Tuesday, December 25, 2018

Perpustakaan-Perpustakaan Paling Spektakuler di Dunia



Buku adalah gudang ilmu dan sumber ilmu pengetahuan. Selain membeli buku untuk dibaca, buku juga dapat diperoleh dengan mudah di perpustakaan. Perpustakaan adalah sebuah koleksi buku dan majalah. Perpustakaan dapat juga diartikan sebagai kumpulan informasi yang bersifat ilmu pengetahuan, hiburan dan rekreasi. Dalam perpustakaan modern ini selain kumpulan buku tercetak, sebagian buku dan koleksinya ada dalam perpustakaan digital (dalam bentuk data yang bisa diakses lewat jaringan komputer).



Berikut silahkan Anda simak perpustakaan-perpustakaan paling spektakuler di dunia :


 
1. Perpustakaan Stiftsbibliothek Admont - Austria
Admont resmi berdiri pada tahun 1776 dan terletak di kaki Pegunungan Alpen, mungkin yang paling menakjubkan. Aulanya luas membentang sepajang 70 meter, lebar 14 meter dan tinggi 11 meter merupakan salah satu perpustakaan monastik terpanjang yang pernah dibangun. Koridor dan tangga yang mengarah ke ruangan ini relatif polos. Perpustakaan Admont tidak memiliki meja karena perpustakaan ini tidak pernah dimaksudkan untuk belajar atau membaca di tempat. Buku-buku dibawa ke kamar para biarawan untuk dibaca. Ruangan ini hanya untuk tempat untuk menyimoan dan memamerkan koleksi.


 
2. Tripitaka Koreana, Kuil Haeinsa - Korea Selatan
Perpustakaan yang dibuat pada tahun 1231 ini adalah salah satu yang tertua dan memiliki koleksi paling luar biasa. Barang yang tersimpan pada rak bukanlah buku, melainkan cetakan dari balok kayu! Ada lebih dari 80 000 balok termasuk koleksi teks Budha paling lengkap yang ada di dunia. Bangunan ini tidak terbuka untuk umum, meskipun Anda dapat mengunjungi kuil dan mengintip melalui jendela. Balok kayu telah diawetkan dengan desain yang cerdas. Ditambah tata letak bangunan yang menjamin tempat penyimpanan dan ventilasi yang memadai. Berlokasi dipegunungan, angin dingin telah membantu untuk memelihara balok dalam kondisi sempurna selama lebih dari 800 tahun.


 
3. Perpustakaan Peabody - Baltimore (AS)
Paduan pembakaran dan besi menciptakan bentuk baru perpustakaan pada abad ke-19: aula tumpukan besi. Perpustakaan Peabody (1878) di Baltimore adalah bukti hidup yang terbaik. Hampir segala sesuatu di foto ini -kolom, pilar, balkon, pagar dan langit-langit- terbuat dari besi.


4. Perpustakaan Mafra - Portugal
Mafra National Palace dibangun atas perintah Raja John V setelah putrinya lahir. Perpustakaan ini merupakan bagian dari istana. Mafra merupakan bangunan sepanjang 88m, menjadikannya perpustakaan monastik terpanjang di dunia yang menyimpan banyak sekali incunabula/dokumen dan buku yang dicetak di Eropa sebelum tahun 1501. Mafra salah satu dari dua perpustakaan di Portugal yang menjadi rumah koloni kelelawar hidup di balik rak buku. Kelelawar ini memakan serangga yang bisa merusak buku
5. Perpustakaan Stadtbibliothek Stuttgart - Jerman Perpustakaan Stadtbibliothek Stuttgart ini dinobatkan menjadi perpustakaan nomor satu di Jerman pada tahun 2013. Perpustakaan ini memberi perlakuan setara bagi media cetak dan digital. Dilengkapi dengan fasilitas membaca untuk 400 pengunjung dan 140 laptop untuk publik. Bangunan unik berbentuk bujur sangkar ini menarik hingga 6000 pengunjung tiap hari.


6. Library of Birmingham - Inggris
Menurut saya ini perpustakaan yang paling keren ^^...Library of Birmingham. Arsitekturnya seperti Mall hehehe... Perpustakaan ini terbilang masih baru, resmi dibuka tahun 2013 dan mencakup area seluas 31.000 meter persegi yang menjadikan Birmingham sebagai perpustakaan daerah terbesar di Eropa. Salah satu koleksinya yang paling berharga adalah 'Audubon's Bird of America' - bisa dikatakan sebagai buku termahal di dunia. Hanya ada 119 kopi dan salah satunya mencapai nilai 9 juta euro di pelelangan tahun 2010.

7. Perpustakaan Universitas Utrecht, Belanda

Perpustakaan ini benar-benar berwarna hitam, kecuali untuk furnitur (merah), warna buku-buku, dan tentu saja pakaian para pengunjungnya. Cahaya memasuki ruang melalui jendela terukir dengan gambar rerumputan tinggi, mengingatkan alam pedesaan, tetapi bahan yang digunakan untuk membuat kertas. Perpustakaan ini mempunyai dengan interior yang memenangkan dan

menawarkan pembaca berbagai macam ruang yang berbeda. Anda dapat duduk di daerah terbuka yang luas, menikmati cahaya yang masuk melalui jendela dan melihat puluhan pembaca lainnya jauh di sekitar Anda. Atau Anda dapat menemukan meja tersembunyi di tumpukan buku, sebuah tempat yang sempurna untuk melarikan diri dari dunia luar dan membenamkan diri

dalam buku-buku.





"A library is the delivery room for the birth of ideas, a place where history comes to life." - Norman Cousins


"There are two way if you looking for an information, first go to library and read, second open your laptop and ask google. It's all up to you." - Unique
 

No comments:

Post a Comment