Wednesday, February 27, 2019

Sehat Dengan Jus Sayuran

Minum jus dari sayuran, hmmm….gimana rasanya yah? Sayuran merupakan sumber makanan sehat karena mengandung antioksidan, mineral, dan vitamin yang  sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan menangkal radikal bebas. Anda dianjurkan untuk mengonsumsi lima takar sayur perhari untuk menjadikan tubuh anda semakin sehat. Akan tetapi untuk memenuhi asupan inilah bukan hal yang mudah, khususnya bagi anda yang tidak gemar sayuran. Namun hal ini bisa diakali dengan mengkonsumsi jus sayur yang membantu Anda memenuhi asupan gizi tanpa harus mengigit sayur dalam jumlah besar.

Berikut beberapa jus sayur yang bisa menjadi pilihan Anda :

- Buncis
Buncis adalah sumber protein yang kaya akan flavanoid . Dalam penelitian selama 14 tahun, antioksidan spesial ini menunjukkan bisa membantu menurunkan akumulasi lemak berlebih pada perut. Jus buncis ini dapat dicampur dengan buah pisang sehingga rasanya lebih lezat ketika diminum.

- Brokoli
Sayuran ini padat nutrisi, kaya beta karoten dan serat. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan vitamin B1 dan C, kalsium, sulfur dan kalium. Selain itu 45 persen kalori dalam brokoli adalah protein. The National Cancer Insitute menemukan bahwa kandungan inderol-3 dalam brokoli mengurangi risiko kanker payudara. Untuk menambah rasa, cobalah memadukan jus brokoli dengan wortel atau apel.

- Seledri
Seledri kaya akan magnesium, zat besi dan klorofil yang bagus untuk pembentukan darah. Jus seledri merupakan tonik yang sangat bagus untuk saraf. Untuk menghilangkan rasa pahit, ada baiknya dicampur dengan jus wortel atau apel. Disamping itu, jus seledri juga bagus mengatasi sakit kepala. Jus seledri juga berfungsi membersihkan karbondioksida dari tubuh dan mendinginkan tubuh.

- Ketimun
Ketimun merupakan pendingin tubuh alami. Suhu didalam ketimun 20derajat lebih rendah dibandingkan suhu diluar saat hari panas. Pilih ketimun yang tidak berlapis lilin sehingga Anda bisa turut menggunakan kulitnya. Jus ketimun dinyatakan mengandung 40 persen kalium, 10 persen sodium, 7 persen kalsium, 20 persen fosfor dan 7 persen choline. 

- Bawang putih
Bawang putih dapat berfungsi mengurangi tekanan darah, membantu mengatasi pengentalan darah, menurunkan kadar kolesterol jahat LDL, meningkatkan kekebalan tubuh dan mempercepat pemulihan pasien serangan jantung. Allicin, sumber aroma khas bawang putih, berfungsi menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur. Disamping itu, bawang putih meningkatkan aliran enzim-enzim pencernaan dan mendorong proses
detoksifikasi melalui kulit. Untuk mencegah bau berlebih, cukup mengkonsumsi sari dari satu siung bawang putih perhari. Untuk menambah rasa Anda bisa mencampurnya dengan jus lain.

"We can make a commitment to promote vegetables and fruits and whole grains on every part of every menu. We can make portion sizes smaller and emphasize quality over quantity. And we can help create a culture - imagine this - where our kids ask for healthy options instead of resisting them." - Michelle Obama

"Drink vegetables juice once a day is a one step forward for healty life." - Wahyuni

No comments:

Post a Comment