Thursday, October 11, 2018

Unique Info : Kecerdasan Anak Diturunkan Dari Ibunya

Moms, tahukah Anda, bahwa kecerdasan Si Kecil sangat dipengaruhi oleh faktor genetik ibu? “Pengaruh itu sedemikian besar karena tingkat kecerdasan kromosom X berasal dari ibu. Karena itu, ibu yang cerdas berpotensi besar melahirkan anak yang cerdas pula. Dengan demikian, lebih baik memiliki ibu yang cerdas daripada ayah yang cerdas,” ujar Dr. Ben Hamel, ahli genetika dari UMC Nijmegen Netherlands.
 
Dr. Bernard Devlin dari fakultas kedokteran Universitas Pittsburg, AS, memperkirakan faktor genetik memiliki peranan sebesar 48 persen dalam membentuk IQ anak. Sisanya adalah faktor lingkungan, termasuk ketika si anak masih dalam kandungan. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa ibu yang cerdas sangat berpotensi melahirkan anak yang cerdas pula.
 
Namun ternyata tidak hanya kecerdasan yang dapat diturunkan dari ibu, lho. Kelainan genetika dari seorang ibu juga dapat diturunkan kepada anak-anaknya, misalnya keterbelakangan mental.
 
Walau hasil penelitannya begitu, namun tetap saja faktor keturunan bukan satu-satunya hal yang menentukan kecerdasan dan kesehatan anak. Banyak hal yang memengaruhi kecerdasan Si Kecil, Moms. Misalnya asupan gizi yang tepat, rangsangan dari luar, dan pemberian mainan edukatif yang mengasah perkembangan otak kanan dan kirinya. (msn.com)

No comments:

Post a Comment