Friday, March 1, 2019

Makanan yang Bisa Memperbaiki Mood Anda

Anda sedang mengalami suasana hati atau mood yang kurang baik ? Bad mood berat karena adanya konflik di rumah yang menyebabkan anda sedih dan depresi ? Terlalu lelah atau mungkin sedang PMS kenapa Anda tidak mencoba mengkonsumsi beberapa makanan yang dipercaya bisa merubah suasana hati  menjadi lebih baik. Usir bad mood Anda dengan makanan yang menyehatkan.

Menurut penelitian, makanan yang mengandung lemak omega-3, asam folat dan vitamin B12 dapat membuat mood menjadi lebih baik.
Beberapa makanan yang diketahui bisa memperbaiki mood antara lain : kerang, coklat hitam/dark chocolate, madu, asparagus, susu, telur, tomat, kacang-kacangan, daging merah, kenari dan pisang.

- Kerang
Kerang memiliki tingkat kandungan vitamin B12 yang tinggi yang berfungsi
melindungi otak. Kandungan zinc, yodium dan selenium dalam kerang yang mampu menyeimbangkan mood Anda. Zat-zat tersebut sangat penting untuk menjaga kadar tiroid Anda dan mengatur suasana hati menjadi lebih baik.

- Coklat hitam/Dark chocolate
Selain memiliki rasa yang enak, mengkonsumsi coklat mampu meningkatkan aliran darah ke otak, hal ini membantu Anda merasa lebih bersemangat dan berenergi. Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of Psychopharmacology menemukan bahwa makan sedikitnya beberapa ons dark chocolate sehari dapat membantu membuat suasana hati menjadi lebih baik.

- Madu
Madu memiliki kandungan kuersetin dan kaempferol yang dapat membantu membersihkan radikal bebas dan mengurangi peradangan sehingga mampu menjaga otak Anda tetap sehat.

- Asparagus
Tanaman ini merupakan salah satu sumber utama penghasil triptofan, yang membantu dalam pembentukan serotonin - salah satu pengatur neurotransmiter pada otak. Tingkat tinggi folat pada asparagus juga dapat meningkatkan mood.

- Susu
Ketika bad mood melanda hati, coba minum susu tanpa lemak atau susu skim. Susu mengandung trytophan yang dapat membuat perasaan kembali ceria. Susu membantu melawan stres dan penuaan karena adanya unsur antioksidan, vitamin D,
dan, vitamin B12.

- Telur
Telur dapat meningkatkan mood seseorang dengan kandungan nutrisi penting  seperti omega-3 asam lemak, seng, vitamin B , dan iodida, yang juga akan membuat Anda lebih berenergi.

- Tomat
Tomat adalah sumber likope yang baik untuk tubuh. Kandungan nutrisi pada tomat juga dapat menghentikan proses inflamasi yang dikaitkan dengan peningkatan risiko depresi. Untuk memaksimalkan penyerapan likopen pada tubuh, Anda dapat memasaknya terlebih dahulu dengan minyak zaitun.

- Kacang-kacangan
Kacang-kacangan sejenis kacang kedelai menawarkan manfaat lebih. Makanan ini mengandung karbohidrat yang lambat dicerna tubuh, sehingga baik untuk mengatur suasana hati. Kacang-kacangan adalah sumber makanan tinggi lemak omega-3 yang membantu meningkatkan aliran darah dalam otak. 

- Daging Merah
Penyebab utama kelelahan pada wanita usia 24-35 adalah kurangnya zat besi. Maka dari itu mengkonsumsi daging merah dalam jumlah kecil, tiga sampai empat kali seminggu dapat memenuhi kebutuhan zat besi tubuh. Zat besi dibutuhkan untuk mengoptimalkan produksi energi.

- Kenari
Kenari merupakan jenis kacang-kacangan yang kaya lemak esensial. Dengan mengkonsumsi 10 kenari setiap hari dapat membantu mengoptimalkan komposisi dinding sel tubuh. Tidak hanya itu, kenari juga mampu menurunkan kadar kolesterol dan melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh.

- Pisang
Selain murah, buah pisang mudah ditemukan. Mengkonsumsi buah pisang dipercaya dapat memperbaiki perasaan yang sedang kacau. Menurut para Ahli makan pisang dapat menghangatkan hati dan menambah energi Anda. Pisang mengandung tryptophan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin. Seperti yang Anda ketahui, serotonin adalah hormon yang membuat Anda lebih tenang dan bersemangat.

 Untuk Anda yang suasana harinya sedang tidak baik, silahkan mencoba mengkonsumsi salah satu makanan diatas.

No comments:

Post a Comment