Monday, February 11, 2019

Tips Mengatasi Masalah Insomnia


Jam sudah menunjukkan pukul 12 malam tapi Anda belum bisa tertidur, bolak balik mengubah posisi tidur tetap tidak bisa membuat mata Anda terpejam. Tidak terasa 1 jam berlalu, kepikiran besok harus berangkat pagi-pagi ke kantor hal ini malah membuat Anda tidak bisa tidur. Jangankan tidur rasa kantuk pun lenyap.

Mungkin Anda sendiri pernah merasakan hal tersebut. Lalu apakah ini yang dinamakan insomnia? Apa sih insomnia itu? Insomnia adalah adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk dapat tertidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Perubahan perilaku dan pola hidup yang tidak sehat biasanya menjadi penyebab insomnia. Mengkonsumsi kafein berlebih juga merupakan salah satu penyebab seseorang terkena insomnia.

Banyak penderita insomnia yang tergantung pada obat tidur dan zat penenang lainnya karena mereka beranggapan bahwa mereka tidak dapat tidur atau beristirahat tanpa obat-obatan tersebut. Tetapi sebelum memutuskan mengkonsumsi obat-obatan untuk membantu Anda beristirahat malam hari ada baiknya Anda mencoba beberapa tips sederhana mengatasi insomnia :


- Berolah raga Teratur

Jika Anda memiliki gangguan sulit tidur atau insomnia, olahraga menjadi salah satu solusinya. Namun melakukan satu atau dua kali olahraga saja tak lantas menjauhkan Anda dari insomnia. Sebuah riset asal Northwestern University Feinberg School of Medicine mengindikasikan bahwa olahraga tidak secara instan memperbaiki insomnia. Dibutuhkan beberapa bulan olahraga teratur sebelum efek positifnya mampu dirasakan. Namun olah raga merupakan salah satu solusi terbaik bagi penderita insomnia.

- Kurangi Konsumsi Kafein

Mengurangi minuman yang mengandung stimulan seperti kafein dalam teh atau kopi, terutama pada malam hari. Perlu Anda ketahui efek kafein bisa bertahan lama (hingga 24 jam) sehingga hal ini mempengaruhi tidur anda. Cobalah minum segelas susu hangat atau teh herbal sebagai gantinya. 
 
- Tetapkan Jam Tidur

Usahakan untuk tidur dan bangun dalam periode waktu yang teratur setiap hari. Waktu tidur yang kacau akan mengacaukan waktu tidur Anda selanjutnya. 
 
- Mandi Dengan Air Hangat.

Mandi dengan air hangat 30 menit atau satu jam sebelum tidur. Mandi air hangat akan menyebabkan efek sedasi atau merangsang tidur. Selain itu, mandi air hangat juga mengurangi ketegangan tubuh/ membuat tubuh lebih rileks. 
 
- Hindari makan dan minum terlalu banyak menjelang tidur.

Makanan yang terlalu banyak akan menyebabkan perut menjadi tidak nyaman, sementara minum yang terlalu banyak akan menyebabkan Anda sering ke belakang untuk buang air kecil. Sudah tentu kedua keadaan ini akan menganggu kenyenyakan tidur Anda. 
 
- Ciptakan Lingkungan Tidur yang Tenang

Mematikan lampu pada saat mau tidur sangat dianjurkan, pastikan Anda nyaman dengan suhu ruangan tidur Anda dan pastikan tempat tidur Anda nyaman. 
 
- Hentikan Menonton TV atau Membaca Buku.

Sebaiknya kegiatan ini dihentikan setidaknya satu jam sebelum tidur. Gunakanlah tempat tidur Anda khusus hanya untuk tidur. Hal ini akan membantu tubuh Anda menyesuaikan diri dengan lingkunga tempat tidur. Saat Anda berbaring di tempat tidur, maka akan timbul rangsangan untuk tidur. 
 
- Lakukan Aktivitas Relaksasi secara Rutin.

Mendengarkan musik, melatih pernafasan, meditasi adalah kegiatan yang bisa anda lakukan.

mendengarkan musik yang lembut sesaat sebelum tidur akan membuat tubuh Anda menjadi lebih santai dan rileks. Keadaan ini akan mempermudah anda untuk tertidur.

Semoga tips sederhana diatas dapat membantu Anda yang mungkin mengalami gangguan tidur atau insomnia. Jadikan bangun pagi anda sebagai salah satu rutinitas yang menyenangkan sehingga Anda dapat memulai aktivitas dengan suasana hati yang gembira.

No comments:

Post a Comment