Sunday, November 25, 2018

8 Cara Sederhana Menjaga Daya Ingat


Anda merasa melupakan banyak hal akhir-akhir ini? Jangan salahkan orang lain soal kesalahan ini. Mungkin tubuh Anda memang memiliki keterbatasan soal mengingat sesuatu. Berikut 7 cara menjaga daya ingat seperti yang dikutip dari Allwomenstalk, Senin (21/12/2015).

1.        Olahraga
Kegiatan olahraga membantu menajamkan kewaspadaan, membawa kesehatan mental dan kesehatan raga yang lebih baik. Penelitian membuktikan bahwa orang yang rajin berolahraga memiliki daya ingat yang lebih baik dibandingkan mereka yang tak melakukan olahraga secara rutin. Oleh karena itu, penting untuk menyisihkan waktu demi sekadar berlari atau melakukan gerakan aerobik bisa menjadi pilihan.

2.      Konsumsi makanan sehat
Mengonsumsi makanan sehat akan membawa dampak baik terhadap tubuh Anda. Selain membantu menurunkan bobot, makanan sehat juga berdampak pada terjaganya daya ingat. Makanan seperti minyak zaitun, kenari, sayuran hijau dan cokelat hitam adalah contoh kecilnya. Proporsi yang seimbang antara karbohidrat, protein, lemak dan vitamin menjadi kunci bagaimana makanan bisa membuat Anda lebih sehat.

3.      Membaca
Rajin membaca merupakan salah satu cara utuk menjaga daya ingat otak. karena denga membaca sel-sel otak terus bekerja dan terlatih. Cukup dengan membaca berita ringan setiap harinya dapat merangsang sel otak untuk tetap aktif.
 
4.      Tidur siang
Bila Anda kekurangan energi, tidur siang singkat selama 15 menit saja bisa menjadi penggantinya. Bahkan, ada yang menyebut bahwa di siang hari lebih baik tidur daripada makan. Tidur siang adalah kegiatan yang tepat bagi tubuh untuk melakukan 'reboot' secara singkat selain waktu istirahat yang lebih panjang di malam hari. Ketika bangun, pikiran lebih jernih dan gudang tempat ingatan Anda menjadi luas ruangnya.

5.      Kafein
Secangkir kopi atau teh akan memberi manfaat untuk terjaganya daya ingat. Memang tak dianjurkan untuk mengonsumsinya secangkir setiap harinya. Namun, aliran darah ke otak dan saraf-saraf pusat terbantu dengan adanya zat kafein yang terkandung dalam secangkir teh dan kopi. Pasalnya, terlalu banyak kafein akan membuat perasaan menjadi khawatir dan waspada dalam waktu yang cukup lama. Hal ini akan membuat Anda sulit beristirahat atau menenangkan pikiran

6.      Pola Hidup Yang Bervariasi
Rutinitas hanya akan membawa tubuh dan pikiran ke pola yang sama. Lama-kelamaan, Anda akan menjalani hidup seperti robot. Oleh karena itu, penting untuk menyegarkan pikiran dengan cara mengganti jadwal selama beberapa hari. Dengan begitu, Anda juga membuat otak bekerja lebih berat dan membuatnya berkembang. Hal itu bisa dimulai dengan mengubah rute yang biasa Anda lewati atau sekadar mengubah susunannya saja. Cobalah juga untuk mengubah gaya ke kantor untuk membuat suasana semakin segar. Biarkan otak bekerja lebih berat sekali-sekali

7.       Kurangi minuman beralkohol
Bukan hal yang mengejutkan bila minuman beralkohol bisa merusak kerja otak. Kemampuan Anda secara perlahan menurun seiring meningkatnya asupan minuman beralkohol di dalam tubuh. Bila tak bisa menghentikan konsumsi minuman beralkohol secara drastis, sebaiknya Anda mengurangi konsumsinya secara bertahap. Dengan begitu, Anda bisa mulai memperbaiki kerja otak dan menjaga daya ingat.

8.      Tidur lebih cepat
Pergi tidur lebih cepat akan membuat Anda terbangun lebih pagi juga. Dampaknya, Anda bisa memulai hari dalam keadaan yang lebih segar, lebih santai karena tak terburu-buru bahkan, bisa mengingat lebih banyak hal lagi tanpa ada yang terlupa. Pastikan, Anda mendapat istirahat yang cukup yaitu 7 hingga 9 jam dalam sehari. Upayakan, Anda tidur dalam ruangan yang gelap.

No comments:

Post a Comment