Friday, December 7, 2018

Fakta Unik dan Menarik Tentang LEICA…





Untuk para fotografer kamera Leica menjadi kamera impian karena kualitas, sejarah, cara pembuatan dan desainnya yang boleh dibilang sangat elegan, berkelas dan mewah.

Leoia adalah kamera premium yang berasal dari Jerman  dengan harga selangit ini memiliki kualitas yang tinggi dan diproduksi secara terbatas.

Karena diproduksi secara terbatas, harganya pun harus menyesuaikan. Kamera Leica dijual mulai dari puluhan, hingga ratusan juta.

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang Leica :

  1. Leica adalah merek kamera yang diproduksi oleh perusahaan Jerman bernama sama, Leica. Perusahaan yang memproduksi kamera ini dulunya bernama Optische Institut von Ernst Leitz of Wetzlar atau Pabrik Optik Leitz Wetzlar dan didirikan tahun 1869, Perusahaan ini awalnya khusus untuk memproduksi mikroskop.
     
  2. Perusahaan yang didirikan oleh Ernst Leitz dan mengunakan namanya dengan menggabungkan tiga huruf pertama dari nama belakangnya dengan dua huruf pertama dari kata “Camera” menjadi Lei-Ca.
     
  3. Leica adalah ‘pemain lama’ dalam industri kamera. Tidak main-main, Leica ternyata sudah eksis sejak tahun 1914 silam. Itu artinya, merek ini sudah malang melintang di dunia kamera selama lebih dari 100 tahun!
     
  4. Oskar Barnack adalah seorang engineer yang membuat prototype Leica pertama pada tahun 1914 silam. Prototype ini diberi nama ‘Ur-Leica’, yang merupakan kamera pertama di dunia yang berhasil mengatasi masalah double exposure.
     
  5. Pada tahun 1952, Leica menciptakan kamera bawah laut untuk Angkatan Laut AS yang tampak seperti GoPro berwarna oranye.
     
  6. Banyak sekali peristiwa bersejarah yang tertangkap Kamera Leica. Salah satunya adalah foto ikonik yang dibuat oleh Alfred Eisenstaedt, fotografer yang memulai kariernya di majalah Life. Salah satu foto ikonik hasil jepretan Alfred adalah potret pertemuan dua pemimpin negara, yakni Adolf Hitler dan Benito Mussolini.
     
  7. Untuk bagian quality control dan finishing, Leica masih menggunakan tenaga staf ahli yang berpengalaman untuk pembuatan produk yang berkualitas sangat tinggi. Tidak hanya quality control, nyatanya, Leica juga membuat beberapa seri kamera yang diciptakan secara handmade.
     
  8. Markas utama Leica di kota Wetzlar, Jerman, yang dinamakan Leitz Park, juga merupakan objek wisata dengan berbagai fasilitas yang menarik.
     
     

  9. Leica menyediakan jasa tour guide bagi yang ingin menjelajahi Leitz Park dan penasaran dengan sejarah Leica. Jasa ini terbuka setiap hari dari pukul 10 pagi hingga 8 malam untuk hari Senin sampai Jumat, dan pukul 10 pagi sampai 6 sore untuk hari Sabtu dan Minggu.
     
  10. Steve Jobs membandingkan desain iPhone 4 dengan "Leica lama yang cantik" dan semua kamera memenuhi prinsip desain perancang produk terkenal Dieter Rams.
     
  11. Astronot terkenal John Glenn menggunakan Leica 1G untuk mengambil foto pertama Bumi yang dioperasikan manusia dari angkasa
     
  12. Henri Cartier-Bresson, ayah foto jurnalis, secara eksklusif menggunakan kamera Leica. Dia terkenal menganggap mereka sebagai "perpanjangan dari matanya."
     
  13. Leica S Type 007 adalah kamera termahal Leica. Sensornya 37,5 megapixel yang diberi nama Leica ProFormat (30x45mm), atau masuk ke dalam kategori medium format. Meski sensornya medium format, kamera ini punya bodi layaknya sebuah DSLR. Kamera ini dibanderol dengan harga 224 juta.
   14.   So far, Leica seri M adalah Kamera andalan dari Leica.


 
  Well, kalau kalian punya info menarik lainnya tentang Leica silahkan di share yah. Thanks for reading.



sumber : Wikipedia, airows.com   
 

No comments:

Post a Comment