Wednesday, October 31, 2018

Tanda - Tanda Anda Kekurangan Vitamin D


Defisiensi atau kekurangan vitamin D dalam tubuh bukan hanya membuat tulang lemah.
Karena selain baik untuk tulang, Vitamin D juga berperan dalam meningkatkan mood atau suasana hati dan penurunan berat badan. Sayangnya, banyak orang kurang peduli dengan asupan vitamin D sehingga menyebabkan masalah kesehatan. Kali ini Unique Daily Tips akan berbagi mengenai tanda-tanda kekurangan vitamin D :

 
1. Otot Pegal dan Nyeri
Adanya penurunan kemampuan pada otot bisa jadi merupakan salah satu indikasi Anda sedang kekurangan vitamin D, kata Kimberly Mueller, RD, pemilik Fuel Factor Nutrition Coaching. Sehingga, jika Anda mulai menyadari bahwa Anda tidak bisa mengekspresikan diri secara aktif seperti biasanya, bisa jadi itu salah satu tanda Anda kekurangan vitamin D.

 
2. Mudah Depresi
Berdasarkan hasil penelitian yang tercantum pada The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism , kaum perempuan yang kekurangan vitamin D akan mengalami perasaan sedih atau depresi.

3. Sensitif  Terhadap Rasa Nyeri
Kekurangan vitamin D yang cukup parah bisa mengakibatkan seseorang mengalami nyeri di sekujur tubuh secara kronis. Biasanya, dialami oleh orang-orang dengan ras kulit hitam.

4. Masalah Pada Tulang
Pemenuhan vitamin D sangat baik untuk pertumbuhan tulang. Namun jika Anda tidak memenuhinya, maka tulang Anda akan menjadi lemah dan berisiko mengalami kerusakan atau pengeroposan tulang dini, kata Mueller. Menurutnya, seseorang akan mengalami risiko dua kali lipat lebih parah bila kekurangan vitamin D dan tidak segera diatasi untuk jangka waktu yang lama.

5. Tekanan Darah Tinggi
Vitamin D mengambil peranan penting pada kesehatan jantung dan membantu menormalkan tekanan darah. Sehingga, jika kekurangan vitamin D, tekanan darah akan menjadi naik.

 6. Mudah Mengantuk
Hasil penelitian pada tahun 2012 yang telah dipublikasikan di dalamJournal of Clinical Sleep Medicine mengungkapkan, kekurangan asupan vitamin D pada tubuh kita bisa mengakibatkan kita menjadi sangat mudah mengantuk saat menjalani aktivitas harian

7. Mudah Marah
Sebelum Anda dengan mudah "menyalahkan" gejala PMS (pre-menstrual syndrome ) sebagai biang keladi, perlu Anda tahu bahwa kekurangan vitamin D juga bisa memengaruhi zat serotonin pada otak seseorang, yang berimbas pada berubahnya suasana hati atau mood menjadi buruk.

No comments:

Post a Comment