sensitivitas jaringan mulut terhadap beberapa bahan yang ada dalam pasta gigi, obat kumur, lipstik, permen karet, bahan gigi palsu atau bahan tambalan, serta bahan makanan.

Mencegah sariawan dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan rongga mulut serta mengonsumsi nutrisi yang cukup. Mengkonsumsi makanan kaya serat seperti sayur dan buah yang mengandung vitamin C, terutama yang mengandung vitamin B12 dan zat besi.

1 comment:

  1. Ada info menarik nih bagi kalian yang sedang cari Box / Packaging Makanan untuk makanan lalapan.
    Selain keunggulan dan kualitas yang baik, Box ini juga unik. Coba deh liat di sini : http://www.greenpack.co.id/

    ReplyDelete